Alert : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 628.256 orang

Aletris atau juga biasa disebut true unicorn root merupakan genus dari tanaman berbunga yang berasal dari family Nartheciaceae. Tanaman herbal ini tumbuh secara alami di daerah Amerika Utara dan bagian Barat Daya Asia, terutama Chuna.

Sebagai tanaman herbal, Aletris biasa digunakan dalam bentuk akar yang ditumbuk menjadi serbuk, ekstrak cair, atau sebagai water infusion. Akar dari tanaman ini juga biasa dijadikan bentuk obat tradisional.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Orang-orang yang masih menggunakan pengobatan tradisional mengandalkan Aletris dalam menangani permasalahan pencernaan seperti colic, konstipasi, diare, kembung, dan rasa tidak enak pada perut.

Selain permasalahan pencernaan, Aletris juga dapat digunakan untuk menangani masalah otot bahkan menangani ketidaksuburan yang terjadi pada organ reproduksi.

Manfaat penggunaan Aletris

Mengkonsumi Aletris sebagai sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Beberapa masalah yang dapat ditangani oleh tanaman ini berupa :

  1. Rheumatism
  2. Keram pada otot
  3. Ketidaksuburan alat kelamin
  4. Colic
  5. Diare
  6. Kembung
  7. Konstipasi
  8. Dyspepsia
  9. Mencegah keguguran
  10. Membantu permasalahan yang terjadi akibat menstruasi

Sebagai obat telan, Aletris juga dapat digunakan sebagai :

  1. General tonic
  2. Sedative
  3. Laxative
  4. Antiflatulent
  5. Antispasmodic
  6. Diuret

Aletris juga dipercaya sebagai solusi natural dalam menangani permasalahan pencernaan tubuh Anda dan membantu tingkat kesuburan alat vital.

Dosis penggunaan Aletris

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Aletris, diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Kami dapat merekomendasikan dosis bagi Anda yang mengalami colic.

  1. ½ sendok teh sampai dengan 2 sendok teh serbuk akar yang sudah dikeringkan direbus bersamaan dengan 1 cup air, yang diminum sebanyak 3x sehari. Lanjutkan pengkonsumsian jika dirasa diperlukan

Perlu diingat bahwa penggunaan obat herbal belum tentu aman. Oleh karena itu mintalah saran dari dokter maupun perawat disekitar Anda sebagai panduan profesional dalam mengkonsumsi herbal ini.

Hindari penggunaan Aletris kepada  ibu hamil dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena Aletris mengandung zat yang dapat mengganggu aktivitas estrogen serta oxytocin antagonism.

Hindari juga penggunaan Aletris kepada anak-anak karena belum ada peneletian lebih lanjut mengenai dampaknya kepada mereka.

Jika Anda menemukan herbal ini dalam bentuk suplemen, pastikan untuk membaca panduan dalam mengkonsumsinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan Aletris

Aletris jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Beberapa efek samping yang biasa timbul akibat pengkonsumsian Aletris meliputi :

  1. Rasa bingung
  2. Kehilangan keseimbangan
  3. Vertigo
  4. Rasa pusing

Aletris juga dapat mengganggu jalannya sistem gastrointestinal Anda, oleh karena itu ada baiknya untuk tidak menggunakan herbal ini jika Anda memiliki masalah pencernaan.

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan herbal ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Aletris memiliki sifat yang hampir sama dengan hormon estrogen, oleh karena itu hindari peggunaan herbal ini bagi Anda yang memiliki kondisi hormon yang sensitiv seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker uterine, endometriosis, atau uterine fibroids.

Aletris mampu meningkatkan tingkat asam pada lambung, serta merta mengurangi efektivitas dari antacids dan H2-blockers seperti :

  1. Tagamet
  2. Zantac
  3. Axid
  4. Pepcid

Peningkatan asam lambung ini juga dapat menurunkan efektifitas Proton Pump Inhibitors (PPIS) seperti :

  1. Prilosec
  2. Prevacid
  3. Aciphex
  4. Protonix
  5. Nexium

Ada juga resiko additive adverse effect untuk esterogen Anda.

Gunakan produk-produk yang mengandung Aletris secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi.

Serta setelah penggunaan dari herbal Aletris, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp