6 Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Membersihkan Paru-Paru Anda

Membersihkan paru-paru mungkin bermanfaat bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti asma, PPOK, atau fibrosis kistik. Anda juga bisa mendapat manfaat dari pembersihan paru-paru jika Anda seorang perokok berat atau harus menggunakan obat-obatan tertentu yang dihirup.
Dipublish tanggal: Jul 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Membersihkan Paru-Paru Anda

Apa itu membersihkan paru-paru?

Paru-paru melakukan banyak hal untuk kita. Meskipun sebagian besar dari kita tidak menganggap paru-paru sebagai suatu organ yang dapat kita latih, ada kemungkinan bagi kita untuk mengambil langkah-langkah untuk membantu mereka bekerja lebih baik.

Udara yang kita hirup dapat terkontaminasi dengan berbagai jenis polutan. Semuanya, mulai dari serbuk sari, bahan kimia, hingga asap rokok dapat terperangkap di udara dan masuk ke paru-paru kita.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Paru-paru kita sebagian besar merupakan organ pembersih diri, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka berfungsi pada tingkat optimal. 

Membersihkan paru-paru mungkin bermanfaat bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti asma, PPOK, atau fibrosis kistik

Anda juga bisa mendapat manfaat dari pembersihan paru-paru jika Anda seorang perokok berat atau harus menggunakan obat-obatan tertentu yang dihirup.

Ada banyak cara Anda bisa berlatih membersihkan paru-paru, termasuk membuat perubahan gaya hidup dan melakukan latihan untuk membantu mengeringkan paru-paru cairan.

1. Dapatkan pembersih udara

Mulailah membersihkan paru-paru Anda dengan meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Anda dapat membeli alat pembersih udara yang dapat ditempatkan di masing-masing kamar atau berinvestasi dalam alat pembersih rumah tangga.

2. Ubah filter rumah Anda

Seiring dengan mendapatkan pembersih udara, Anda harus mengganti semua filter di rumah Anda dan membersihkan semua ventilasi, seperti yang ada di kamar mandi atau AC atau ventilasi pemanas Anda. Pastikan untuk mengganti filter  Anda setidaknya setiap enam bulan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

3. Menghilangkan aroma buatan

Anda mungkin berpikir bahwa Anda membantu sirkulasi udara di rumah dengan menggunakan pewangi atau pengharum ruangan, lilin, atau aroma buatan lainnya. 

Namun, wewangian ini sebenarnya bisa dipenuhi dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi paru-paru Anda. 

Bahkan pembersih rumah tangga dapat menyebabkan iritasi, jadi periksalah lemari pakaian Anda dan gantilah pembersih Anda dengan produk alami jika memungkinkan.

4. Luangkan lebih banyak waktu di luar

Mendapatkan banyak udara segar dapat membantu memperluas jaringan di paru-paru Anda dan membuatnya bekerja dengan baik. Periksa perkiraan polusi di daerah Anda. 

Hindari berolahraga di luar saat jumlah polusi tinggi, dan jauhi asap dari asap sampah, kayu, atau jenis asap lainnya. Jika Anda khawatir tentang polusi atau Anda tinggal di daerah dengan polutan berat, Anda bisa mengenakan masker pembersih udara.

5. Cobalah latihan pernapasan

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan pernapasan tertentu dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama bagi orang yang merokok, pernah merokok sebelumnya atau yang memiliki kerusakan paru-paru akibat penyakit paru-paru kronis

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Terdapat alat yang dapat membantu Anda berlatih pernapasan, seperti spirometer. Perangkat semacam ini sering digunakan setelah operasi untuk membantu proses pemulihan. 

Latihan pernapasan lainnya tidak memerlukan penggunaan alat bantu. Teknik-teknik ini dapat meliputi:

  • napas bernafas
  • pernapasan perut (juga dikenal sebagai pernapasan diafragma)

Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang pilihan yang tersedia untuk Anda jika Anda seorang perokok atau memiliki kerusakan paru-paru. 

6. Berlatih perkusi

Perkusi adalah teknik yang dapat membantu mengeringkan paru-paru. Teknik ini melibatkan Anda berbaring dengan kepala menunduk dan mengetuk punggung Anda dengan ringan, dari atas ke bawah.

Banyak orang dengan cystic fibrosis atau pneumonia menggunakan perkusi dan drainase postural sebagai metode untuk mengurangi gejala. 

Punggung pasien diketuk dengan kuat dengan tangan ditangkupkan, melonggarkan sekresi, dan posisi berujung membantu sekresi bergerak ke atas dan keluar dari paru-paru.

Risiko dan peringatan

Tidak banyak penelitian yang mendukung penggunaan produk yang mengklaim dapat membersihkan paru-paru. Yang terbaik adalah mencegah kerusakan paru-paru dengan menghindari merokok, polusi, dan iritasi paru-paru lainnya. 

Beberapa produk pembersih paru-paru mungkin benar-benar membuat kondisi paru-paru tertentu lebih buruk, jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba membersihkan paru-paru tertentu.

Untuk kesehatan paru-paru yang lebih baik, Anda ingin memulai dengan pencegahan dan membuat pilihan yang sehat. Misalnya, berhenti merokok, berolahraga teratur yang sesuai dengan tingkat aktivitas Anda, dan makan makanan bergizi semua akan membantu paru-paru Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat berbicara dengan dokter Anda tentang langkah-langkah lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ueno-lio, T., Shibakura, M., Yokota, K., Aoe, M., Hyoda, T., Shinohata, R., … Kataoka, M. (2014, July 17). Lavender essential oil inhalation suppresses allergic airway inflammation and mucous cell hyperplasia in a murine model of asthma. Life Science, 108(2), 109-115 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24909715)
Raja, A. (2014, Jan-Mar). Comparison of the efficacy of laughter therapy and breathing exercises on pulmonary function among smokers. Asian Journal of Nursing Education and Research, 4(1),105-110 (http://www.indiannursingcouncil.org/pdf/1-Raja.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app