Berapa Banyak Kalori yang Dibakar Oleh Otot Setiap Hari?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Satu pon otot dapat membakar sekitar 6,5 kalori per jam. Otot membakar 5,5 kali lebih banyak kalori daripada jaringan lemak, yang membakar sekitar 1,2 kalori per pon per jam.
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Berapa Banyak Kalori yang Dibakar Oleh Otot Setiap Hari?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak dan hal tersebut memang benar. Otot lebih aktif secara metabolik daripada lemak. 

Meskipun bukan pembakar lemak ajaib yang mungkin diharapkan banyak orang, menguatkan otot dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Otot rangka adalah pembakar lemak alami tubuh Anda, menurut ahli fisiologi olahraga William McArdle dalam "Latihan Fisiologi: Energi, Nutrisi, dan Kinerja Manusia." Otot secara konstan menggunakan lemak dan karbohidrat untuk membuat Anda tetap hangat dan memberi Anda energi untuk bergerak.

Jumlah kalori yang terbakar oleh tiap kg massa otot

Ada mitos lama yang mengatakan bahwa jika Anda menambah sekitar 3 kg massa otot (yang merupakan tantangan, bahkan untuk pria muda), Anda dapat membakar 250 kalori ekstra sehari saat istirahat (yaitu, satu pon otot membakar 50 kalori) . 

Masalahnya dengan angka-angka ini adalah tidak ada studi nyata yang dapat mendukungnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Satu pon otot dapat membakar sekitar 6,5 kalori per jam. Otot membakar 5,5 kali lebih banyak kalori daripada jaringan lemak, yang membakar sekitar 1,2 kalori per pon per jam.

Kebingungan muncul karena berbagai penelitian menggunakan berbagai cara untuk menguji perubahan metabolisme setelah berolahraga. 

Ada beberapa faktor lain yang terlibat dalam metabolisme yang juga mempengaruhi berapa banyak jumlah kalori yang Anda bakar, termasuk jenis kelamin, usia, tingkat kebugaran, tingkat aktivitas, dan banyak lagi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Karena itu, masih ada banyak kontroversi mengenai seberapa banyak olahraga yang benar-benar mempengaruhi metabolisme.

Apa hubungan antara massa otot dan tingkat metabolisme basal?

Tingkat metabolisme basal Anda adalah jumlah energi yang Anda keluarkan, atau kalori yang Anda bakar, saat Anda beristirahat. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar saat berolahraga dan beristirahat.

Fakta mengenai latihan untuk meningkatkan massa otot

Anda dapat meningkatkan massa otot dengan latihan kekuatan, yang merangsang tubuh Anda untuk mengembangkan serat otot yang lebih tebal. Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan ukuran otot, seperti latihan beban, kalistenik, lari cepat, dan gerakan melompat.

Dengan informasi ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus melanjutkan latihan kekuatan jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Jawaban singkatnya adalah ya. 

Anda mungkin tidak membakar 250 kalori ekstra sehari dengan menggunakan otot, tetapi Anda dapat mengubah tingkat metabolisme Anda.

Latihan kekuatan penting untuk menghilangkan lemak dan menjaga tubuh Anda kuat dan sehat. Faktanya, mempertahankan massa otot dan mendapatkan lebih banyak jaringan tanpa lemak seringkali membuat orang tidak bertambah gemuk seiring bertambahnya usia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, manfaat yang bisa didapatkan dari latihan angkat beban meliputi :

  • Latihan kekuatan intensitas tinggi sebenarnya dapat membantu Anda membakar kalori ekstra selama berjam-jam setelah latihan apa yang disebut dengan efek afterburn.
  • Latihan kekuatan mencegah hilangnya massa tubuh tanpa lemak yang terjadi karena diet dan / atau penuaan. Peningkatan berat badan sering terjadi karena metabolisme Anda melambat seiring berjalannya waktu. Namun jika Anda rutin menjalani latihan kekuatan, massa otot Anda tidak akan berkurang dengan mudah seiring bertambahnya usia.
  • Meskipun latihan kekuatan tidak membakar banyak kalori dalam satu sesi seperti latihan kardio, tetapi latihan kekuatan seperti angkat beban membakar kalori lebih banyak dalam 24-48 jam ke depan.  Sehingga memberikan kontribusi untuk pembakaran kalori secara keseluruhan.
  • Latihan kekuatan dapat mengubah komposisi tubuh Anda, sehingga dapat membantu membentuk tubuh dan menjaga kesehatan.
  • Latihan kekuatan memperkuat tulang dan jaringan ikat bersama dengan otot.
  • Latihan Kekuatan dapat meningkatkan koordinasi dan keseimbangan dan dapat membantu mencegah cedera.

Salah satu kunci dari membangun tubuh yang atletis adalah membangun massa otot. Karena dengan massa otot yang mencukupi, tubuh Anda memiliki tingkat metabolisme yang tinggi yang dapat membakar kalori lebih banyak setiap harinya.

Massa otot didapatkan melalui latihan kekuatan. Latihan kekuatan sangat penting untuk hampir semua tujuan kebugaran, apakah Anda ingin mengurangi lemak tubuh, meningkatkan massa otot, atau hanya menginginkan kondisi yang lebih baik. 

Berfokus pada proses dalam membentuk tubuh Anda lebih kuat dan bugar seringkali lebih memotivasi daripada mengkhawatirkan berapa banyak kalori yang telah Anda bakar.


7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Exercise for weight loss: Calories burned in 1 hour. Mayo Clinic. (Accessed via: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/exercise/art-20050999)
Counting calories: Get back to weight-loss basics. Mayo Clinic. (Accessed via: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/calories/art-20048065)
How Many Calories Does the Body Naturally Burn Per Day?. Livestrong.com. (Accessed via: https://www.livestrong.com/article/278257-how-many-calories-does-the-body-naturally-burn-per-day/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cuma 8 Menit! Yoga Pagi untuk Kencangkan Otot Perut
Cuma 8 Menit! Yoga Pagi untuk Kencangkan Otot Perut

Nah, sebelum Anda melakukan aktivitas lain, Anda bisa menyisihkan sekitar 8 menit setelah bangun tidur untuk melakukan beberapa gerakan yoga. Melakukan gerakan yoga setiap pagi bisa bermanfaat untuk mengencangkan otot perut. Anda bisa melakukan 4 gerakan yoga ini setiap hari setelah bangun tidur.

Buka di app