HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

5 Langkah Wajib Dalam Merawat Kepala Botak

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Feb 21, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Langkah Wajib Dalam Merawat Kepala Botak

Seperti yang disampaikan oleh John T. Capps, seorang pendiri Bald Headed Men of America, bahwa sejatinya memiliki kepala botak sama saja dengan memiliki rambut pada umumnya, baik rambut pendek atau panjang, yaitu memerlukan perawatan.

John mengatakan kepada Huffingtonpost menyarankan supaya setiap orang yang memiliki kondisi kepala botak haruslah merawatnya dengan lebih baik, karena rambut yang sebenarnya juga berguna untuk melindungi kulit kepala. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Orang dengan kondisi kulit botak akan lebih beresiko mengalami masalah di kulit kepala seperti ruam, luka bakar hingga jerawat di kulit kepala.

Maka dari itu, John menyarankan supaya Anda yang memiliki kondisi kulit botak, untuk mengurangi resiko tadi, sebaiknya Anda menggunakan sabun serta shampoo yang berkualitas baik. Hal ini untuk memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kulit kepala botak Anda.

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit kepala Anda yang botak.

Tetap menggunakan shampo

David Alexander, yang merupakan seorang ahli perawatan rambut pria juga mengatakan hal yang sama seperti pendapat John, dalam tulisannya di menshair.about.com, David mengungkapkan bahwa orang dengan kondisi kepala botak juga tetap perlu menggunakan shampo untuk merawatnya. Apa alasannya ?

Salah satu tukang cukur ternama di Hollywood ini, David mengatakan bahwa shampo bisa menghilangkan kotoran serta minyak yang ada pada kulit kepala dan membuat kulit kepala Anda menjadi lebih sehat, termasuk juga untuk kepala botak. 

Selain itu, keramas menggunakan shampo sebelum mencukur rambut-rambut kecil Anda juga akan membantu membuat cukuran lebih mudah. Dengan keramas menggunakan shampo, otomatis Anda juga akan memijat kulit kepala yang dimana pijatan lembut tersebut dapat melancarkan sirkulasi serta aliran darah ke kulit kepala Anda yang botak.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Ruth Brush (seorang manajer salon Great Clips yang berlokasi di Kansas, Amerika Serikat) seperti dimuat dalam stbaldricks.com, juga merekomendasikan Anda yang berkepala botak untuk tetap menggunakan shampo agar kulit kepala tetap sehat dan terawat.

Ruth mengatakan bahwa kondisi kulit kepala tidak sama dengan kondisi kulit lainnya di tubuh Anda. Kulit kepala akan membutuhkan penanganan dan perawatan khusus. Maka, menggunakan shampo untuk merawat dan menjaga kepala tetap bersih serta lembab merupakan hal yang penting.

Bercukur tiap selesai mandi

Waktu terbaik untuk bercukur rambut kepala yang botak adalah tepat ketika Anda selesai mandi. Mengapa demikian ? Karena kulit kepala akan menjadi lebih halus dan lembut. 

Demikianlah yang dipaparkan oleh Doris Day, M.D., seorang ahli ilmu penyakit kulit dari Lenox Hill Hospital New York, Amerika Serikat, ketika mengatakan pada WebMD.

Caranya yang disarankan oleh Doris adalah bercukurlah di depan kaca terutama jika Anda pemula. Mulai bercukur di area yang bisa dilihat serta mudah dicukur (bagian depan/samping). Kulit kepala memiliki lengkungan/benjolan yang mungkin membuat tidak nyaman ketika bercukur dan bagian tertentu yang tak bisa dilihat.

Jagalah kelembaban kulit kepala

Kelembaban kulit kepala perlu dijaga, juga setelah bercukur guna menghindari risiko iritasi.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

David juga menyarankan untuk menggunakan pelembab di kulit kepala setiap pagi hari untuk melindunginya dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit kepala kering.

David juga mengatakan bahwa menjaga kelembaban kulit kepala penting agar tetap terlihat segar dan sehat. Banyak pria lupa langkah ini setelah mereka mencukur rambut kepalanya.

Jaga kulit kepala agar tetap terhidrasi

Melanie T. dari salon Best Cuts di Eastlake, Ohio, Amerika Serikat menyarankan agar menggunakan minyak tertentu untuk kulit kepala agar tetap terhidrasi, bukan hanya terjaga kelembabannya, misalnya seperti minyak jojoba, minyak kelapa, dan tea-tree oil.

Melanie menuturkan bahwa Anda sebaiknya menggunakan lotion ataupun minyak dalan rangka menjaga kulit kepala tetap terhidrasi dengan baik, terutama jika Anda tinggal di daerah yang bersuhu dingin dan membuat kulit tubuh menjadi kering.

Kenakanlah topi/ tabir surya ketika Anda bepergian

Untuk melindungi kulit kepala Anda dari paparan sinar matahari ketika bepergian, sebaiknya Anda mengenakan topi atau juga bisa dengan mengaplikasikan krim SPF 30 untuk kulit kepala Anda.

48 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Williams V. (2017). Mayo Clinic minute: Treatment for hair loss in women. (https://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/mayo-clinic-minute-treatment-for-hair-loss-in-women/)
Wallace TC. (2018). Health effects of coconut oil: A narrative review of current evidence. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103%2F0974-7753.188040)
Trueb RM. (2016). Serum biotin levels in women complaining of hair loss. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4989391/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app