Alat Kontrasepsi yang Aman Digunakan Selama Masa Menyusui

Dipublish tanggal: Jun 1, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Alat Kontrasepsi yang Aman Digunakan Selama Masa Menyusui

Fenomena hamil lagi setelah melahirkan memang bukan sekedar mitos belaka, melainkan fakta yang dapat terjadi pada sejumlah perempuan yang baru melahirkan. Mengetahui hal itu maka sebagian perempuan merasa belum siap kembali hamil atau memiliki momongan.

Banyak perempuan yang melakukan pencegahan kehamilan setelah melahirkan, yakni dengan segera berkonsultasi kepada para praktisi kesehatan. Kemudian, biasanya seorang ibu yang baru saja melahirkan disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi. Akan tetapi Anda sendiri menjadi bimbang dan takut. Apalagi Anda akan mengalami masa terbaik bagi seorang ibu yakni menyusui. Dengan demikian Anda juga perlu meminta pendapat dari pasangan soal keputusan Anda untuk menggunakan alat kontrasepsi.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Menurut pakar kesehatan, terdapat beberapa alat kontrasepsi yang bisa digunakan tanpa perlu takut akan efek samping yang timbul terhadap produksi ASI. Namun tentu saja harus sesuai resep dan juga saran dari dokter, ya.

Berikut ini beragam alat kontrasepsi yang dapat dipakai selama Anda menjalani masa menyusui si buah hati.

Alat Kontrasepsi dengan Suntikan Berkala

Metode suntikan ini dianggap lebih baik dengan alat kontrasepsi lainnya. Hal itu disebabkan karena Anda hanya perlu melakukan proses suntikan secara berkala oleh para praktisi kesehatan. Dimana Anda akan diberikan kesempatan untuk memilih jangka waktu tertentu sebelum Anda melakukan proses suntik.

Biasanya terdapat jangka waktu tertentu seperti satu bulan sekali, tiga bulan dan bahkan enam bulan sekali. Soal keamanan terhadap bayi yang menyusui, metode ini tidak akan memberikan efek samping. Hal itu terjadi karena suntikan tersebut hanya berisi hormon progesteron. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan yakni soal kesuburan yang terkadang sulit untuk kembali normal. Dimana setidaknya Anda membutuhkan satu tahun untuk proses pemulihan supaya kembali normal seperti biasa.

Alat Kontrasepsi Implan

Alat kontrasepsi selanjutnya adalah implan, dimana alat ini tidak berupa suntikan langsung ke dalam tubuh melainkan hormon progesteron yang ditempatkan di bagian bawah lengan atas. Masa berlaku alat kontrasepsi ini dapat bertahan dan mencegah kehamilan selama kurang lebih 3 tahun.

Dengan demikian Anda akan melalui masa menyusui tanpa adanya kekhawatiran hamil dalam waktu tertentu. Anda dapat mendapatkan bantuan dari praktisi kesehatan untuk memakai alat kontrasepsi ini dengan segera.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Alat Kontrasepsi Bentuk Patch

Patch atau koyo menjadi salah satu inovasi alat kontrasepsi. Dimana Anda diharuskan untuk menempel koyo ini selama kurang lebih satu minggu pada salah satu bagian tubuh Anda. Tepatnya di bagian punggung, perut, lengan dan bokong.

Alat kontrasepsi ini akan lebih baik digunakan setelah enam minggu setelah Anda melakukan proses melahirkan, karena koyo KB ini mengandung hormon estrogen yang dikhawatirkan dapat mengganggu produksi ASI.

Alat Kontrasepsi Berbentuk Pil

Pil KB menjadi salah satu alat pencegah kehamilan yang sudah terkenal sejak dulu. Dimana alat kontrasepsi berbentuk pil ini memiliki dua macam golongan, yakni pil mini yang mengandung hormon progesteron. Kemudian pil kombinasi yang mengandung hormon progesteron dan estrogen.

Pil KB yang mengandung hormon estrogen tidak dianjurkan untuk Anda pilih, setidaknya sampai Anda mencapai masa enam minggu pasca melahirkan. Hal itu perlu dilakukan supaya produksi ASI Anda tidak terganggu.

Maka jika Anda hendak memilih pil KB sebagai alat kontrasepsi maka Anda disarankan sebelum mencapai enam minggu untuk mengkonsumsi pil KB mini yang hanya mengandung hormon progesteron saja.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Safety of Birth Control Pills While Breastfeeding. Verywell Family. (https://www.verywellfamily.com/can-i-use-birth-control-pills-while-breastfeeding-289211)
Contraception During Breastfeeding. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/15280-contraception-during-breastfeeding)
When can I use contraception after having a baby? . NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/contraception/when-contraception-after-baby/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app