HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

6 Jenis Makanan yang Patut Dihindari Sebagai Pemain Sepak Bola Profesional

Dipublish tanggal: Jul 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Jenis Makanan yang Patut Dihindari Sebagai Pemain Sepak Bola Profesional

Sepak bola adalah olahraga berbasis tim yang dimainkan dalam dua babak 45 menit dengan istirahat paruh waktu 15 menit. Sebuah tim memiliki 11 pemain di lapangan selama pertandingan - 10 pemain lapangan ditambah seorang penjaga gawang. Sebuah tim juga dapat memiliki 3 pemain pengganti. 

Selain penjaga gawang, pemain tidak dapat menggunakan tangan mereka selama pertandingan sehingga harus sangat terampil menggunakan kaki dan tubuh mereka untuk mengontrol bola saat bermain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengapa Pemain Sepakbola Profesional Membutuhkan Nutrisi yang Baik?

Sepak bola dimainkan sepanjang tahun dengan jadwal pertandingan yang cukup padat. Jadwal latihan dan pertandingan pelatihan sepak bola terdiri dari aktivitas aerobik dan anaerobik, sehingga menuntut fisik seorang atlet profesional untuk tetap prima dengan mencukupi kebutuhan nutrisi. 

Tanpa nutrisi yang baik, seorang pemain sepakbola tidak dapat menunjukan performa yang optimal.

Selama pertandingan, seorang pemain sepakbola profesional dapat menempuh jarak berlari sekitar 10 km, yang disertai dengan berakselerasi sebanyak 40-60 kali, dan sering mengubah arah. 

Pola permainan ini secara substansial dapat mengurangi simpanan bahan bakar otot (glikogen), yang dapat menyebabkan kelelahan dan menyebabkan pengurangan drastis dalam kecepatan berlari pada tahap selanjutnya. Dan tentu saja akan mempengaruhi pola permainan seorang pemain sepakbola profesional.

Selain dibutuhkan makanan yang berkualitas untuk menjaga performa dalam pertandingan, nutrisi dari sumber makanan yang baik dibutuhkan oleh seorang pemain sepak bola profesional untuk mendapatkan tubuh atletis dengan kadar lemak tubuh yang rendah. 

Dengan kadar lemak tubuh yang rendah, dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Makanan Apa Saja yang Sebaiknya Dihindari Oleh Seorang Pemain Sepakbola?

Sepak bola adalah olahraga yang sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh Anda. Makanan yang Anda makan memiliki peranan penting dalam performa dan kondisi tubuh. 

Seperti yang semua orang ketahui, makanan dengan sumber nutrisi yang tepat dapat meningkatkan performa dan kondisi tubuh, sebaliknya, makanan yang “kurang baik” juga akan membuat performa tubuh menjadi kurang baik pula. 

Berikut adalah 6 makanan yang sebaiknya dihindari/kurangi oleh seorang pemain sepakbola untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap prima. 

1. Makanan Manis:

Makanan manis seperti kue, kue kering, puding, es krim, permen, biskuit dll harus dihindari sebelum menjalani kegiatan olahraga, karena mereka dapat menyebabkan kadar gula darah naik secara cepat dan juga turun secara cepat, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kelelahan.

2. Kafein

Efek kafein bervariasi pada masing-masing orang. Beberapa orang mungkin merasa seperti memiliki lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas olahraga, sementara yang lain mungkin merasa gugup dan merasa sulit untuk berkonsentrasi, setelah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein

Apalagi asupan minuman seperti Energy Drinks dan kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Efek samping seperti mual dan sakit kepala juga dikaitkan dengan konsumsi minuman yang mengandung kafein. Air putih bening adalah minuman terbaik untuk seorang atlet.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng mengandung minyak dengan jumlah yang sangat tinggi, dibutuhkan waktu lama untuk mencerna lemak yang ada di dalamnya. 

Anda akan merasa mengantuk dan tidak dapat berkonsentrasi saat menjalani sesi latihan atau pertandingan, karena makanan yang digoreng membuat perut terasa sangat berat. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang digoreng harus dihindari sebelum berolahraga.

4. Makanan berlemak

Hindari makanan berlemak seperti daging merah, bacon, iga, sosis, burger, dan sejenisnya. Makanan seperti mayones, saus krim, dan krim salad juga harus dihindari, karena mengandung lemak yang cukup tinggi. Hindari minum susu full cream sebelum berolahraga.

5. Minuman Bersoda

Selain mengandung gula dengan kadar yang cukup tinggi, minuman bersoda dapat menyebabkan masalah lambung, ketika dikonsumsi sebelum atau setelah melakukan kegiatan olahraga apapun. Oleh karena itu, mengkonsumsi minuman bersoda merupakan larangan keras bagi seorang atlet sepak bola.

6. Makanan Olahan

Makanan yang harus dihindari adalah makanan kaleng seperti sup, spaghetti instan, mie instan, sosis instan, sarden instan dan makanan instan lainnya yang mengandung banyak sodium. 

Sodium meningkatkan penyerapan air yang dapat menyebabkan Anda merasa dehidrasi saat melakukan pertandingan. Oleh karena itu periksa label nutrisi pada kemasan makanan yang Anda konsumsi untuk memastikan makanan yang Anda makan tidak mengandung sodium yang terlalu tinggi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthy Snacks for Athletes - What You Need to Know. Drugs.com. (https://www.drugs.com/cg/healthy-snacks-for-athletes.html)
Food and drinks for sport. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/food-and-drinks-for-sport/)
9 Science-Based Ways for Athletes to Lose Weight. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/9-weight-loss-tips-for-athletes)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app