5 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau Kaki

Dipublish tanggal: Sep 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau Kaki

Anda tentu sudah sering memperhatikan kesehatan wajah, rambut, hingga kuku yang lebih mudah dilihat banyak orang. Namun, bagaimana dengan kaki? Sayangnya, tidak sedikit orang mengabaikan kesehatan kaki hanya karena letaknya di bawah dan tidak terlihat oleh kebanyakan orang. Alhasil, timbullah berbagai masalah kaki, termasuk bau kaki. Jika sudah telanjur terjadi, lalu bagaimana cara menghilangkan bau kaki? Bisakah dengan bahan alami yang ada di rumah?

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kaki juga ditinggali oleh bakteri-bakteri yang memang sudah ada secara alami. Kondisi ini sebetulnya tidak berbahaya atau mengancam kesehatan, selama jumlahnya tidak berlebihan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Namun, tentu akan lain ceritanya jika Anda tidak menjaga kebersihan kaki dengan baik. Misalnya jarang mencuci sepatu atau malas gonta-ganti kaus kaki sehingga kaki jadi sering lembap.

Hal ini membuat keringat dan sel-sel kulit mati terus menumpuk di bagian kaki. Nah, kondisi kaki yang lembap inilah yang menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak dan menimbulkan bau tak sedap.

Tak perlu khawatir, sebab ada beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bau kaki dengan sekejap. Berikut daftarnya:

1. Scrub kaki

Selain harus ke salon, Anda sebetulnya juga bisa scrub kaki sendiri di rumah untuk mengatasi bau kaki. Baik dengan scrub buatan atau batu apung, keduanya sama-sama mampu merontokkan sel-sel kulit mati yang memicu bau busuk di kaki.

Gosokkan scrub alami atau batu apung ke bagian telapak kaki, lalu rendam kaki di air hangat. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk menghindari penumpukan sel-sel kulit mati pemicu bau kaki.

2. Garam Epsom

Beda dengan garam laut biasa, garam Epsom mengandung magnesium dan sulfat yang lebih mudah diserap oleh kulit. Kandungan mineral tersebut bertindak sebagai antiinflamasi sekaligus mampu mengurangi kelembapan ekstra pada kaki. Bahkan bila digunakan untuk rendaman kaki, larutan garam Epsom juga ampuh mengatasi kaki pecah-pecah, lho!

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Berikut cara menghilangkan bau kaki dengan garam Epsom:

  • Isi baskom dengan air hangat sampai setinggi mata kaki, atau sesuai kebutuhan.
  • Masukkan 115 gram atau setara dengan 4 sendok makan (sdm) garam Epsom, lalu aduk sebentar.
  • Bila perlu, tambahkan minyak esensial seperti minyak lavender, peppermint, atau eukaliptus ke dalam larutan garam Epsom. Aroma wanginya dapat membantu merilekskan pikiran dan tubuh.
  • Rendam kaki 30-60 menit.
  • Kalau sudah, keringkan kedua kaki lalu oleskan pelembap secukupnya.
  • Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Garam Epsom untuk Rendam Kaki

3. Cuka

Setiap dapur pasti menyimpan setidaknya sebotol cuka. Selain untuk menyedapkan rasa makanan, cuka ternyata juga bisa diandalkan untuk menghilangkan bau kaki, lho!

Cuka dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan bau busuk. Supaya hasilnya efektif, berikut cara menghilangkan bau kaki dengan cuka, yaitu:

  • Isi baskom dengan air hangat sampai setinggi mata kaki, atau sesuai kebutuhan.
  • Masukkan cuka putih biasa atau cuka apel dengan perbandingan 1:2 (dengan air).
  • Rendam kaki selama 15-20 menit.

Hindari melakukan cara ini kalau ada goresan atau luka terbuka di bagian kaki. Alih-alih menghilangkan bau kaki, larutan cuka berpotensi mengiritasi area kulit yang terbuka.

Baca Selengkapnya: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

4. Kantong teh celup

Jangan buru-buru membuang kantong teh celup bekas seusai menyeduh segelas teh. Pasalnya, kantong teh celup termasuk salah satu bahan alami yang paling efektif untuk membantu menyamarkan bau kaki yang tak sedap.

Teh mengandung asam tanat yang mampu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Selain itu, teh juga dapat menutup pori-pori sehingga mengurangi keringat berlebih di kaki.

Masukkan 4-5 kantong teh celup bekas ke dalam 1 liter air hangat. Tunggu sampai dingin, lalu rendam kaki selama 20 menit setiap hari. Bila dilakukan secara rutin setiap hari, Anda bisa mengatakan selamat tinggal pada bau kaki yang mengganggu.

5. Baking soda

Baking soda tidak hanya bisa dipakai untuk pengembang kue, tapi juga mampu menyerap kelembapan ekstra di bagian kaki. Bahan alami yang satu ini juga dikenal mampu membunuh bakteri dan jamur, sehingga bisa membantu menyamarkan bau kaki yang mengganggu.

Taburi baking soda di kaki hingga ke telapak dan sela-selanya, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan kaki.

Selain itu, Anda juga bisa menaburkan baking soda ke dalam sepatu. Cara ini juga dapat membantu menghilangkan bau kaki yang disebabkan oleh sepatu lembap.

Baca Selengkapnya: Cara Merawat Kaki

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app