Asam Hialuronat - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: May 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 668.548 orang

Asam hialuronat adalah zat yang secara alami hadir dalam tubuh manusia. Asam hialuronat ditemukan dalam konsentrasi tertinggi dalam cairan di mata dan sendi. Asam hialuronat yang digunakan sebagai obat diekstraksi dari sisir ayam jantan atau dibuat oleh bakteri di laboratorium.

Orang-orang menggunakan asam hialuronat untuk berbagai gangguan sendi, termasuk osteoartritis. Asam hialuronat dapat dikonsumsi melalui mulut atau disuntikkan ke sendi yang terkena dampak oleh seorang profesional kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

FDA telah menyetujui penggunaan asam hialuronat selama operasi mata tertentu termasuk pengangkatan katarak, transplantasi kornea, dan perbaikan retina yang terlepas dan cedera mata lainnya. Asam hialuronat disuntikkan ke mata selama prosedur untuk membantu mengganti cairan alami.

Asam hialuronat juga digunakan sebagai pengisi bibir dalam operasi plastik.

Beberapa orang mengoleskan asam hialuronat pada kulit untuk menyembuhkan luka, luka bakar, bisul kulit, dan sebagai pelembab.

Ada juga banyak minat dalam menggunakan asam hialuronat untuk mencegah efek penuaan. Faktanya, asam hialuronat telah dikembangkan sebagai "air mancur awet muda." 

Namun, tidak ada bukti untuk mendukung klaim bahwa mengkonsumsi asam hialuronat melalui mulut atau mengoleskannya pada kulit dapat mencegah perubahan yang terkait dengan penuaan.

Bagaimana cara kerjanya?

Asam hialuronat bekerja dengan bertindak sebagai bantalan dan pelumas pada sendi dan jaringan lainnya. Selain itu, mungkin mempengaruhi cara tubuh merespons cedera.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Kegunaan

Kegunaan & Keefektifan

Sangat Efektif untuk

  • Katarak
    Menyuntikkan asam hialuronat ke mata efektif bila digunakan selama operasi katarak oleh ahli bedah mata.
  • Luka di mulut
    Asam hialuronat efektif untuk mengobati luka mulut ketika dioleskan ke kulit sebagai gel.

Mungkin Efektif untuk

  • Kulit yang mengkerut 
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyuntikkan produk asam hialuronat khusus (Juvéderm Ultra Plus, Allergan) ke dalam kerutan wajah dapat mengurangi keriput hingga satu tahun. Juga mengkonsumsi produk yang mengandung asam hialuronat dan bahan-bahan lainnya (Formula Anti Penuaan GliSODin Nutrisi Kulit Canggih) melalui mulut tampaknya mengurangi kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari ketika digunakan selama 3 bulan.
  • Infeksi saluran kemih (ISK)
    Penelitian menunjukkan bahwa menyuntikkan asam hialuronat sendiri atau dengan kondroitin sulfat langsung ke kandung kemih mengurangi jumlah ISK pada wanita dengan ISK yang sering. Produk spesifik yang telah diteliti meliputi Cystistat (Bioniche Life Sciences) dan iAluRil (IBSA Farmaceutici).

Tidak cukup bukti untuk

  • Mata kering
    Penelitian awal menunjukkan bahwa meneteskan tetes mata asam hialuronat khusus (Hyalistil) dapat meringankan mata kering.
  • Trauma mata
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam hialuronat dapat disuntikkan ke mata untuk mengobati retina yang terlepas atau cedera mata lainnya.
  • Menyembuhkan luka pada kulit dan luka bakar
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan asam hialuronat ke kulit mungkin bermanfaat untuk mengobati luka bakar dan luka kulit.

Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas asam hialuronat untuk penggunaan ini.

Efek Samping

Efek Samping & Keamanan

Asam hialuronat SANGAT AMAN bila dikonsumsi, dioleskan pada kulit, atau diberikan dengan suntikan dengan tepat. Asam hialuronat jarang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Tindakan pencegahan & peringatan khusus:

Kehamilan dan menyusui
Asam hialuronat MUNGKIN AMAN bila diberikan melalui suntikan selama kehamilan. Namun, tidak cukup diketahui tentang keamanan asam hialuronat ketika dikonsumsi atau dioleskan pada kulit selama kehamilan. Tetap aman dan hindari penggunaan.

Asam hialuronat MUNGKIN TIDAK AMAN bila diberikan melalui suntikan saat menyusui. Para peneliti tidak tahu apakah itu mempengaruhi ASI dan apa dampak yang mungkin terjadi pada bayi. 

Tidak ada informasi yang cukup yang dapat diandalkan tentang keamanan mengkonsumsi asam hialuronat dengan mulut atau mengoleskannya ke kulit jika Anda menyusui. Tetap aman dan hindari penggunaan.

Interaksi

Kami saat ini tidak memiliki informasi untuk Interaksi ASAM HIALURONAT.

Takaran

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

DENGAN SUNTIKAN:

  • Untuk mengobati osteoartritis: penyedia layanan kesehatan menyuntikkan asam hialuronat ke dalam sendi lutut.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp