8 Pertimbangan Sebelum Melakukan Tindik (Piercing)

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Pertimbangan Sebelum Melakukan Tindik (Piercing)

Tindik atau piercing di zaman sekarang ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang. Tidak hanya pria saja yang menggunakan tindik, akan tetapi para wanita pun juga sebagian menggunakan tindik. 

Ada beberapa bagian tubuh yang ditindik seperti hidung, alis, lidah, pusar, kelamin, bahkan hingga bagian alat kelaminnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Penggunaan tindik dianggap sebagai bentuk ekspresi budaya, kesenangan maupun hanya untuk seni saja. akan tetapi penting untuk diperhatikan bagi Anda yang menyukai tindik. 

Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk memastikan bahwa tindik yang Anda gunakan tersebut aman dan tidak menimbulkan bahaya apapun bagi kesehatan Anda.

Berikut ini 8 pertimbangan yang harus Anda pertimbangkan seputar tindik maupun piercing, yaitu:

Selalu utamakan keamanan sebelum menindik

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang tindik, memperhatikan dari segi keamanan adalah yang harus Anda lakukan. Keamanan yang dimaksud yaitu dengan memperhatikan siapa yang menindik, pastikan orang tersebut adalah orang profesional. 

Kebersihan juga harus Anda jaga agar terhindarkan dari penyakit hepatitis B, tetanus, hepatitis C, HIV dan penyakit lain.

Anda harus tahu siapa yang akan menindik

Anda harus mengetahui siapa yang nantinya akan menindik Anda. Perhatikan apakah orang tersebut profesional atau tidak. Untuk penindik profesional akan selalu mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik sebelum menindik, selalu menggunakan sarung tangan yang baru, peralatan tindik yang selalu disterilkan dan jarum yang digunakan sekali pakai.

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Perhatikan tempat tindik yang sesuai

Tempat tindik harus diperhatikan dengan baik untuk memastikan bahwa merasa nyaman dengan tindik yang Anda gunakan tersebut. Selain memikirkan kenyamanan, Anda pun juga harus mengetahui apakah bagian tubuh yang Anda tindik tersebut sesuai dengan usia Anda. 

Misalnya bagi anak sekolah tentunya tidak diperbolehkan jika menindik bagian tubuhnya dan yang lainnya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan pada tindik

Untuk menghindari infeksi pada bagian tubuh yang Anda tindik, cara yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan. 

Perawatan yang harus Anda lakukan setelah melakukan tindik yaitu dengan selalu mencuci tangan saat Anda ingin menyentuh area tubuh yang di tindik, merendam tindik menggunakan air garam, jangan terlalu sering menyentuh area tubuh yang di tindik dan yang lainnya.

Anda harus tahu bagaimana penyembuhan luka akibat tindik

tindik yang tidak dilakukan perawatan dengan baik dapat menimbulkan luka hingga infeksi. Anda harus mengetahui bagaimana cara mengobati luka infeksi akibat tindik. Biasanya infeksi tidak hanya menimbulkan rasa nyeri saja, akan tetapi juga muncul nanah dengan bau yang amis atau busuk.

Perhatikan bahan-bahan yang digunakan

Bahan-bahan yang digunakan untuk menindik tubuh memang tidaklah sedikit. Meskipun Anda bukan pakar tindik, namun Anda harus mengetahui apa saja peralatan dan bahan-bahan yang digunakan untuk menindik. 

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Penggunaan pin, cincin maupun perhiasan yang bebas nikel dapat mengurangi infeksi dan alergi. Penggunaan perhiasan yang tipis dan kecil dengan kualitas rendah bisa berpindah tempat.

Pertimbangkan anatomi sebelum memasang tindik

Mempertimbangkan anatomi tubuh perlu diperhatikan karena tidak semua area tubuh memiliki permukaan kulit yang dapat di tindik.

Sesuaikan dengan gaya hidup

Penting untuk Anda perhatikan untuk menyesuaikan penggunaan tindik dengan gaya hidup. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan hal ini sebelum memasang tindik.

Penggunaan tindik sering kali menimbulkan infeksi sprit terjadinya pendarahan, mengalami robek pada kulit, menimbulkan alergi dan menimbulkan luka yang sering kali muncul di area tubuh yang di tindik.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Body piercing in adolescents and young adults. UpToDate. (Accessed via: https://www.uptodate.com/contents/body-piercing-in-adolescents-and-young-adults)
What to Know Before You Get Your Ears Pierced. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/ear-piercing-1069162)
Safe Piercing FAQ - Association of Professional Piercers. The Association of Professional Piercers. (Accessed via: https://www.safepiercing.org/safe_piercing_faq.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app