Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Aztrin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 9, 2019 Tinjau pada DEC 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.330.773 orang

Aztrin adalah merek dagang Azithromycin dan merupakan antibiotik golongan makrolidum yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif. 

Azitromisin (azithromycin) adalah derivat dari eritromisin (erythromycin) yang lebih poten. Azitromisin (Azithromycin) bekerja dengan cara mengikat sub unit 50s dari ribosom bakteri sehingga menghambat translasi mRNA. Dengan demikian sistesis protein akan terganggu sehingga pertumbuhan bakteri akan terhambat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Mengenai Aztrin

Pabrik

Pharos

Golongan

Obat keras (harus dengan resep dokter)

Kemasan

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Tablet 250mg

Tablet 500mg

1  dos isi 5 strip x 6 tablet

Kandungan

Azitromisin 250mg / 500mg

Manfaat Aztrin

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Aztrin digunakan untuk infeksi saluran nafas atas dan bawah : eksaserbasi bakteri akut bronkitis kronis akibat H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae, Pneumonia karena C. pneumoniae, H. influenzae, M. pneumoniae, atau S. pneumoniae, dan sinusitis akut karena H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae, otitis media akut yang disebabkan oleh H. influenzae, M. catarrhalis atau S. pneumoniae, faringitis atau tonsilitis yang disebabkan oleh Streptococcus pyogenes. 

Aztrin juga digunakan untuk infeksi kulit dan struktur kulit tanpa komplikasi akibat S. aureus, S. pyogenes, atau S. agalactiae. Selain itu aztrin juga berguna untuk penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks : uretritis dan servisitis karena C. trachomatis atau N. gonorrhoeae, penyakit maag genital (chancroid) pada pria karena H. ducreyi.

Efek samping Aztrin 

Kebanyakan efek samping Aztrin yang muncul adalah diare, mual, nyeri perut, BAB tanpa disadari.

Efek samping yang dapat muncul namun jarang terjadi adalah vaginitis, dyspepsia, sering buang angina, muntah, rasa lemah badan, cemas, reaksi alergi, anemia, gatal, wajah bengkak, sakit kepala, BAB darah.

Pada tahun 2013, FDA mengeluarkan peringatan azitromisina (Azithromycin) dapat menyebabkan perubahan abnormal pada aktivitas listrik jantung yang dapat menyebabkan irama jantung yang tidak teratur dan berpotensi fatal.

Dosis Aztrin

Aztrin diberikan dengan dosis :

Dewasa :

  • Eksaserbasi akut bacterial pada Penyakit Paru Obstruksi Kronis : per oral 500mg sekali sehari, dilanjutkan 250mg sekali sehari selama 4 hari.
  • Otitis media akut : 500mg sekali per hari, dilanjutkan 250mg sekali sehari selama 4 hari
  • Genital ulcer disease (Chancroid) : 1 gr sekali minum per oral
  • Pneumonia komuniti (CAP) : per oral 500 mg sekali minum, dilanjutkan 250 mg sekali sehari selama 4 hari. 500 mg IV sekali penggunaan selama 2 hari, diikuti dengan terapi oral sekali minum 500 mg
  • Infeksi Radang Panggul Akut : 500 mg IV selama 1 jam sekali sehari selama 1-2 hari, diikuti terapi oral dengan 250mg sekali sehari selama 5 hari.

Anak

  • Otitis Media Akut :
    • usia < 6 bulan : tidak disarankan
    • usia ≥ 6 bulan : 30mg/kg oral sekali minum atau 10mg/kg oral sekali sehari selama 3 hari atau 10mg/kg sekali pada hari 1 diikuti dengan 5 mg/kg pada hari 2-5
    • Pneumonia komuniti :
      • < 6 bulan : tidak disarankan
      • ≥ 10mg/kg per oral pada hari 1 diikuti dengan 5mg/kg per oral hari 2-5

Interaksi Aztrin

  • Aztrin dikontraindikasikan diberi Bersama dengan pimozide karena dapat meningkatkan toksisitas dari pimozide dengan menurunkan metabolism tubuh (beresiko untuk terjadi perpanjang interval QT)
  • Obat antasida yang mengandung aluminium dan magnesium mengurang kadar puncak Aztrin pada plasma darah. Selain itu Aztrin mengurangi klirens triazolam sehingga meningkatkan efek farmakologinya.

Perhatian

Toleransi terhadap kehamilan

Penelitian reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko pemakaian azitromisina pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil. Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk, namun studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil tidak menunjukkan risiko untuk janin pada trimester berapapun.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini