Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Benarkah Olahraga Bisa Memengaruhi Kondisi Kulit?

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 790.277 orang

Olahraga bisa menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Dua hal tersebut adalah fakta yang sudah dibuktikan banyak orang. Yang tidak banyak orang tahu adalah olahraga ternyata juga bisa berdampak pada kondisi kulit kita. 

Ada beberapa efek positif yang menguntungkan, tetapi pada beberapa kasus justru bisa merugikan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kondisi kulit yang bisa terjadi setelah berolahraga

Perempuan akan menjalani berbagai macam perawatan agar kondisi kulitnya tetap terjaga. Tetapi jangan lupakan olahraga, karena ini juga bisa menjadi salah satu cara perawatan kulit yang efektif dan alami. 

Di sisi lain, olahraga ternyata bisa memberikan efek kurang baik bagi beberapa orang yang memiliki kondisi kulit tertentu. Efek apa saja yang bisa terjadi pada kulit setelah berolahraga?

  • Lebih bercahaya

Jantung akan berdenyut lebih cepat ketika tubuh kita aktif bergerak. Hal ini akan membuat jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh yang mengangkut oksigen dan nutrisi

Sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar, termasuk darah yang mengalir di kulit. Inilah yang membuat wajah kamu tampak lebih bercahaya.

  • Plus minus kulit berjerawat

Banyak hal yang bisa menimbulkan jerawat di kulit. Misalnya karena kamu terlalu banyak pikiran sehingga dilanda stres. Akibatnya, kulit akan memproduksi minyak secara berlebihan melalui kelenjar sebaceous-nya. Inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya timbul masalah jerawat.

Sisi positifnya, berolahraga adalah solusi untuk mengatasi stres. Dengan begitu kamu bisa mencegah atau mengurangi timbulnya jerawat. Namun, sayangnya pada beberapa kasus olahraga justru bisa memperparah kondisi jerawat seseorang setelahnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebenarnya bukan karena aktivitas olahraga yang dilakukan, melainkan kebiasaan buruk sebelum atau sesudahnya. Misalnya malas mandi atau membersihkan wajah setelah olahraga. Kulit pun akan kotor dan berminyak, sehingga pori-pori makin tersumbat dan membuat jerawat makin tumbuh subur di kulitmu.

  • Makin banyak ketombe

Sumber masalahnya hampir sama seperti kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan jerawat. Jika kamu hobi berolahraga tetapi jarang keramas, maka kamu akan punya masalah pada kulit kepala. Bagi orang yang berketombe, bisa jadi kondisinya jadi bertambah buruk.

Harus diperhatikan bahwa olahraga juga membuat kulit kepalamu berkeringat. Jadi apabila tidak segera dibersihkan maka kulit kepalamu akan berminyak dan lembab, yang mana ini menjadi tempat favorit bagi jamur.

  • Memperburuk kondisi tertentu

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, begitu pula efek yang bisa timbul setelah berolahraga. Bagi beberapa orang, olahraga justru dapat memperburuk kondisi kulitnya, seperti iritasi misalnya. Hal ini dikarenakan suhu tubuh meningkat atau terlalu banyak berkeringat. 

Jika dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif, maka bisa jadi kulitnya akan iritasi.

Beberapa penyakit kulit lain yang juga akan semakin parah setelah berolahraga contohnya rosacea. Pemicunya adalah peningkatan suhu tubuh tadi. Selain itu penderita eksim juga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebagai solusinya, penderita eksim bisa melakukan latihan di ruangan ber-AC atau menghindari olahraga di bawah terik matahari.

Sebenarnya olahraga memberikan dampak positif bagi tubuh tak terkecuali pada kulit kita. Hanya saja, terkadang kita kurang memperhatikan kebersihan diri sendiri sehingga kegiatan yang positif ini justru bisa jadi pemicu timbulnya berbagai masalah pada kulit. 

Namun khusus untuk penderita penyakit kulit tertentu, kamu disarankan lebih selektif dalam memilih aktivitas fisik agar penyakit itu tidak kambuh atau semakin parah. Semoga bermanfaat.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit