3 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Sugar Craving Saat Diet

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Sugar Craving Saat Diet

Sugar craving adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keinginan mengkonsumsi makanan manis setelah makan. Para profesional kesehatan percaya bahwa sugar craving adalah salah satu alasan utama mengapa sulit untuk menjalani diet secara konsisten.

Sugar craving adalah kondisi yang didorong oleh kebutuhan otak Anda, bukan kebutuhan tubuh Anda akan makanan. Jika Anda hanya perlu mengkonsumsi sedikit saja makanan manis, untuk memanjakan diri ketika Anda sangat ingin makan makanan manis, hal tersebut sah sah saja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Tetapi jika Anda tidak dapat menahan diri untuk makan makanan manis dalam jumlah yang banyak setelah gigitan pertama, ada baiknya untuk Anda tidak mengkonsumsi makanan manis sama sekali.

Berikut adalah 3 langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan sugar craving.

Jika Anda Lapar, Makanlah Makanan yang Sehat dan Membuat Anda Kenyang

Penting untuk menyadari bahwa keinginan tidak sama dengan kelaparan. Saat Anda mengalami sugar craving, bukan tubuh Anda yang meminta energi, melainkan otak Anda yang meminta sesuatu yang melepaskan banyak hormon dopamine.

Saat Anda menginginkan makanan manis saat lapar, perasaan itu akan sulit untuk dilawan. Kenyataannya, keinginan yang dipadukan dengan rasa lapar adalah dorongan kuat yang sulit diatasi oleh kebanyakan orang.

Jika Anda sedang merasa lapar, salah satu trik terbaik adalah makan makanan sehat yang dapat membuat Anda kenyang. Makanlah makanan 4 sehat 5 sempurna yang dapat membuat perut Anda kenyang, sehingga Anda dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan manis.

Mandi Air Panas

Beberapa orang yang mengalami sugar craving menemukan bahwa mandi air panas dapat  membantu. Air yang digunakan untuk mandi, tidak boleh terlalu panas sehingga kulit tidak terbakar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Biarkan air mengalir di punggung dan bahu Anda sehingga memanaskan tubuh Anda. Anda dapat membiarkan tubuh Anda berada di bawah shower selama 5-10 menit. 

Pada saat Anda keluar dari kamar mandi, Anda mungkin memiliki perasaan "linglung", seolah-olah Anda telah duduk di sauna untuk waktu yang lama. Pada titik itu, kemungkinan besar, keinginan Anda untuk makan makanan manis mungkin sudah hilang.

Melakukan Jalan Cepat di Luar

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah pergi keluar untuk jalan cepat. Jika Anda seorang pelari, Anda dapat berlari. Berolahraga seperti berjalan atau berlari dapat memberikan Anda dua manfaat sekaligus. Pertama, Anda menjauhkan diri dari makanan manis yang Anda idam-idamkan. 

Kedua, latihan ini dapat melepaskan zat kimia endorphin yang membuat Anda "merasa enak" di otak Anda, sehingga dapat membantu menghilangkan keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan manis.

Hal-Hal Lain Yang Mungkin Berhasil

Saya cukup yakin ketiga langkah di atas akan berhasil bagi kebanyakan orang untuk menghentikan keinginan makan makanan yang manis. Anda juga dapat mengurangi simpanan makanan manis. Karena jika makanan manis berada dalam jangkauan Anda, Anda akan cenderung makan makanan tersebut sewaktu-waktu.

Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat dan berolahraga beberapa kali dalam seminggu, untuk mengurangi kemungkinan Anda mengalami sugar craving.

Selain 3 langkah sederhana seperti di atas, berikut adalah 11 tips mungkin bisa berguna untuk menghentikan sugar craving:

  • Minum segelas air. Beberapa orang mengatakan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan sugar craving.
  • Makanlah buah. Mengkonsumsi sepotong buah dapat membantu memuaskan hasrat gula bagi sebagian orang. Pisang, apel, jeruk dapat bekerja dengan sangat baik.
  • Hindari pemanis buatan. Jika Anda merasa bahwa pemanis buatan dapat memicu sugar craving , Anda mungkin perlu menghindari mengkonsumsi makanan makanan tersebut.
  • Makan lebih banyak protein. Protein sangat bagus untuk memberikan rasa kenyang, dan juga bisa mengurangi sugar craving.
  • Bicaralah dengan seorang teman. Anda dapat bertukar pengalaman dengan teman dan meminta saran atau motivasi untuk tetap menjalani pola hidup sehat.
  • Tidur nyenyak. Mendapatkan waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah terjadinya sugar craving.
  • Hindari stres berlebih. Sama seperti dengan tidur, menghindari stres dapat membantu mencegah munculnya sugar craving.
  • Hindari pemicu tertentu. Cobalah untuk menghindari kegiatan atau tempat tertentu yang membuat Anda mengidam, seperti berjalan melewati McDonald's.
  • Mengkonsumsi multivitamin.
  • Hindari membuat diri sendiri kelaparan. Cobalah untuk mencegah diri Anda menjadi terlalu lapar di antara waktu makan, sehingga Anda dapat menentukan pilihan makanan dengan bijak.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to stop food cravings for sugar and carbs. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322947)
Curb Sugar & Carb Cravings: 13 Tips to Control Your Sweet Tooth. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/13-ways-to-fight-sugar-cravings#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app