Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Azelastine : Manfaat,Efek Samping dan Dosis

Update terakhir: May 29, 2019 Tinjau pada Jun 31, -2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.423.761 orang

Mengenai Azelastine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Spray hidung

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Kandungan:

Obat golongan antihistamine

Manfaat Azelastine

Ketika gejala hidung meler terasa cukup berat, maka perawatan menggunakan obat-obatan mungkin dibutuhkan, antihistamin topikal merupakan alternatif bagi penggunaan kortikosteroid nasal topikal. 

Azelastine adalah antagonis reseptor-H1(salah satu jenis obat antihistamin) yang telah disetujui untuk digunakan pada pasien berusia lebih dari 12 tahun. Azelastin tersedia dalam bentuk semprot hidung dan sebagai obat tetes. Obat ini tersedia di seluruh dunia dengan berbagai merek dagang.

Walaupun Azelastine adalah obat golongan antihistamin, tetapi secara kimia Azelastin berbeda dari obat golongan antihistamin lainnya dan hanya digunakan sebagai inhaler hidung untuk pengobatan gejala rinitis akibat alergi musiman, gejalanya meliputi hidung berair, bersin, dan gatal hidung yang bisa terjadi pada orang dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun dan lebih tua. 

Azelastine disetujui oleh Badan pengolahan obat dan makanan di Amerika (FDA) pada tahun 1996. Azelastine bekerja dengan mencegah efek zat yang disebut histamin, yang diproduksi oleh tubuh. Histamin dapat menyebabkan gatal, bersin, pilek, dan mata berair. Obat ini dapat digunakan sesuai resep dokter.

Bagaimana dosis dan cara menggunakan obat Azelastine?

Azelastine hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter. Jika Anda mengalami hidung meler, Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan obat ini sesuai keinginan Anda sendiri. Dan juga seperti obat-obat pada umumnya, Azelastine memiliki efek samping dan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Obat ini hanya untuk digunakan di hidung. Jangan sampai salah menggunakanannya di mata Anda atau di mulut Anda. Jika Anda secara tidak sengaja mengoleskannya ke daerah ini, segera bilas dengan air dan segera hubungi dokter Anda.

Dosis untuk bentuk sediaan semprot: Dosis obat akan berbeda pada tiap-tiap pasien. Ikuti perintah dokter Anda atau ikuti petunjuk pada label. Informasi berikut hanya mencakup dosis rata-rata obat ini. Jika dosis Anda berbeda, jangan mengubahnya kecuali dokter Anda menyuruh Anda melakukannya.

Dosis dan lamanya waktu Anda minum obat tergantung dari keputusan dokter. Dokter akan memberikan keputusan, segera setelah mengetahui seluruh kondisi Anda secara detail. Lamanya Anda Anda meminum obat tergantung pada kondisi Anda sendiri.

Untuk pengobatan rinitis alergi akibat serbuk bunga atau tanaman lainnya:

  • Orang dewasa dan anak-anak usia 12 tahun — 2 semprotan di setiap lubang hidung dua kali sehari. Setiap semprotan mengandung 137 atau 205,5 mikrogram (mcg) azelastine.
  • Anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun — 1 semprotan di setiap lubang hidung dua kali sehari. Setiap semprotan mengandung 137 atau 205,5 mcg azelastine.
  • Anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun — 1 semprotan di setiap lubang hidung dua kali sehari. Setiap semprotan mengandung 137 mcg azelastine.
  • Anak-anak di bawah usia 6 bulan — Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Untuk perawatan rhinitis alergi musiman:

  • Orang dewasa dan anak-anak usia 12 tahun — 1 atau 2 semprotan di setiap lubang hidung dua kali sehari, atau 2 semprotan di setiap lubang hidung sekali sehari. Setiap semprotan mengandung 137 atau 205,5 mikrogram (mcg) azelastine.
  • Anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun — 1 semprotan di setiap lubang hidung dua kali sehari. Setiap semprotan mengandung 137 atau 205,5 mcg azelastine.
  • Anak-anak usia 2 hingga 5 tahun — 1 semprotan di setiap lubang hidung dua kali sehari. Setiap semprotan mengandung 137 mcg azelastine.
  • Anak-anak yang lebih muda dari 2 tahun — Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Cara menggunakan semprotan:

  • Secara perlahan tiup hidung Anda sebelum menggunakan semprotan. Miringkan kepala Anda ke belakang sedikit dan masukkan ujung dari semprotan hidung ke lubang hidung Anda.
  • Tutuplah lubang hidung yang berlawanan dengan satu jari. Lepaskan 1 semprotan dan pada saat yang sama, bernapas melalui lubang hidung yang menghisap obat.
  • Tahan napas Anda selama beberapa detik lalu bernapas perlahan melalui mulut Anda.
  • Semprotkan lubang hidung yang berlawanan menggunakan langkah yang sama.
  • Jangan meniup hidung Anda kembali setelah menggunakan semprotan.
  • Bersihkan ujung luar semprotan hidung dengan tisu bersih atau kering dan tutup kembali.
  • Buang obat ini setelah Anda menggunakan 200 kali semprotan.

Efek samping apa saja yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Azelastin?

Azelastine aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak yang mengalami rinitis alergi. Rasa pahit, sakit kepala, hidung terbakar dan kesadaran menurun (cenderung ngantuk) adalah efek samping yang paling sering dilaporkan.

Alkohol dan / atau depresan sistem saraf pusat dapat mempengaruhi kerja Azelastin dan memperburuk efek samping yang ditimbulkan, tetapi sampai saat ini belum ada penelitian untuk menilai efek dari semprot hidung azelastine pada CNS pada manusia.

Pada penelitian yang lebih baru telah menunjukkan penggunaan azelastin hanya terbukti sekitar 2% menyebabkan kesadaran menurun dibandingkan dengan pengobatan menggunakan plasebo.

Tidak ada studi yang memadai pada wanita hamil. Apakah Azelastin berbahaya bagi janin atau tidak. Azelastin adalah obat-obatan kategori C bagi kehamilan. Artinya Azelastin terbukti dapat menyebabkan gangguan janin pada percobaan hewan. Tetapi belum terbukti menyebabkan kelainan pada bayi manusia.

Perhatian

  • Beritahukan dokter apabila Anda memiliki alergi terhadap azelastine atau obat lain.
  • Beritahukan dokter daftar obat-obatan yang sedang dikonsumsi terutama produk untuk demam dan alergi, antihistamin dan vitamin.
  • Beritahukan dokter jika Anda sedang atau berencana hamil atau sedang menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan azelastine, hubungi dokter.
  • Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda sedang menggunakan azelastine.
  • Hindari mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin setelah menggunakan obat ini karena dapat menimbulkan efek kantuk

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp