Mengatasi Bau Kaki

Dipublish tanggal: Jun 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengatasi Bau Kaki

Bau kaki dapat menyebabkan gangguan, akibat dari bau yang tidak sedap, sekaligus dapat menurunkan kepercayaan diri. Bagi Anda yang mempunyai masalah ini, penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau kaki tersebut. 

Bau kaki sering kali dipicu oleh suatu kondisi kaki yang lembap serta keringat berlebih pada kaki.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Pada intinya, kelenjar keringat bertugas untuk menjaga kelembapan kulit dan mengatur suhu tubuh apabila cuaca panas maupun saat sedang berolahraga. 

Kelenjar keringat yang berada pada kaki lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya, serta keringat pada kaki bisa menjadi lebih banyak dari seharusnya apabila sedang stress dan memakai sepatu seharian.

Penyebab bau pada kaki

Banyak hal yang bisa menyebabkan bau kaki. Seringkali, kita merasa kurang percaya diri jika memiliki bau kaki sehingga kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu agar bisa melakukan perawatan yang tepat. Berikut penyebabnya:

  • Kurang menjaga kebersihan diri.
  • Penggunaan sepatu atau kaos kaki seharian.
  • Adanya perubahan hormon, misalnya pada remaja dan ibu hamil, yang dapat menyebabkan adanya keringat berlebih pada kaki.
  • Adanya Infeksi jamur, hingga membuat kaki berbau.

Tips mengenakan sepatu tanpa bau kaki

Terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan bau kaki yang terkait dengan alas kaki, misalnya:

Kaus kaki

Penggunaan kaus kaki setiap saat dapat memicu bau pada kaki. Oleh karena itu, gunakanlah kaus kaki dengan bahan yang dapat menyerap keringat, sehingga dapat mengurangi bau pada kaki. Pastikan pula Anda mengganti kaus kaki secara rutin setiap hari

Sepatu

Gunakan sepatu yang memiliki ruang untuk bernapas maupun menyerap keringat sehingga dapat mengurangi timbulnya keringat. Hindari penggunaan sepatu dengan bahan plastik maupun jelly, hal ini membuat kaki Anda mudah berkeringat yang akan terperangkap dalam sepatu sehingga akan menyebabkan bau kaki.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sol dan semprotan anti bakteri

Selanjutnya, dalam mencegah bau kaki, Anda dapat mengganti sol sepatu dengan sol antibakteri. Anda pun dapat menggunakan semprotan anti bakteri maupun disinfektan untuk digunakan pada sol sepatu Anda.

Perawatan bau kaki di rumah

Kaki bersih merupakan kunci utama dalam mencegah maupun menghilangkan bau kaki, termasuk dengan mencucinya rutin dengan sabun antibakteri. Beberapa hal yang dapat Anda coba di rumah untuk menghilangkan bau kaki diantaranta yaitu:

Eksfoliasi kaki

Menggunakan scrub maupun batu apung dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Apabila Anda ingin menghilangkan bau kaki, maka Anda dapat menggunakan batu apung 2-3 kali secara rutin setiap minggu. 

Selain itu, Anda pun dapat membersihkan kaki Anda dengan menggunakan sabun mandi hingga bersih setiap hari. Selalu pastikan kaki Anda kering hingga celah-celah jari kaki.

Rendam air garam

Merendam kaki menggunakan air garam bermanfaat sebagai proses dari pengelupasan kulit mati. Caranya, siapkan mangkuk atau ember kecil yang di isi dengan air yang hangat, serta larutkan satu setengah cangkir garam ke dalamnya. Rendamlah kaki Anda kira-kira selama 10 hingga 20 menit lalu keringkanlah kaki Anda.

Rendam air cuka

Cara ini hampir sama dengan rendam air garam, yaitu siapkan ember kecil yang berisi air hangat kemudian tambahkan cuka secukupnya. Anda dapat menggunakan cuka apel maupun cuka putih untuk ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Rendamlah kaki Anda selama 15 hingga 20 menit. Namun, apabila Anda memiliki luka di kaki, maka sebaiknya hindari cara ini. Karena cuka dapat berpotensi untuk mengiritasi area kulit yang terbuka.

Antiperspirant

Gunakanlah semprotan deodorant maupun antiperspirant pada kaki Anda. Cara ini dapat mengurangi keringat di kaki Anda.

Bila bau tak kunjung hilang, ada pilihan perawatan medis yang dapat dilakukan. Apabila perawatan rumah tidak efektif untuk menghilangkan bau kaki, maka Anda mungkin dapat konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan serta penanganan yang tepat.


7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Foot odour - causes and cures. Better Health. (Accessed via: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/foot-odour-causes-and-cures)
How to stop smelly feet. NHS (National Health Service). (Accessed via: https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-avoid-smelly-feet/)
Smelly feet: Footwear tips, home remedies, and medical treatment. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/319002)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app