Seks dan Hubungan

Benarkah Kondom Mengurangi Kenikmatan Seksual?

Dipublish tanggal: Mar 8, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Benarkah Kondom Mengurangi Kenikmatan Seksual?

Seks merupakan kebutuhan bagi pasangan suami istri. Dengan melakukan seks secara rutin bukan hanya berpengaruh baik kesehatan fisik dan mental namun juga membuat hubungan suami istri makin harmonis. 

Namun saat ingin menghindari kehamilan atau infeksi biasanya suami istri akan menggunakan alat kontrasepsi misalnya kondom. Benarkah berhubungan seksual dengan kondom mengurangi kenikmatan seks? Artikel berikut akan membahas pertanyaan tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

Bagi suami dan istri yang ingin membatasi jumlah anak perlu menggunakan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi ada yang berupa pil, suntik, IUD, atau yang paling mudah digunakan yaitu kondom. 

Banyak yang beranggapan bila penggunaan kondom akan mengurangi kenikmatan seks. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Selain terhindar dari risiko atas kehamilan, berhubungan seksual menggunakan kondom dengan cara yang tepat dapat membuat seks tidak kalah nikmat. Berikut adalah beberapa fakta bahwa seks dengan kondom tidak kalah nikmat.

Alat kontrasepsi paling simple

Menggunakan kondom merupakan cara termudah dalam menghindari risiko kehamilan. Dibandingkan dengan alat kontrasepsi berbentuk pil hormon yang memiliki efek samping seperti kram perut, menstruasi kurang lancar dan bila terlewatkan minum maka beresiko hamil. 

Penggunaan kondom pun cukup mudah. Hal penting yang perlu kamu ingat adalah ukuran kondom yang tepat. Kondom yang terlalu besar atau kecil beresiko terlepas saat berhubungan seks.

Cara memilih ukuran kondom yang sesuai adalah dengan mengetahui panjang penis saat ereksi. Untuk mengetahuinya kamu dapat menggunakan penggaris dan mengukur panjang penis mulai dari ujung kepala hingga pangkal batang penis. Setelah mengetahui panjangnya, kamu perlu mencari tahu lebar penis. 

Lebar penis didapat dari melingkarkan meteran kain pada batang penis. Selain itu kamu juga dapat menggunakan penggaris biasa dan mengukur tinggi penis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Rozgra Tablet adalah obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Rozgra Tablet mengandung zat aktif Sildenafil citrate (Obat yang termasuk inhibitor selektif cGMP). Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Setelah menemukan ukuran yang tepat, tambahkan 2,5 cm pada panjang sebagai tempat menampung cairan sperma setelah ereksi. Ukuran tersebut adalah ukuran yang tepat. Saat ini tersedia 5 ukuran yaitu XS, S, R, L dan XL.

Ereksi bertahan lebih lama

Dengan menggunakan kondom, ereksi dapat bertahan lebih lama. Penggunaan kondom cocok untuk kamu atau pasangan yang memiliki masalah disfungsi ereksi

Hal ini disebabkan karena pada bagian dalam kondom terdapat gel benzocaine yang berfungsi untuk mengurangi rasa sensitif pada kulit penis. Selain itu juga terdapat zat vasodilator

Zat ini dapat membuat aliran darah pada penis menjadi lebih lancar. Lancarnya aliran darah pada penis membuat ereksi bertahan lebih lama. Manfaat penggunaan kondom bagi wanita adalah berkurangnya risiko lecet pada dinding vagina. 

Coba untuk mengoleskan pelumas pada sisi luar kondom. Bertambahnya usia dapat membuat dinding vagina lebih kering. Kenikmatan seksual bagi wanita pun berkurang. Penggunaan pelumas bisa menjadi salah satu alternatif agar kenikmatan seks terjaga. 

Saat ini terdapat tiga jenis bahan pelumas yang bisa kamu pilih yaitu pelumas berbahan dasar air, silikon dan minyak. Pelumas berbahan air adalah yang teraman dan jarang membuat alergi pada pemakainya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

Pelumas berbahan minyak sebaiknya tidak digunakan pada kondom berbahan lateks karena dapat mengakibatkan kondom mudah robek. Sementara kondom berbahan silikon kurang cocok karena cukup banyak kasus alergi akibat penggunaan pelumas ini.

Sensasi hubungan seksual yang berbeda

Menggunakan kondom saat melakukan seks dapat memberimu pengalaman berbeda. Saat ini terdapat banyak jenis kondom yang dijual dan dapat kamu dan pasangan coba. Jenis pertama adalah kondom dengan banyak pilihan rasa vanila, mint, coklat, stroberi dan kopi. Pilih kondom yang tidak mengandung gula agar terhindar dari infeksi. 

Jenis kedua adalah kondom bergerigi. Kondom bergerigi memiliki banyak benjolan kecil pada kedua sisinya. Adanya gerigi membuat seks berbeda dari biasanya. Jenis ketiga adalah kondom super tipis. Jenis ini cocok bagi kamu yang ingin rasa seks lebih nyata. 

Jenis terakhir adalah kondom yang bercahaya di ruang gelap. Kondom ini bermanfaat saat kamu dan pasangan melakukan seks di tempat gelap. Kondom ini akan menyala setelah disinari selama 30 detik.

Sekarang kamu tahu bahwa berkurangnya kenikmatan seks dengan menggunakan kondom tidak sepenuhnya benar. Menggunakan kondom dengan cara yang tepat membuat kamu dan pasangan lebih menikmati permainan seks. 

Dengan menggunakan kondom kamu juga tidak perlu khawatir akan penularan penyakit seksual. Selain itu, saat ini ada banyak varian kondom yang bisa kamu pilih. Permainan seks pun menjadi lebih nikmat! 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Current Trends Heterosexual Behaviors and Factors that Influence Condom Use among Patients Attending a Sexually Transmitted Disease Clinic. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (Accessed via: https://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/00001787.htm)
Do Condoms Impair Erotic Sensitivity?. Psychology Today. (Accessed via: https://www.psychologytoday.com/us/blog/all-about-sex/201505/do-condoms-impair-erotic-sensitivity)
Randolph, Mary & Pinkerton, Steven & Bogart, Laura & Cecil, Heather & Abramson, Paul. (2008). Sexual Pleasure and Condom Use. Archives of sexual behavior. 36. 844-8. 10.1007/s10508-007-9213-0.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/5935040_Sexual_Pleasure_and_Condom_Use)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app