Atasi Kulit Kepala Gatal dengan 6 Bahan Alami Ini

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke salon kecantikan dan menghabiskan banyak uang untuk mengobati rasa gatal Anda, cobalah untuk mengobatinya dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut ini 6 bahan alami yang bisa mengatasi rasa gatal kulit kepala Anda:
Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit

Sejak dahulu rambut sering disebut dengan julukan “mahkota” bagi wanita. Namun sekarang ini julukan tersebut berlaku tidak hanya bagi wanita, tapi juga untuk pria. Mayoritas orang menghabiskan uang dan waktu yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan rambut dan kulit kepala mereka di salon kecantikan. 

Salah satu yang dapat mengganggu keindahan rambut adalah munculnya rasa gatal pada kulit kepala. Tentu Anda merasa tidak nyaman dan ingin menggaruknya bukan? Akibatnya rambut jadi berantakan dan tidak indah lagi serta membuat tidak percaya diri.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Jika Anda mengalami rasa gatal di kulit kepala jangan tunda lagi untuk mencari penyebabnya. Agar segera mendapat penanganan yang tepat. Berikut adalah berbagai penyebab dan bahan-bahan alami yang berkhasiat mengatasi kulit kepala gatal.

Penyebab kulit kepala gatal

Gatal di kulit kepala tidak langsung muncul tanpa sebab. Berikut ini berbagai penyebab rasa gatal yang muncul di kulit kepala Anda:

Rambut yang kurang bersih

Sel-sel kulit akan menumpuk jika tidak Anda bersihkan secara tuntas. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya ketombe dan rasa gatal, terutama jika Anda mempunyai tipe rambut yang berminyak. Minimal cucilah rambut Anda 2 sampai 3 kali dalam seminggu atau sesuai dengan jenis rambut Anda.

Segeralah mencuci rambut apabila rambut Anda sudah terasa kering atau lengket. 

Kulit kepala kering

Orang yang mempunyai kulit kepala kering mempunyai lebih tinggi resiko mengalami gatal di kulit kepala. Hal tersebut karena kulit kepala yang kering dan kekurangan lapisan minyak yang berfungsi untuk menangkal infeksi, bakteri, dan kuman. 

Kulit kepala akan semakin kering jika Anda sering keramas, terlebih jika Anda menggunakan pencuci rambut yang mengandung bahan-bahan kimia yang keras. Selain itu, menggunakan pengering rambut dengan terlalu dekat juga dapat membuat kulit kepala Anda kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Kutu rambut

Kutu rambut sangat mudah dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Bahkan telur-telur kutu rambut dapat dilihat dengan mata telanjang dan kutu dewasa juga bisa Anda lihat bergerak dan berjalan-jalan di kepala Anda. 

Segeralah mengobatinya dengan pembasmi kutu rambut yang dapat ditemukan dalam bentuk sampo, cairan, atau semprotan.

Eksim atau dermatitis

Eksim atau dermatitis juga dapat muncul di kulit Anda. Gejala yang ditimbulkan adalah munculnya ketombe. Kulit kepala Anda akn mengalami peradangan dan memerah akibat ini.

Bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kepala gatal

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke salon kecantikan dan menghabiskan banyak uang untuk mengobati rasa gatal Anda, cobalah untuk mengobatinya dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut ini 6 bahan alami yang bisa mengatasi rasa gatal kulit kepala Anda:

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan emolien yang mampu melembutkan dan melembabkan kulit kepala secara alami. Cobalah untuk memotong daun lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan bersih. Kulit kepala Anda akan menjadi lebih segar dan bersih.

2. Lemon

Sari buah lemon memiliki kandungan antiseptik yang mampu mengatasi masalah ketombe. Peras jeruk lemon secukupnya dan ratakan pada kulit kepala Anda. Jika kulit kepala Anda tidak berketombe, Anda bisa mencampurkan perasan lemon dengan air lalu cuci bersih dengan sampo.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

3. Pisang dan alpukat

Selanjutnya Anda bisa menggunakan campuran daging pisang dan alpukat lalu dioleskan pada kulit kepala yang gatal. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilaslah dengan bersih. Selain bisa mengurangi rasa gatal di kulit kepala, perawatan ini bisa membuat rambut Anda lebih berkilau dan lebat.

4. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil mempunyai kandungan antijamur, antiinflamasi, dan antibakteri yang bisa mengusir kulit kepala Anda dari rasa gatal. Ada dua cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati kulit kepala gatal. 

Yang pertama, campurkan sepuluh sampai dua puluh tetes tea tree oil dengan sampo bayi dan gunakan untuk mencuci rambut dengan teratur. Cara yang kedua adalah dengan mencampurkan dua sampai tiga tetes tea tree oil dengan satu sendok makan minyak sayur, lalu oleskan pada kulit kepala dan pijat ringan. 

Ulangi perawatan ini selama satu sampai dua minggu. 

5. Minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secukupnya, lalu pijatlah ringan dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilaslah dengan bersih. Setelahnya mungkin Anda akan merasa kulit kepala Anda berminyak, namun jangan khawatir karena perawatan ini merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi gatal di kulit kepala.

6. Minyak jojoba

Minyak jojoba memiliki molekul yang mirip dengan sebum pada kulit kepala, sehingga bahan alami ini bisa mengatasi rasa gatal di kulit kepala Anda. Oleskan minyak jojoba secukupnya pada kulit kepala sebelum tidur dan biarkan selama satu malam. Cuci rambut Anda dengan sampo yang ringan pada pagi harinya.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kang S, et al., eds. Cosmeceuticals and skin care in dermatology. In: Fitzpatrick's Dermatology. 9th ed. McGraw-Hill Education; 2019. https://accessmedicine.mhmedical.com.
Dandruff. American Osteopathic College of Dermatology. http://www.aocd.org/page/Dandruff.
Kermott CA, et al., eds. Dandruff. In: Mayo Clinic Book of Home Remedies. 2nd ed. Mayo Foundation for Medical Education and Research; 2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app