Apakah Kardio Menyebabkan Lemak Perut

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apakah Kardio Menyebabkan Lemak Perut

Lemak perut merupakan hal yang lebih menyebalkan yang membuat baju Anda terasa sesak. Lemak perut juga sangat mengganggu. Tipe lemak ini, yang disebut juga lemak visceral, adalah faktor risiko terbesar diabetes tipe 2, sakit jantung dan kondisi lainnya. 

Kebanyakan organisasi menggunakan BMI (Body mass Index) untuk menentukan berat dan memprediksi risiko penyakit metabolik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Meskipun menghilangkan lemak pada daerah ini sangat sulit, beberapa hal dapat Anda lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut, salah satunya adalah melakukan olahraga aerobik atau kardio.

Olahraga aerobik (kardio) adalah cara efektif untuk memperbaiki kesehatan Anda dan membakar kalori. Studi menunjukkan bahwa kardio adalah bentuk olahraga yang paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Namun, hasilnya akan berbeda bergantung pada intensitasnya apakah moderat atau tinggi biasanya lebih bermanfaat.

Pada banyak kasus, frekuensi dan durasi program olahraga Anda akan lebih penting daripada intensitasnya. 

Satu studi menemukan bahwa wanita pasca menopause mengalami pengurangan lemak yang lebih banyak dari semua bagian tubuh saat melakukan olahraga aerobik selama 300 menit setiap minggu, dibandingkan dengan orang-orang yang berolahraga selama 150 menit setiap minggunya.

Berikut adalah mitos-mitos yang berkaitan dengan kardio:

Lakukan kardio dulu baru mengangkat beban

Apakah Anda harus melakukan kardio dulu atau melakukan olahraga kekuatan? “Jika Anda treadmill selama sesi kardio intens dan kemudian berencana untuk mengangkat beban, Anda akan memiliki energi yang kurang untuk jumlah latihan resistensi Anda” kata Lindsay Vastola, trainer yang tersertifikasi dan penggagas Body Project Fitness and Lifestyle. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Saat akan melakukan sesi kardio yang penuh dan berintensitas tinggi dan semua olahraga yang berkaitan dengan resistensi, lakukanlah pada hari yang berbeda, kata Vastola, sehingga Anda sepenuhnya bisa membakar kalori.

Anda harus membakar setidaknya 500 kalori selama sesi kardio Anda

Berlari menggunakan treadmill untuk mencapai angka ajaib ini adalah sesuatu yang buang-buang waktu dan ebergi karena mesin hanya bisa mengukur secara kasar kecepatan metabolik Anda, kata Vastola. 

Abaikan saja indikator pada mesin dan fokuslah pada intensitasnya. Jika Anda berolahraga lebih keras pada waktu yang singkat, Anda akan membakar lebih banyak kalori meskipun olahraga Anda telah selesai. 

Gunakan monitor jantung (jaga agar tetap pada rentang 75 hingga 85 persen dari kecepatan jantung maksimal Anda) atau kecepatan yang diterima oleh exertion scale antara 1 sampai 10 (jagalah antara 8 atau 9 pada interval tinggi intensitas untuk menentukan apakah Anda telah berolahtaga cukup keras.

Tetaplah ada “Zona pembakaran lemak” jika Anda ingin mengurangi berat badan

Tubuh Anda membakar lemak seperti bahan bakar pada saat olahraga intensitas rendah (ketika Anda berada pada “zona pembakaran lemak” sekitar 65% dari maksimal). Namun, hal itu tidak secara penting apa yang Anda fokuskan untuk mengurangi berat badan. Apa yang paling penting adalah kalori yang Anda bakar, bukan sumber bahan bakarnya.

“Semakin tinggi intensitas olahraga Anda, semakin banyak total kalori yang Anda bakar” kata Marta Montenegro, coach kekuatan dan conditioning yang tersertifikasi dan profesor ilmu olahraga di Florida International University. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Hal itu bisa membakar hingga 24 jam setelah rep atau step terakhir Anda, dan studi menunjukkan bahwa Anda akan mengurangi lemak perut secara cepat, imbunya. 

Tetapi sebelum Anda berpindah dari semua sesi kardio Anda ke sesi dengan olahraga intensitas tinggi dan olahraga dengan tenaga tinggi, ingatlah bahwa tipe olahraga ini tidaklah tidak ada risikonya, seperti cidera dan kelelahan karena kelebihan olahraga. 

Montenegro merekomendasikan untuk bergantian antara intensitas tinggi dengan intensitas rendah untuk memberikan tubuh Anda waktu untuk pulih dan membangun konsistensi. 

Contohnya, lakukan olahraga intensitas tinggi pada hari senin dan kamis, olahraga internsitas rendah hingga moderat pada hari Rabu dan Sabtu, dan campurkan beberapa yoga atau olahraga kekuatan pada hari Selasa dan Jumat.

Training untuk balapan adalah cara untuk lebih langsing

Terdapat banyak manfaat untuk mengikuti lari 5k atau maraton, yaitu memperbaiki kesehatan kardiovaskuler, menambah stamine, berolahraga untuk penyebab yang baik jika Anda berlari untuk sumbangan, tetapi melihat angka timbangan tidak turun bukanlah apa yang penting. 

Semua olahraga yang Anda alkukan untuk mencapai garis finis akan membuat tubuh Anda lebih efisien dalam menyimpan energi sehingga Anda bisa berlari jauh.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What causes belly fat and 7 ways to lose it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323309.php)
Belly fat in men: Why weight loss matters. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/belly-fat/MC00054)
Reasons You're Not Losing Belly Fat. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-reasons-not-losing-belly-fat)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app