Benarkah Susu Peninggi Badan Efektif Merangsang Pertumbuhan Tulang Anak?

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Benarkah Susu Peninggi Badan Efektif Merangsang Pertumbuhan Tulang Anak?

Zaman modern saat ini ada banyak produk-produk susu yang diklaim dapat memicu pertumbuhan tulang pada anak khususnya pada usia muda dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Khususnya dalam menggunakan susu peninggi badan. Namun apakah benar susu peninggi badan efektif merangsang pertumbuhan tulang anak?

Apakah Susu Dapat Membantu Pertumbuhan Tulang Anak?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, pertama-tama kita harus mencari tahu variabel mana yang bertanggung jawab atas pertumbuhan tinggi badan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Faktor genetik merupakan salah satu faktor yang sangat berperan. Faktor-faktor lain yang berperan termasuk nutrisi yang cukup dan seimbang, dan menghindari penyakit menular yang dapat menghambat pertumbuhan. 

Beberapa penyakit, mulai dari penyakit cacingan, penyakit pernapasan kronis yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan karena tubuh menggerakkan seluruh energinya untuk mencegah infeksi, yang dapat berdampak permanen pada faktor pertumbuhan tinggi badan.

Susu mengandung protein yang disebut insulin-like growth factor 1, lebih dikenal sebagai IGF-1, protein yang diproduksi tubuh manusia secara alami. Selain pada susu, IGF-1 ini juga ditemukan pada ASI yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang. Maka secara tidak langsung, kandungan IGF-1 ini juga dapat menambah tinggi badan seseorang.

Manfaat Susu Bagi Kesehatan

Susu telah lama dipandang sebagai minuman sehat, karena mengandung banyak nutrisi. Berikut beberapa manfaat dari susu:

Susu dan kesehatan tulang

Susu baik untuk tulang karena menawarkan sumber kalsium yang kaya akan mineral penting untuk tulang dan gigi yang sehat. Susu sapi diperkaya dengan vitamin D, yang juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kalsium dan vitamin D juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa mengkonsumsi susu tidak meningkatkan integritas tulang pada anak-anak. Meskipun demikian, susu dan produk susu masih dianggap bermanfaat untuk perkembangan tulang pada anak-anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Susu dan kesehatan jantung

Susu sapi adalah sumber kalium, yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Makanan kaya kalium termasuk susu sapi, jeruk, tomat, bayam, pisang, prem, dan yogurt. 

Namun, peningkatan dramatis dalam asupan kalium dapat memiliki risiko, termasuk masalah jantung, sehingga setiap perubahan dalam diet atau penggunaan suplemen harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter.

Susu sapi juga mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Susu dan kanker

Vitamin D mungkin berperan dalam regulasi pertumbuhan sel dan perlindungan kanker. National Cancer Institute (NCI) menyatakan bahwa "Hasil penelitian secara keseluruhan mendukung hubungan antara asupan kalsium yang lebih tinggi dan pengurangan risiko kanker kolorektal." 

NCI juga menunjukkan beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan asupan kalsium dan laktosa dari produk susu dapat membantu mencegah kanker ovarium.

Susu dan depresi

Kadar vitamin D yang memadai dapat memicu produksi serotonin, hormon yang berhubungan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan depresi, kelelahan kronis, dan PMS. Susu sapi dan makanan lain sering diperkaya dengan vitamin D.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Susu dan pembentukan otot

Susu sapi dirancang untuk membantu bayi sapi tumbuh cepat, sehingga masuk akal bahwa manusia yang minum susu sapi juga dapat bertambah besar dengan cepat. Susu sapi adalah sumber nutrisi yang kaya protein berkualitas tinggi, yang mengandung semua asam amino esensial.

Mempertahankan jumlah otot yang sehat sangat penting untuk mendukung metabolisme dan berkontribusi pada penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan yang ideal. Protein susu dapat mendukung pertumbuhan dan perbaikan otot.

Apakah Susu Peninggi Badan Efektif Merangsang Pertumbuhan Tulang Anak?

Sampai saat ini belum ada penelitian yang memadai mengenai efektifitas susu peninggi badan yang dapat merangsang pertumbuhan tulang anak dengan cepat. 

Asupan kalsium yang cukup sejak masa anak-anak memang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang sampai anak beranjak dewasa. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal, Anda tidak bisa hanya mengandalkan susu peninggi badan saja. 

Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang juga berperan dalam proses pertumbuhan tulang pada anak.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yackobovitch-Gavan, M., Phillip, M., & Gat-Yablonski, G. (2017). How Milk and Its Proteins Affect Growth, Bone Health, and Weight. Hormone Research In Paediatrics, 88(1), 63-69. https://doi.org/10.1159/000456662. Karger Publishers. (Accessed via: https://www.karger.com/Article/Abstract/456662)
Milk: Does It Really Benefit Bones?. Health and Wellness Alerts. (Accessed via: https://www.healthandwellnessalerts.berkeley.edu/topics/milk-does-it-really-benefit-bones/)
Milk and Osteoporosis — Is Dairy Really Good for Your Bones?. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/nutrition/is-dairy-good-for-your-bones)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app