Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Kunyit untuk Tubuh

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 2.059.966 orang

Manfaat Kunyit untuk Tubuh

Kunyit  (Curcuma longa) adalah bumbu yang berasal dari tanaman kunyit. Pada kebanyakan orang khususnya orang Asia menggunakan bumbu ini sebagai bahan utama untuk membuat kari. Bumbu ini umumnya memiliki rasa yang hangat dan pahit. Kunyit memiliki akar yang biasanya digunakan untuk membuat obat. Akar pada kunyit ini berisi zat kimia berwarna kuning yang disebut curcumin, yang sering digunakan untuk mewarnai makanan dan kosmetik.

Menurut jurnal dari American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai macam sifat antioksidan, antivirus, antibakteri, antijamur, antikanker, dan anti peradangan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kunyit juga mengandung banyak nutrisi sehat seperti protein, serat makanan, niasin, vitamin C, vitamin E, vitamin K, potasium, kalsium, tembaga, besi, magnesium dan seng. Karena banyaknya kandungan baik yang terdapat didalamnya, kunyit sering digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Kunyit dapat mencegah kanker

Kunyit dapat membantu mencegah kanker prostat, menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang ada dan bahkan dapat menghancurkan sel kanker tersebut. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa komponen aktif dalam kunyit menjadikannya salah satu pelindung terbaik terhadap tumor akibat radiasi.

2. Kunyit untuk mengontrol penyakit Diabetes

Kunyit bisa digunakan dalam pengobatan diabetes dengan cara mencukupi kadar insulin dalam darah. Kunyit juga dapat memperbaiki kontrol glukosa dan meningkatkan efek obat yang digunakan untuk mengobati diabetes.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Manfaat lain yang signifikan adalah kunyit mempunyai efek baik dalam membantu mengurangi resistensi insulin, yang dapat mencegah timbulnya diabetes tipe-2. Namun bila dikombinasikan dengan penggunaan obat diabetes, mengkonsumsi kunyit bisa menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah). Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi kunyit.

3. Kunyit dapat meringankan nyeri pada persendian

Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian (misalnya sendi kaki dan tangan). Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada kunyit sangat bagus untuk mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Selain itu, sifat antioksidan yang dimiliki kunyit dapat menghancurkan radikal bebas di tubuh. Ditemukan beberapa bukti bahwa orang yang menderita rheumatoid arthritis dan mengkonsumsi kunyit secara teratur mengalami banyak perbaikan pada nyeri sendi mereka.

4. Kunyit dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam darah

Penelitian telah membuktikan bahwa hanya menggunakan kunyit sebagai bumbu makanan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan masalah yang serius pada kesehatan. Mempertahankan tingkat kolesterol yang normal dapat mencegah banyak penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Kunyit dapat menyembuhkan luka

Kunyit adalah agen antiseptik dan antibakteri alami yang dapat digunakan sebagai desinfektan yang efektif. Jika Anda memiliki luka atau luka bakar, Anda bisa menaburkan bubuk kunyit ke daerah yang terkena luka tersebut untuk mempercepat proses penyembuhan.

Kunyit juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan bisa digunakan untuk mengobati peradangan pada kulit.

6. Kunyit dapat meningkatkan kekebalan imun

Kunyit mengandung zat yang dikenal sebagai lipopolisakarida, yang dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh Anda. Agen antibakteri, antiviral dan antijamur yang terkandung didalamnya juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mengurangi kemungkinan terserangnya penyakit seperti flu dan batuk. Jika Anda terkena batuk atau flu, campurkanlah satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat dan minumlah satu kali sehari.

7. Kunyit dapat membantu dalam penurunan berat badan

Bubuk kunyit bisa sangat membantu dalam menjaga berat badan ideal. Komponen yang terkandung di dalam kunyit dapat membantu meningkatkan aliran empedu. Meningkatnya aliran empedu merupakan komponen penting dalam pemecahan lemak makanan.

Mereka yang ingin menurunkan berat badan atau mengobati obesitas bisa menggunakan kunyit sebagai pilihan.

8. Memperbaiki masalah pada pencernaan

Banyak komponen yang terkandung didalam kunyit yang dapat merangsang kandung empedu untuk menghasilkan cairan empedu, yang dapat memperbaiki masalah pada pencernaan dan mengurangi gejala kembung pada perut.

Selain itu, kunyit juga sangat membantu dalam mengobati sebagian besar penyakit radang usus besar. Namun penting diingat bahwa orang-orang yang menderita penyakit kandung empedu tidak boleh mengkonsumsi kunyit sebagai suplemen makanan karena dapat memperburuk kondisi kantung empedu.

9. Kunyit dapat mencegah penyakit pada hati atau liver

Kunyit adalah sejenis detoksifikasi alami pada hati. Hati mendetoksifikasi darah melalui produksi enzim dan kunyit meningkatkan produksi enzim ini. Enzim ini dapat memecah dan mengurangi racun dalam tubuh. Kunyit juga dipercaya bisa memperbaiki sirkulasi darah.

Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki kunyit, menambahkan kunyit pada makanan Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Namun, kunyit sebaiknya tidak digunakan oleh orang-orang dengan batu empedu atau obstruksi empedu.

10. Kunyit mampu mencegah penyakit Alzheimer

Peradangan otak diduga menjadi salah satu penyebab utama gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer. Kunyit mendukung kesehatan otak secara keseluruhan dengan membantu menghilangkan plak di otak dan memperbaiki aliran oksigen. Hal ini juga dapat mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Selamat mencoba.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini