6 Suplemen Terbaik Untuk Menambah Massa Otot

Suplemen tertentu dapat membantu Anda memenuhi tujuan tersebut.6 suplemen yang tercantum di bawah ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak massa otot dengan program olahraga Anda.
Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Suplemen Terbaik Untuk Menambah Massa Otot

Salah satu manfaat penting olahraga adalah mendapatkan otot dan kekuatan. Memiliki jumlah otot yang sehat memungkinkan Anda untuk melakukan yang terbaik selama berolahraga dan kehidupan sehari-hari.

Tiga kriteria utama harus dipenuhi untuk mendapatkan otot maksimal yaitu dengan:

Iklan dari HonestDocs
Beli Vitamin & Suplemen via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 13
  • makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar
  • mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang Anda hancurkan
  • program latihan yang melatih otot

Meskipun dimungkinkan untuk memenuhi semua kriteria ini tanpa mengonsumsi suplemen makanan, Suplemen tertentu dapat membantu Anda memenuhi tujuan tersebut.

6 suplemen yang tercantum di bawah ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak massa otot dengan program olahraga Anda.

1. Creatine

Creatine adalah molekul yang diproduksi secara alami di tubuh Anda. Kegunaan dari creatine adalah untuk memberikan energi pada otot dan jaringan lainnya.

Namun, mengkonsumsi creatine sebagai suplemen makanan dapat meningkatkan konten kreatin otot hingga 40% di luar tingkat normalnya. Creatine mempengaruhi sel-sel otot dan kinerja latihan, yang mendorong pertumbuhan otot. 

Faktanya, sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa creatine dapat meningkatkan kekuatan otot. 

Creatine juga dapat meningkatkan kadar air dalam sel otot Anda, yang dapat menyebabkan sel-sel otot sedikit membesar dan menghasilkan sinyal untuk pertumbuhan otot.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Selain itu, suplemen ini dapat meningkatkan kadar hormon yang terlibat dalam pertumbuhan otot, seperti IGF-1.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kreatin dapat mengurangi pemecahan protein di otot Anda. 

Secara keseluruhan, banyak peneliti telah mempelajari suplemen creatine dan berolahraga, dan satu hal yang jelas adalah bahwa creatine dapat membantu meningkatkan massa otot.

2. Suplemen Protein

Mendapatkan protein yang cukup sangat penting untuk mendapatkan otot.Khususnya, untuk mendapatkan otot, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang tubuh Anda  hancurkan melalui proses alami.

Ada banyak suplemen protein yang tersedia, tetapi beberapa yang paling populer adalah whey, kasein, dan protein kedelai. Suplemen protein lainnya mengandung protein yang diisolasi dari telur, daging sapi, ayam, atau sumber lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan protein ekstra melalui suplemen dapat menimbulkan penambahan otot. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Banyak orang bertanya-tanya berapa banyak protein yang perlu dikonsumsi setiap hari. 

Jika Anda adalah seseorang yang sedang berusaha menambah massa otot, 0,5-0,9 gram protein per pon (1,2-2,0 gram per kg) dari berat badan mungkin adalah rekomendasi yang terbaik.

3. Penambah Berat Badan

Penambah berat badan adalah suplemen yang dirancang untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak kalori dan protein. Suplemen ini biasanya digunakan oleh individu yang berjuang untuk mendapatkan otot.

Meskipun kandungan kalori dari suplemen penambah berat badan bervariasi, tidak jarang mereka mengandung lebih dari 1.000 kalori per sajian. 

Banyak orang mengira kalori ini berasal dari protein karena sangat penting untuk pembentukan otot. Namun, sebagian besar kalori sebenarnya berasal dari karbohidrat.

Setiap porsi suplemen berkalori tinggi ini mengandung 75–300 gram karbohidrat dan 20–60 gram protein.

Secara keseluruhan, penambah berat badan hanya disarankan jika Anda mengalami kesulitan makan makanan dan Anda merasa lebih mudah untuk mengkonsumsi penambah berat badan daripada mengkonsumsi makanan.

4. Beta-Alanine

Beta-alanine adalah asam amino yang berfungsi untuk mengurangi kelelahan dan dapat meningkatkan kinerja olahraga.

Selain itu, beta-alanine dapat membantu meningkatkan massa otot jika Anda mengikuti program olahraga.

Satu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 4 gram beta-alanine per hari selama delapan minggu, dapat meningkatkan massa tubuh.

Studi lain melaporkan bahwa menambahkan suplemen beta-alanine selama enam minggu, dapat meningkatkan massa tubuh tanpa lemak sekitar 1 pon (0,45 kg) lebih. 

Sementara penelitian lebih lanjut tentang beta-alanin dan penambahan otot dibutuhkan, suplemen ini dapat membantu mendukung penambahan otot ketika dikombinasikan dengan program olahraga.

5. Cabang Asam Amino (Branched Chained Amino Acid/BCAA)

Asam amino rantai cabang (BCAA) terdiri dari tiga asam amino, yaitu:

  • Leusin
  • Isoleusin
  • Valin

Mereka ditemukan di sebagian besar sumber protein, terutama yang berasal dari hewan seperti daging, unggas, telur, susu dan ikan.

BCAA sangat penting untuk pertumbuhan otot dan membentuk sekitar 14% dari asam amino di otot Anda. 

Hampir setiap orang mengonsumsi BCAA dari makanan setiap hari, tetapi juga sangat populer untuk mengkonsumsi BCAA sebagai suplemen.

Sejumlah kecil penelitian telah menunjukkan bahwa BCAA dapat meningkatkan penambahan otot atau mengurangi kehilangan otot. 

Suplemen BCAA hanya akan menguntungkan jika Anda tidak menkgonsumsi protein berkualitas tinggi yang cukup dalam diet Anda.

Meskipun suplemen ini mungkin bermanfaat, akan tetapi lebih banyak informasi diperlukan sebelum BCAA direkomendasikan sebagai suplemen tambahan untuk menambah massa otot.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the best muscle-building supplements?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325147)
Supplements with purported effects on muscle mass and strength. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30604177)
The 6 Best Supplements to Gain Muscle. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/supplements-for-muscle-gain)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app