Makanan dan Diet Sehat

8 Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
8 Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari tidak hanya berpengaruh pada berat badan tetapi juga akan sangat mempengaruhi kesehatan organ tubuh, termasuk kesehatan kulit. Diet yang tidak sehat akan membawa dampak buruk pada kesehatan kulit sehingga menjadi kendur dan nampak tua.

Oleh karena itu, tak hanya perawatan kulit dengan produk kecantikan tertentu yang perlu diperhatikan, asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi pun tidak kalah penting. Untuk menghindari tanda penuaan di kulit, seperti munculnya garis halus atau jerawat di wajah, menumpuknya sel kulit mati, atau tanda kerusakan kulit lainnya, maka Anda perlu memperhatikan pula jenis makanan yang dikonsumsi. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Garis Halus dan Keriput di Wajah

8 Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Setiap orang tentunya mendambakan kulit sehat yang terlihat cerah, halus, dan lebih awet muda. Namun buang jauh dambaan memiliki kulit seperti itu bila kebiasaan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kurang sehat tak juga ditinggalkan.

Memang perawatan dari luar seperti pemakaian tabir surya, krim anti penuaan, eksfoliasi, dan beragam jenis perawatan kecantikan lainnya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Namun asupan dari dalam memiliki pengaruh yang lebih besar bagi kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan demikian, perhatikan dengan benar asupan harian makanan sehari-hari dengan mengonsumsi beragam makanan terbaik untuk kulit sehat berikut ini dan mulai beralih menuju gaya hidup yang lebih sehat.

1. Ikan berlemak

Jenis ikan berlemak tinggi seperti salmon, makarel, dan tuna merupakan salah satu jenis makanan terbaik bagi kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap kencang, lembap, dan awet muda. Bahkan dengan mengonsumsi ikan sarden dapat melembapkan dan menghaluskan kulit, mengurangi peradangan seperti pada kulit berjerawat dan kulit sensitif terhadap sinar UV serta mengurangi peradangan akibat stretchmark.

Selain itu, ikan berlemak juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, serta mengandung vitamin E dan mineral zinc yang berperan penting dalam produksi sel kulit baru, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

2. Brokoli

Brokoli tinggi akan kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan kulit, terutama kandungan vitamin C dan kalsium yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, sayuran yang banyak berasal dari daerah Laut Tengah ini juga mengandung lutein dan karotenoid yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit kering dan keriput.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bahkan berdasarkan hasil beberapa penelitian, diketahui bahwa brokoli mengandung senyawa khusus yang disebut dengan sulforaphane. Suatu senyawa yang memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan, seperti memiliki efek anti-kanker, mampu menetralisir radikal bebas berbahaya, hingga mampu mengaktifkan sistem perlindungan di dalam tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, serat, dan beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi banyak fungsi tubuh, termasuk kesehatan kulit. Menariknya lagi, buah alpukat mengandung senyawa unik, yakni Polyhydroxylated Fatty Alcohols (PFAs) yang mampu melawan peradangan, melindungi kulit dari bahaya sinar UV, dan membantu memperbaiki DNA yang rusak di sel kulit. Hal ini tentunya akan membantu menjaga elastisitas kulit termasuk kandungan vitamin E dan sumber lemak sehat yang terkandung di dalamnya.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang begitu penting bagi kesehatan kulit. Walnut, flaxseeds, dan biji bunga matahari adalah beberapa contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik untuk dikonsumsi. Jenis sumber makanan ini begitu kaya akan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega 6, vitamin E dan vitamin C, mineral seng dan selenium, protein, serta asam linoleat yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat sekaligus mengandung antiokisdan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Baca juga: Cara Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

5. Ubi jalar

Ubi jalar yang merupakan salah satu jenis makanan yang banyak ditemukan di Indonesia ini nyatanya memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan kulit. Ubi jalar menjadi sumber beta-karoten yang sangat baik dan mampu bertindak sebagai tabir surya alami guna melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari sekaligus memberikan kontribusi untuk tampilan kulit yang lebih sehat secara keseluruhan. Selain itu, ubi jalar juga menjadi sumber vitamin A yang dapat membantu membentuk sel kulit baru dan menghilangkan bekas luka.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

6. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang termasuk dalam sumber antioksidan dan terbukti dapat mengurangi kerutan, meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, melindungi kulit dari kulit kering dan bahaya sinar UV, bahkan dapat membantu mencegah perkembangan beberapa jenis kanker kulit. Pada wanita pascamenopause, berbagai kandungan yang terdapat di dalam kedelai termasuk mineral zinc juga diketahui dapat membantu memperbaiki masalah kulit kering dan meningkatkan kolagen sehingga kulit akan tetap halus dan nampak muda

7. Tomat

Buah tomat termasuk ke dalam daftar makanan terbaik untuk kulit sehat karena tomat merupakan sumber vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama termasuk betakaroten, lutein, dan likopen yang sudah tentu dapat menjadi andalan dalam menjaga kesehatan kulit. Walau begitu karotenoid membutuhkan lemak untuk dapat diserap oleh tubuh sehingga perlu dipastikan untuk memadukan tomat dengan makanan berlemak seperti keju, minyak zaitun atau ikan-ikan berlemak seperti salmon maupun tuna. Likopen (lycopene) juga berguna sebagai tabir surya alami dalam mencegah paparan sinar matahari yang berlebihan.

8. Paprika

Paprika merah maupun kuning mengandung senyawa beta-karoten dan vitamin C yang tinggi di mana keduanya merupakan antioksidan penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk memproduksi kolagen, suatu protein struktural yang diperlukan tubuh guna memelihara keremajaan dan elastisitas kulit.

Baca juga: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan

Beberapa makanan terbaik untuk kulit sehat lainnya berdasarkan rekomendasi para ahli di antaranya dark chocolate, kaldu tulang, rempah-rempah, minyak zaitun, teh hijau, yoghurt, dan beberapa jenis sayuran dan buah-buahan lain seperti bayam, buah delima, wortel, kiwi, dan mangga yang mengandung banyak nutrisi. Pastikan juga untuk menghadirkan berbagai jenis makanan tersebut ke dalam menu makanan sehari-hari demi menunjang kesehatan kulit.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
23 Foods That Are Good For Your Skin. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/23-foods-good-skin/)
12 foods scientifically proven to boost skin health. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322986)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app