7 Cara Alami Putihkan Ketiak Hitam

Untuk menghindari kulit ketiak yang menghitam akibat faktor-faktor diatas, terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan kulit ketiak yang kusam dan gelap. Apa saja? Simak tipsnya dibawah ini.
Dipublish tanggal: Agu 27, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Mar 15, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Cara Alami Putihkan Ketiak Hitam

Meskipun bukan menjadi suatu tanda dari penyakit tertentu, ketiak hitam merupakan hal yang paling dihindari setiap orang. Memiliki kulit ketiak yang gelap sangat mengganggu penampilan Anda, misalnya ketika Anda memakai pakaian tanpa lengan

Kondisi ini malah akan menurunkan kepecayaan diri Anda untuk tetap berpenampilan menarik. 

Iklan dari HonestDocs
Korean Whitening Infusion di Reface Clinic

Korean Whitening Infusion merupakan perawatan yang berguna untuk menjadikan kulit wajah dan tubuh menjadi lebih putih dan cerah

Korean whitening infusion di reface clinic

Ketiak hitam yang Anda alami biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan mencukur, penggunaan wax pencabut bulu yang mengandung bahan kimia, penumpukan kulit mati, kulit ketiak yang jarang bernapas, dan penggunaan deodoran dengan bahan dasar alkohol. 

Menghitamnya kulit ketika merupakan reaksi yang terjadi akibat dari paparan terhadap suatu elemen tertentu, sama seperti paparan sinar UV yang menyebabkan kulit berwarna coklat

Untuk menghindari kulit ketiak yang menghitam akibat faktor-faktor diatas, terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan kulit ketiak yang kusam dan gelap. Apa saja? Simak tipsnya dibawah ini. 

Eksfoliasi 

Salah satu penyebab kulit ketiak menghitam adalah karena adanya penumpukan kulit mati pada ketiak Anda. Untuk mencerahkan kulit ketiak, Anda bisa menggunakan scrub dan lulur alami untuk mengangkat kulit yang kusam akibat sel-sel kulit mati. 

Dengan scrub alami, Anda bisa mencerahkan kulit pada area sensitif tubuh, termasuk ketika. Cara menggunakan scrub sangat mudah, Anda cukup menggosok area ketiak secara perlahan agar tidak menimbulkan iritasi dan pembengkakan

Untuk membantu menggosok kulit, Anda bisa menggunakan loofah atau sabut mandi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

Dibawah ini adalah cara membuat masker alami yang bisa Anda lakukan dirumah: 

  • Campurkan air hasil perasan lemon dengan gula pasir secukupnya sampai campuran tersebut mengental. Oleskan pada ketiak dan biarkan mengering selama 10 menit. Lalu, gosok ketika Anda dengan lembut menggunakan jemari agar kulit mati dapat terangkat. Lakukan hal ini selama 5 menit, kemudian bilas ketiak Anda dengan air hangat dan oleskan pelembap. 
  • Dengan cara yang sama, buatlah masker dengan bahan dasar madu, jus lemon dan bubuk kacang. Aplikasikan pada kulit ketiak seperti menggunakan masker lemon diatas. 

Sari kentang 

Tidak hanya berguna sebagai bahan pangan, kentang juga dapat membantu Anda mencerahkan kulit ketiak secara alami. Kentang mampu mengatasi kulit ketiak hitam karena memiliki keasaman yang mampu mejadi pemutih alami kulit. 

Sari kentang merupakan pemutih alami yang tidak menimbulkan iritasi daripada produk pemutih kulit yang lain. Bagaimana cara membuatnya? 

  • Potonglah kentang seukuran genggaman tangan Anda, kemudia gosokkan langsung pada kulit ketiak. Lakukan treatment ini rutin setiap hari, terutama sebelum tidur. 
  • Gunakan sari kentang sebagai masker, lalu oleskan pada ketika selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah masker sari kentang minimal dua kali sehari untuk hasil terbaik. 

Jus lemon 

Jus yang menyegarkan ini ternyata memiliki bahan pemutih alami dan kaya akan zat antiseptik. Lemon juga dikenal sebagai obat alami penawar berbagi masalah kulit. 

  • Irislah lemon seukuran dengan genggaman tangan dan gosokkan langsung pada ketika. Lakukan perawatan ini setiap hari, terutama sebelum tidur. 
  • Sari lemon juga bisa Anda gunakan sebagai masker yang ditambahn dengan gula pasir. Oleskan masker ini pada ketika selama 10 menit. Lalu bilas ketiak dan keringkan. Lakukan minimal empat kali seminggu untuk hasil terbaik. 

Larutan baking soda 

Selain sebagai agen pemutih, baking soda juga dapat menghilangkan bau badan dan membuka pori-pori di ketiak untuk melepas racun dari dalam tubuh. 

  • Buatlah masker dari baking soda dan sedikit air, kemudian oleskan masker pada kulit ketiak dan gosok perlahan dengan jari Anda. 
  • Cairkan baking soda, oleskan pada ketiak, tunggu sampai mengering. Kemudian bilas sampai bersih. 

Irisan timun

Pelengkap makanan ini dapat mencerahkan kulit ketiak karena memiliki kadar keasaman yang berfungsi sebagai agen pemutih ringan bagi kulit Anda. 

  • Ambillah irisan timun, kemudian gosokkan pada kulit ketiak. 
  • Gunakan timun yang sudah ditumbuk, oleskan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit. Kemudia bilas ketika sampai bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut. Lakukan prosedur ini minimal dua kali sehari untuk hasil yang maksimal. 

Kulit jeruk 

Sama seperti lemon, kulit jeruk memiliki agen pemutih dan exfoliator alami yang mampu mengatasi kulit ketiak yang menghitam. 

  • Keringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari, kemudian blender sampai halus agar menghasilkan bubuk kulit jeruk.
  • Campur bubuk kulit jeruk dengan air mawar dan susu. Aduk campuran sampai merata, oleskan pada ketiak, dan biarkan mengering selama 10 menit. Lalu, gosok perlahan dan bilas dengan air hangat. 

Minyak kelapa atau zaitun 

Dua minyak ini memeliki kandungan vitamin E yang efektif untuk memutihkan kulit kusam. Anda dapat memutihkan kulit ketiak dengan: 

  • Mengoleskan minyak pada kulit dan pijat merata selama 10 menit. Lalu, bilas ketiak dengan air hangat. Lakukan treatment ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 
  • Campur minyak zaitun dengan gula pasir, lalu lakukan hal yang sama seperti cara pertama. 

32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Muncul Jerawat di Ketiak? Berikut Cara Menanganinya
Muncul Jerawat di Ketiak? Berikut Cara Menanganinya

Jika Anda mengalami permasalahan ini dan ingin mengobatinya, di bawah ini adalah beberapa cara alami yang aman yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi peradangan.

Buka di app