HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

5 Kebiasaan Ini Bikin Payudara Cepat Kendur

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Kebiasaan Ini Bikin Payudara Cepat Kendur

Payudara tidak selamanya kencang dan padat. Ada saatnya payudara menjadi kendur atau tidak kencang lagi. Faktor-faktor alami yang menyebabkan payudara kendur antara lain adalah umur dan menyusui bayi. Dua faktor ini berkontribusi terhadap hilangnya elastisitas kolagen, jaringan ikat yang menentukan tingkat kekenyalan kulit Anda. Payudara turun juga bisa karena faktor genetika. Jika ibu Anda memiliki bentuk payudara turun, ada kemungkinan bentuk payudara pun demikian. 

Nah, itu adalah faktor-faktor alami yang membuat bentuk payudara berubah. Ini tidak bisa dihindari, tentu saja. Tapi di luar faktor alami, ada juga faktor non-alami, yaitu kebiasaan sehari-hari,  yang bisa membuat payudara kempis dan turun. Inilah kebiasaan, yang menurut University of California Los Angels dapat membuat payudara mengalami ‘penuaan dini’.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

5 Kebiasaan Ini Bikin Payudara Cepat Kendur

1. Diet yoyo 

Diet yoyo, seperti namanya, adalah jenis diet tarik ulur. Beberapa saat Anda diet ketat, kemudian lepas bebas makan apa aja. Diet yoyo menyebabkan berat badan berfluktuasi dengan cepat. “Fluktuasi seperti ini membuat jaringan payudara menjadi cepat kendur,” kata Michael Edwards, MD, seorang ahli bedah payudara dan presiden dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

2. Merokok

Bahaya rokok ternyata dapat ‘merambah’ hingga ke payudara. “Rokok melemahkan jaringan elastisitas kulit dengan cara mengurangi suplai darah ke permukaan kulit," kata Edwards.

3. Tidak menggunakan tabir surya

Paparan sinar matahari di  wajah Anda yang tidak dilapisi tabir surya dapat menyebabkan keriput dini. Hal yang sama akan terjadi pada payudara yang tidak dilindungi tabir surya. Kolagen akan rusak  sehingga payudara akan terlihan lebih turun. 

4. Menggunakan bra yang tidak pas

Setiap kali Anda bergerak, semakin banyak tekanan atau stres yang dialami kulit dan kolagen. Karena itu, Anda membutuhkan alat penopang  atau bra yang baik dan suportif. Hindari memakai lingerie karena daya dukungnya kurang kuat.  Pilihlah bra yang ukurannya pas, baik cup, side band maupun talinya. Jika payudara Anda berukuran besar, pilih bra berkawat dengan tali yang lebar.

5. Olahraga high-impact

Olahraga high impact seperti lari dan melompat sangat baik untuk jantung Anda. Tapi, di saat yang bersamaan dapat merusak jaringan kolagen. Tapi, jangan berhenti berlari karena manfaat sehatnya lebih banyak daripada kerugiannya. Gunakan saja bra olahraga yang tepat yang dapat membantu membatasi gerakan payudara sehingga tidak berayun ke atas dan ke bawah dengan keras ketika Anda bergerak, nasehat Alyssa Dweck, dokter kebidanan dan kandungan di Mt. Kisco, New York dan penulis buku V Is for Vagina.  

Pastikan juga Anda mengonsumsi suplemen vitamin C karena dapat membantu tubuh Anda memroduksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Atau, lebih baik lagi, konsumsilah vitamin A, C, E dari sumber alaminya.

Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan yang rasanya masam seperti kelompok buah beri, jeruk, delima, kiwi, mangga, dan apel.  Vitamin A banyak terdapat di buah-buahan atau sayur berwarna merah  dan oranye seperti tomat, wortel, bayam, cabai merah, papaya,buah naga, semangka, umbi-umbian dan sereal.

Sedangkan vitamin E ada di dalam kacang-kacangan, biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau. 
Semua jenis vitamin lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 benefits of vitamin E oil. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318168.php)
Sagging breasts: Inevitable after breast-feeding?. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/expert-answers/sagging-breasts/faq-20058322)
Causes and Prevention of Sagging Breasts. Verywell Family. (https://www.verywellfamily.com/does-breastfeeding-cause-saggy-breasts-431780)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Tips Merawat Payudara dan Ciri Payudara Sehat
Tips Merawat Payudara dan Ciri Payudara Sehat

Bagaimanakah cara untuk merawat payudara agar tetap sehat? Berikut ini adalah tips untuk merawat payudara agar tetap sehat dan juga ciri-ciri payudara sehat.

Buka di app