Apa yang Terjadi Dalam Tubuh Jika Anda Tidak Makan Sehari

Dipublish tanggal: Mei 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa yang Terjadi Dalam Tubuh Jika Anda Tidak Makan Sehari

Tidak makan selama 24 jam pada suatu waktu adalah bentuk puasa intermiten yang dikenal sebagai pendekatan makan-berhenti-makan.

Selama puasa 24 jam, Anda hanya dapat mengonsumsi minuman bebas kalori. Ketika periode 24 jam berakhir, Anda dapat melanjutkan asupan makanan normal hingga puasa berikutnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Selain penurunan berat badan, puasa intermiten dapat memiliki efek positif pada metabolisme Anda, meningkatkan kesehatan jantung, dan banyak lagi. Metode diet ini aman Aman untuk digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Meskipun teknik ini mungkin tampak lebih mudah daripada mengurangi kalori harian, Anda mungkin menemukan diri Anda “sangat lapar” pada hari-hari puasa. Ini juga dapat menyebabkan efek samping yang parah atau komplikasi pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum berpuasa. Mari simak artikel berikut untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Apa yang terjadi pada tubuh selama ini?

  • Anda akan memasuki periode 24 jam sebelum tubuh Anda menyadari bahwa Anda sedang berpuasa.
  • Selama delapan jam pertama, tubuh  akan terus mencerna asupan makanan terakhir Anda. Tubuh akan menggunakan glukosa yang disimpan sebagai energi dan terus berfungsi seolah-olah Anda akan segera makan lagi.
  • Setelah delapan jam tanpa makan, tubuh Anda akan mulai menggunakan lemak yang disimpan untuk energi. Tubuh Anda akan terus menggunakan lemak yang tersimpan untuk menciptakan energi sepanjang sisa puasa 24 jam Anda.
  • Puasa yang berlangsung lebih dari 24 jam dapat menyebabkan tubuh Anda mulai mengubah protein yang tersimpan menjadi energi.

Apakah ada manfaat dari pendekatan metode ini?

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya bagaimana puasa intermiten dapat mempengaruhi tubuh Anda. Penelitian awal memang menunjukkan beberapa manfaat, termasuk:

Membantu menurunkan berat badan

Berpuasa satu atau dua hari seminggu dapat menjadi cara bagi Anda untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori dari waktu ke waktu. Anda mungkin menemukan ini lebih mudah dilakukan daripada mengurangi sejumlah kalori setiap hari.

Pembatasan energi dari puasa 24 jam juga dapat bermanfaat bagi metabolisme Anda serta dapat membantu penurunan berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Membantu Anda mengelola kadar kolesterol dan gula

Puasa intermiten yang teratur dapat membantu meningkatkan cara tubuh Anda memecah kolesterol dan gula. Perubahan pada metabolisme ini dapat membantu mengurangi risiko Anda mengalami kondisi seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner

Puasa 24 jam secara teratur dapat membantu mengurangi kadar N-oksida trimetilamin dalam jangka panjang. Senyawa tingkat tinggi ini terkait dengan penyakit arteri koroner, sehingga dapat membantu mengurangi risiko Anda.

Manfaat lain

Puasa intermiten juga dapat membantu:

Efek samping dan risiko dari metode ini

Sering berpuasa selama 24 jam pada suatu waktu dapat menyebabkan efek samping dan meningkatkan risiko komplikasi tertentu.

Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum berpuasa untuk membantu mengurangi risiko konsekuensi kesehatan yang tidak terduga. Berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sangatlah penting apabila jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasari.

Anda tidak boleh berpuasa jika Anda:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • pernah atau pernah mengalami gangguan makan
  • menderita diabetes tipe 1
  • sedang hamil atau menyusui
  • berusia di bawah 18 tahun
  • baru pulih dari operasi

Puasa lebih dari dua kali per minggu dapat meningkatkan risiko aritmia jantung dan hipoglikemia.

Perlu diingat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menilai sepenuhnya potensi manfaat dan risiko puasa intermiten. Berolahraga secara teratur dan makan makanan seimbang adalah metode yang terbukti untuk menjalani gaya hidup sehat dan menjaga berat badan Anda.

Dapatkah minum air putih membantu selama puasa?

Penting bagi Anda untuk minum banyak air - lebih dari delapan gelas biasanya - selama puasa 24 jam.

Tubuh membutuhkan air untuk berfungsi. Air membantu sistem pencernaan tubuh, mengatur suhu tubuh, bermanfaat bagi sendi dan jaringan, dan dapat membuat Anda merasa berenergi.

Jumlah konsumsi minum air ini bervariasi dari orang ke orang dan tergantung pada tingkat aktivitas Anda juga. Rata-rata, pria harus minum sekitar 15 ½ gelas air dan perempuan harus minum sekitar 11 ½ gelas air per hari.

Cara makan-berhenti-makan dengan cara yang benar

Anda dapat melakukan puasa 24 jam kapan pun Anda mau. Makan makanan sehat dan lengkap sebelum puasa akan membantu tubuh Anda melewati periode 24 jam.

Beberapa makanan yang harus Anda pertimbangkan sebelum berpuasa meliputi:

  • makanan yang kaya protein, seperti mentega kacang dan kacang-kacangan
  • produk susu rendah lemak, seperti yogurt rendah lemak
  • buah-buahan dan sayur-sayuran
  • gandum utuh

Makanan yang kaya akan serat dapat membantu tubuh merasa kenyang lama setelah makan. Buah dan sayuran mengandung air, memberi Anda lebih banyak hidrasi.

Minumlah air dan minuman bebas kalori lainnya selama puasa, tetapi perlu diingat bahwa minuman dengan kafein dapat menyebabkan Anda kehilangan lebih banyak air. Minumlah secangkir air tambahan untuk setiap minuman berkafein untuk membantu menyeimbangkan asupan Anda.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Patterson RE, et al. (2015). Intermittent fasting and human metabolic health. DOI: (https://dx.doi.org/10.1016%2Fj.jand.2015.02.018)
Owen OE, et al. (1979). Energy metabolism in feasting and fasting. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/371355)
National Academies of Science, Engineering, and Medicine. (2004). Report sets dietary intake levels for water, salt, and potassium to maintain health and reduce chronic disease risk [Press release]. (http://www8.nationalacademies.org/onpinews/newsitem.aspx?RecordID=10925)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app