Benarkah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan?

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa, puasa dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Orang-orang juga dapat kehilangan 4-7% lingkar pinggang yang menunjukkan bahwa orang tersebut telah kehilangan lemak di perut. Hasil dari penelitian sangat mengesankan, dan menunjukkan bahwa puasa dapat menjadi bantuan penurunan berat badan yang bermanfaat.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Benarkah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan?

Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana semua umat muslim di dunia melakukan puasa selama 30 hari. Selama waktu tersebut umat muslim dilarang untuk makan dan minum saat imsak hingga waktu berbuka puasa. 

Selain berniat untuk beribadah, kebanyak orang yang berpuasa menjadikan moment bulan Ramadhan sebagai waktu untuk menurunkan berat badan. Namun, apakah benar puasa dapat menurunkan berat badan? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Puasa dapat membantu mengurangi kalori dan menurunkan berat badan

Alasan utama puasa dapat bekerja untuk menurunkan berat badan yaitu dikarenakan puasa dapat membantu seseorang mengkonsumsi makan dengan kalori yang sedikit.

 Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa, puasa dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Orang-orang juga dapat kehilangan 4-7% lingkar pinggang yang menunjukkan bahwa orang tersebut telah kehilangan lemak di perut. 

Hasil dari penelitian sangat mengesankan, dan menunjukkan bahwa puasa dapat menjadi bantuan penurunan berat badan yang bermanfaat.

Selain dapat menurunkan berat badan puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan metabolisme, dan bahkan dapat membantu mencegah penyakit kronis dan memperpanjang umur seseorang.

Meskipun penghitungan kalori umumnya tidak diperlukan saat melakukan puasa, penurunan berat badan sebagian besar dimediasi oleh pengurangan asupan kalori secara keseluruhan.

Manfaat puasa lainnya

Bagi orang-orang yang tidak menderita kondisi medis dan tetap berpegang pada pola makan yang sehat dan bergizi serta gaya hidup yang sehat, melakukan puasa selain dapat menurunkan berat badan juga memiliki manfaat lain sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • Meningkatkan sensitivitas insulin: Tubuh Anda akan menggunakan insulin lebih efektif dan karenanya dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan terkait insulin dan masalah gula darah
  • Menurunkan tekanan darah. Tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah, puasa juga dapat mengurangi asupan garam berlebih dalam tubuh.
  • Memperlambat penuaan. Manfaat puasa bagi kesehatan tidak hanya bikin awet muda, tampaknya juga bisa bikin seseorang panjang umur
  • Mengurangi stress. Manfaat puasa untuk kesehatan dapat memberi sedikit tekanan pada otak. Stress tersebut dapat menyebabkan serangkaian tindakan yang melindungi neuron dari kerusakan dan kematian.
  • Meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat puasa bagi kesehatan ternyata dapat menyehatkan jantung. Para peneliti juga menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung.
  • Menyehatkan kulit. Diet sangat penting untuk penampilan kulit, tetapi dengan melakukan puasa juga dapat meningkatkan karakter kulit seseorang. Karena berpuasa dapat menurunkan gula darah, Anda dapat menganggapnya sebagai bagian normal dari rutinitas perawatan kulit untuk mencegah proses penuaan.
  • Meningkatkan fungsi organ tubuh. Manfaat berpuasa untuk kesehatan yaitu dapat  memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan tersebut akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.

 Cara sukses berpuasa untuk menurunkan berat badan

Ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan puasa:

  •  Mengatur kualitas makanan: Makanan yang Anda konsumsi sangatlah penting. Cobalah mengkonsumsi makanan yang seimbang.
  • Mengatur kalori: Kontrol kalori yang Anda makan. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka puasa.
  • Minum air yang cukup: Minumlah setidaknya 2 gelas air saat bangun tidur, 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka dan 2 gelas air sebelum tidur
  • Hindari tidur setelah makan sahur: Tidur setelah makan sahur hanya dapat menimbun kalori yang baru Anda makan saat sahur.
  • Melakukan aktivitas fisik: Lakukanlah aktivitas fisik setidaknya 1-2 jam sebelum berbuka puasa atau 1-2 jam setelah berbuka.
  • Konsistensi: Sama seperti metode penurunan berat badan lainnya, Anda harus tetap harus melakukannya secara konsisten.
  • Kesabaran: Butuh waktu bagi tubuh Anda untuk beradaptasi dengan protokol puasa. Cobalah untuk konsisten dengan jadwal makan Anda.

Semua makanan yang Anda makan saat berbuka puasa harus dikonsumsi secara seimbang yang mengandung makronutrien (protein, karbohidrat, dan lemak) dengan sayuran dan buah-buahan organik segar yang merupakan makanan utama. 

Dengan waktu makan yang terbatas, Anda harus lebih fokus pada makanan padat nutrisi untuk menghindari terjadinya kekurangan gizi. Puasa bukan alasan untuk memakan apapun yang Anda inginkan selama berbuka puasa. 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Intermittent fasting for weight loss: 5 tips to start. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324882)
How Intermittent Fasting Can Help You Lose Weight. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/intermittent-fasting-and-weight-loss)
Does Intermittent Fasting Work for Weight Loss?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/does-intermittent-fasting-work)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app