6 Cara Efektif Melindungi Kulit dari Bahaya Radiasi Sinar Matahari

Setelah mengetahui bahaya radiasi sinar matahari tersebut, tentu Anda ingin melindungi kulit Anda. Berikut ini adalah cara-cara efektif untuk membantu melindungi kulit Anda, yaitu :
Dipublish tanggal: Jun 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
6 Cara Efektif Melindungi Kulit dari Bahaya Radiasi Sinar Matahari

Aktivitas di luar ruangan, terutama yang terpapar oleh sinar matahari memang menyehatkan bagi tubuh karena membantu pembentukan vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang. Namun, terlalu lama di bawah sinar matahari juga tidak baik karena dapat merusak kulit. 

Hal tersebut dikarenakan sinar matahari terdiri dari tiga jenis sinar ultraviolet yang memiliki bahaya radiasi bagi kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Sinar ultraviolet tersebut adalah UV A, UV B dan UV C. UV C adalah yang paling berbahaya karena memiliki tingkat radiasi paling tinggi.  Namun Anda tidak perlu khawatir, karena UV C terhalang oleh lapisan ozon sehingga tidak langsung terpapar ke kulit. 

Sedangkan UV A dan UV B adalah sinar ultraviolet yang akan terpapar mengenai kulit.

Radiasi sinar UV A dan UV B juga memiliki dampak negatif bagi kulit, yaitu dapat menyebabkan rasa terbakar, perih, pigmentasi kulit, penuaan dini, munculnya komedo, bintik hitam, kulit kasar dan kusam serta kanker kulit.

Bagaimana cara melindungi kulit Anda dari bahaya radiasi sinar matahari ?

Setelah mengetahui bahaya radiasi sinar matahari tersebut, tentu Anda ingin melindungi kulit Anda. Berikut ini adalah cara-cara efektif untuk membantu melindungi kulit Anda, yaitu  :

Pilih jenis pakaian yang tepat.

Jika Anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan, pilihlah jenis pakaian yang menutupi tubuh Anda. Pakaian seperti lengan panjang, celana panjang atau rok panjang dapat melindungi kulit Anda. Selain itu, pilih pakaian yang longgar dan menyerap keringat. 

Hal tersebut akan lebih terasa nyaman karena saat panas,  pakaian tidak lengket dan menempel pada kulit tubuh. Pilih juga pakaian dengan warna yang lebih terang dan hindari warna gelap apalagi hitam, karena lebih cepat menyerap panas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Pakailah tabir surya.

Untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari, Anda dapat menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 dan anti air. 

Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan  tabir surya tersebut 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan sehingga dapat terserap dengan baik oleh kulit dan memberikan perlindungan yang lebih optimal. Anda juga bisa mengulangi penggunaan tabir surya setelah 1 atau 2 jam apabila diperlukan.

Perhatikan waktu Anda.

Saat Anda harus bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, perhatikan waktu dan juga jamnya. Usahakan untuk menghindari jam tertentu saat matahari sangat terik, yaitu sekitar pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Karena pada jam tersebut, matahari sedang berada pada jarak terdekat dengan Bumi.

Sehingga paparan radiasi sinar UV A dan UV B juga paling tinggi pada jam tersebut. Lakukan aktivitas Anda seefektif mungkin, tidak perlu berlama-lama berada di bawah sinar matahari.

Konsumsi makanan dan minuman sehat.

Selain perlindungan dari luar, diperlukan juga perlindungan dari dalam. Kesehatan kulit Anda juga dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi. Usahakan konsumsi makanan-makanan yang sehat dan mengandung vitamin E serta antioksidan

Vitamin E akan membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit Anda. Antioksidan melindungi dari bahaya polusi serta radiasi sinar matahari. Makanan seperti Almond, buah tomat, wortel, tauge, dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Selain makanan, minuman seperti teh hijau juga mengandung antioksidan tinggi. Perbanyak pula konsumsi air putih untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Kulit yang kering akan lebih cepat terpengaruh bahaya radiasi sinar UV A dan UV B.

Gunakan payung atau topi saat berada di luar ruangan.

Pakaian yang tertutup dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari, namun tidak sepenuhnya. Maka gunakanlah payung atau topi untuk memberikan perlindungan lebih dari sinar matahari.

 Anda juga dapat mengenakan kacamata untuk melindungi mata dari sinar matahari dan menggunakan masker wajah apabila diperlukan.

Memakai perlindungan dari  sinar matahari saat berkendara.

Apabila Anda akan berkendara baik itu menggunakan mobil atau pun sepeda motor, Anda juga tetap harus memperhatikan beberapa hal. 

  • Untuk melindungi kulit Anda dari paparan radiasi sinar matahari saat sedang mengendarai mobil, sebaiknya Anda memberikan pelindung kaca mobil dengan fungsi sun protector. 
  • Untuk Anda yang berkendara menggunakan sepeda motor, kenakanlah  helm, jaket, sarung tangan, kaos kaki dan juga sepatu untuk melindungi kulit Anda. 
  • Mengenakan kacamata dan juga masker wajah saat mengendari sepeda motor juga memberikan perlindungan lebih, baik dari polusi udara maupun panas matahari yang mengenai wajah.

Jangan takut untuk beraktivitas di luar ruangan apalagi terpapar sinar matahari. Beberapa cara di atas dapat  Anda lakukan untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari. Sehingga Anda tetap dapat beraktivitas dengan nornal tanpa rasa khawatir mengenai kesehatan kulit Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Do I Protect Myself from Ultraviolet (UV) Rays?. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/healthy/be-safe-in-sun/uv-protection.html)
Skin Protection from Sun Damage. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/articles/5240-sun-damage-protecting-yourself)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app