Begini Cara Pakai Madu untuk Atasi Jerawat

Walaupun belum diketahui kepastian efektivitasnya, Anda dapat mencoba menggunakan madu untuk mengatasi jerawat secara mandiri di rumah. Berikut ini caranya.
Dipublish tanggal: Agu 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 13, 2020 Waktu baca: 3 menit

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

Madu telah dikenal sejak lama karena kaya akan manfaat, termasuk untuk kecantikan kulit. Sifatnya yang mengandung zat alami yang dapat mengobati luka dengan cepat, ternyata juga mampu membantu mengatasi jerawat di wajah Anda.

Cara kerja madu mengobati jerawat

Kandungan hidrogen peroksida dalam madu bersifat antibakteri dan antiseptik. Bahan alami ini juga mampu mengurangi kemerahan jerawat serta menyamarkan bekas luka karena sifat anti radangnya.

Di samping itu, madu juga mampu mempercepat proses pemulihan pembuluh darah yang luka, mempercepat pertumbuhan lapisan kulit yang rusak, meningkatkan kolagen untuk perbaikan kulit, dan mencegah bekas luka serta keloid.

Bagaimana cara menggunakan madu untuk jerawat ?

Walaupun belum diketahui kepastian efektivitasnya, Anda dapat mencoba menggunakan madu untuk mengatasi jerawat secara mandiri di rumah. Berikut ini caranya.

Cara 1 : Madu murni

Pertama, ambil madu murni secukupnya saja, kemudian oles di wajah (gunakan jari/kapas) seperti masker. Diamkan selama tiga puluh menit lalu bilas dengan air hangat. Atau Anda juga bisa mendiamkan masker madu tadi semalaman saat Anda tidur, Anda bisa menutupinya dengan perban.

 Agar kulit menjadi bersih dan jerawat berkurang, lakukanlah secara rutin.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Cara 2: Madu dan lemon

Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan lembut lalu keringkan menggunakan handuk dengan menepuk-nepuk wajah Anda. Kemudian, siapkan dan peras satu buah lemon dan tambahkan madu dua sendok teh saja. Campurkan bahan tadi sampai tercampur rata. 

Oleskan di wajah, biarkan 20 hingga 25 menit. Selanjutnya, bersihkan menggunakan air hangat, biarkan hingga kering selama beberapa menit. Jangan lupa oleskan pelembab. Lakukan proses tadi 2 kali dalam seminggu untuk membantu menghilangkan jerawat di wajah Anda. 

Lakukanlah dengan rutin selama sebulan penuh untuk hasil yang optimal.

Cara 3: Madu dan scrub gula

Caranya, campurkan gula pasir dengan gula merah secukupnya. Kemudian oleskan merata pada wajah Anda. Gosoklah dengan perlahan di wajah dan bagian lain yang terdapat jerawat, cukup beberapa menit saja dengan gerakan memutar. 

Setelah selesai, bersihkan dengan air hangat dan ulangi langkah beberapa hari agar dapat mencegah jerawat.

Cara 4: Madu dan kunyit

Cara menggunakannya, Anda ambil satu sendok makan madu kemudian Anda campur dengan bubuk kunyit sebanyak 1/8 sendok teh. Kunyit yang bertindak sebagai anti radang serta antiseptik memiliki kemampuan untuk membantu membunuh bakteri juga meredakan rasa nyeri dan kemerahan pada jerawat. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

Campurkan bahan-bahan tadi dan biarkanlah selama beberapa menit. Aplikasikan dengan mengoleskannya di wajah Anda dan bagian kulit lain yang ada jerawatnya. Diamkan olesan tadi selama dua puluh hingga dua puluh lima menit. Jika selesai, basuh dengan air hangat. 

Keringkan dengan handuk, tepuk-tepukkan ringan. Terakhir, oleskan krim pelembab. Ulangi proses secara rutin untuk mengurangi jerawat di wajah Anda.

Cara 5: Madu dan aspirin

Aspirin ternyata dapat bermanfaat sebagai anti radang serta mengurangi kemerahan dan rasa nyeri. Aspirin juga mampu membersihkan pori-pori kulit dan mengelupas kulit karena kandungan asam salisilatnya.

Pertama, ambillah tiga hingga lima pil aspirin, letakkan di mangkok kecil, beri sedikit air dan hancurkan. Kemudian tambahkan sesendok teh madu murni atau organik ke dalam campuran tadi. Oles di bagian kulit yang terinfeksi jerawat dan diamkan 10 hingga 15 menit. 

Setelah selesai bilas dengan air. Selain itu, bisa juga mengoleskannya di titik jerawat dan biarkan semalaman lalu bilaslah di pagi hari. Lakukan secara teratur untuk manfaat yang maksimal. 

Cara 6: Masker madu dan kayu manis

Anda dapat membuatnya dengan mencampurkan madu sebanyak dua sendok makan dan bubuk kayu manis sebanyak satu sendok teh saja hingga rata dan menjadi pasta. Oleskanlah di wajah Anda sebagai masker, diamkan selama lima belas hingga dua puluh menit. 

Bersihkan menggunakan air. Ulangi proses dengan rutin.

Anda dapat memilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan bahan yang tersedia di rumah. Jangan lupa untuk mengetes efeknya pada kulit Anda agar tidak menimbulkan alergi nantinya.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
McLoone P, et al. (2016). Honey: A therapeutic agent for disorders of the skin. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/)
Manisha DM, et al. (2011). Honey: Its medicinal property and antibacterial activity. DOI: (https://dx.doi.org/10.1016%2FS2221-1691(11)60016-6)
Mane S, et al. (2018). Successful treatment of actinic keratosis with Kanuka honey: A case study. DOI: (https://doi.org/10.1155/2018/4628971)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app