Apa Itu Concealer ?

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apa Itu Concealer ?

Menutupi noda atau flek hitam di wajah, jerawat dan juga mata panda menggunakan make-up adalah hal umum yang dilakukan. Biasanya para kaum hawa akan memakai alas bedak atau foundation untuk menutupinya. Apabila dirasa masih kurang tertutupi, Anda juga bisa menambahkan concealer.

Concealer akan lebih menutupi kekurangan atau warna tidak merata pada kulit wajah Anda dengan lebih baik. Lalu, apa saja hal lain yang perlu Anda ketahui tentang concealer ? Simak penjelasannya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Apakah itu concealer ?

Concealer merupakan sebuah produk kecantikan yang biasa dipakai untuk menutupi kekurangan pada wajah seseorang termasuk tidak meratanya warna kulit wajah (akibat kemerahan jerawat, flek hitam, dan lain-lain), dan akan menjadikan kulit tampak semakin halus.

Sebelum menggunakan concealer, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah jenis atau tipe kulit Anda. Apakah berjerawat, kering, normal, berminyak atau kombinasi diantaranya.

Walaupun sebenarnya concealer bisa digunakan untuk semua jenis kulit, namun akan lebih baik lagi jika Anda bisa memilih kandungan bahan di dalamnya yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Bagi kulit berjerawat, misalnya bisa menggunakan concealer berbahan benzoyl peroxide/salicylic acid. Benzoyl peroxide berfungsi mengurangi jerawat akibat bakteri serta kulit kering dan mengelupas.

Salicylic acid yang berfungsi meringankan peradangan dan kemerahan bisa digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Berbagai jenis concealer

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic
  • Stick concealer 

Concealer ini biasanya digunakan di bawah mata dan dapat diaplikasikan sebelum/sesudah Anda mengoleskan alas bedak/foundation. Caranya tinggal dioleskan saja seperti memakai lipstik pada umumnya.

Saran :

Apabila area mata bawah Anda kering/berkeriput, sebaiknya aplikasikan pelembap ringan dahulu (jangan yang terlalu berminyak). Jika dirasa terlalu banyak, tepuk-tepuk dengan tisu.

Selain itu, sebaiknya Anda hindari menggunakan concealer di area mata dengan menarik/menggores-goreskannya, ini bisa mengakibatkan kulit menjadi mudah kendur.

Keunggulan :

Bisa menutupi kekurangan di kulit wajah dengan nyaris sempurna.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Kelemahan : 

Untuk menggunakannya, apabila jenis kulit Anda berminyak, pertimbangkan terlebih dahulu. Karena concealer jenis ini sifatnya lebih berminyak, maka sebaiknya tidak diaplikasikan tebal-tebal.

  • Liquid concealer

Concealer ini wadahnya hampir sama seperti foundation atau bisa lebih ramping. Wadahnya biasanya berbentuk tabung dan memiliki aplikator berbentuk 'tongkat' yang menggabung ke tutupnya.

Saran :

Gunakan dengan cara membubuhkannya berupa titik-titik kecil ke area kulit yang akan Anda tutupi. Anda bisa gunakan jari/aplikatornya.

Keunggulan :

Concealer ini sifatnya lebih ringan dan tidak begitu berminyak. Sehingga Anda bisa mengaplikasikannya beberapa lapis.

Kelemahan :

Teksturnya lebih sulit diatur karena bentuknya cair sehingga lebih licin dan mudah ‘lari’ ke mana-mana.

  • Concealer krim

Wadah concealer ini berbentuk kecil seperti wadah eyeshadow serta sifatnya lebih creamy dan halus.

Saran :

Anda bisa mengaplikasikannya dengan jari, kuas, atau spons. Sifatnya mudah diatur dan digunakan.

Keunggulan :

Teksturnya yang creamy dan melembapkan menjadikannya cocok untuk jenis kulit yang kering. Concealer ini mudah dibaurkan saat diaplikasikan ke wajah, namun kadang menjadi tebal.

Kelemahan :

Terkadang dapat menampilkan garis wajah Anda karena teksturnya dapat berubah menjadi tebal dan berminyak.

Ada juga berbagai jenis concealer lainnya, seperti matte-finish cream-to-powder, matte-finish liquid concealer serta ultra-matte liquid concealer.

Keunggulan concealer jenis matte-finish liquid concealer : mampu menutupi jerawat dengan baik, tidak menampakkan garis wajah Anda, dan dapat dipakai sebagai alas eyeshadow. Sedangkan, kelemahannya : tampak tebal serta mudah mengering. 

Bagi Anda yang jenis kulitnya kering/berjerawat disarankan untuk tidak memakai concealer jenis matte-finish cream-to-powder. Mengapa ? Karena hasil akhirnya semakin membuat kulit kering dan garis-garis di wajah menjadi tampak jelas.

Cara memakai concealer

Cara menggunakannya sangat sederhana, cukup oles dengan tipis-tipis sekitar 1-2 lapis, kemudian Anda ratakan menggunakan jari/spons yang bersih agar menyatu dengan alas bedak yang diaplikasikan ke wajah sebelumnya. 

Namun, jika wajah Anda tidak memiliki kekurangan atau warna kulit sudah rata, tidak ada jerawat atau flek hitam yang harus ditutupi, sebaiknya tidak perlu gunakan concealer. Termasuk jika alas bedak yang Anda pakai sudah mampu menutupinya.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 Concealers You Can Wear Without Foundation. SELF. (Accessed via: https://www.self.com/gallery/best-lightweight-concealers)
6 tips for applying concealer without foundation like a pro. Well+Good. (Accessed via: https://www.wellandgood.com/good-looks/concealer-without-foundation/)
Concealers: How to Apply Concealer and Where. Byrdie. (Accessed via: https://www.byrdie.com/how-to-properly-apply-concealer-345940)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app