12 Efek Tak Terduga dalam Pengobatan Depresi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
12 Efek Tak Terduga dalam Pengobatan Depresi

Pengobatan bagi penderita depresi sudahlah menjadi suatu kewajiban. Tapi tahukah Anda apa manfaat-manfaat tak terduga dari pengobatan-pengobatan yang dilakukan oleh para penderita depresi?

Manfaat Pengobatan Depresi

1. Waktu tidur yang baik

Depresi dapat mencuri waktu tidur Anda, membuat sulit tidur ataupun membuat Anda terbangun lebih cepat, dan segera menggiring Anda menuju hari-hari berikutnya. Hal terpenting adalah, kurangnya waktu tidur dapat membuat depresi semakin parah. Pengobatan untuk depresi dapat membantu meningkatkan aktifitas tidur Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Kehidupan cinta yang baik

Beberapa anti depresan dapat mengurangi libido. Namun seringkali, hambatan yang lebih besar untuk kehidupan cinta yang bahagia adalah depresi itu sendiri. Satu studi menunjukkan bahwa 70% orang dengan depresi melaporkan kehilangan minat seksual disaattidak mengkonsumsi obat. Pengobatan dapat membantu memulihkan kepercayaan diri dan memperkuat hubungan emosional Anda dengan pasangan

3. Penghilang rasa sakit

Pengobatan untuk depresi dapat membuat Anda merasa lebih baik secara emosional sekaligus mampumengurangi rasa sakit. Studi telah menemukan bahwa orang yang memiliki kondisi seperti arthritis dan nyeri migrain benar-benar merasa lebih sakit jika mereka tertekan. Mencari pengobatan diharapkan dapat membantu memberikan bantuan.

4. Peningkatan kesehatan

Jika Anda depresi, mendapatkan pengobatan diharapkan mampu membantu mencegahbeberapa penyakit serius di jalan. Itu karena depresi dapat mengambiljalantolpada tubuh Anda. Satu studi menemukan bahwa wanita yang mengalami depresi dua kali lipat memiliki resiko kematian jantung mendadak daripada wanita yang tidak. Mendapatkan pengobatan dapat membantu mengurangi resiko kesehatan

5. Bekerja dengan performa yang baik

Depresi dapat membuat Anda sulit untuk membawahi pekerjaan. Jika Anda depresi, Anda mungkin kehilangan fokus bekerja dan lebih banyak membuat kesalahan. Jika Anda berpikir depresi mungkin mempengaruhi Anda di tempat kerja, mendapatkan bantuan sekarang dapat mencegah masalah serius.

6. Berpikir tajam dan memori yang baik

Merasa pelupa? Apakah pemikiran Anda tampak kabur? Para ahli telah menemukan bahwa depresi bisa menyebabkan perubahan struktural untuk area otak yang terlibat dalam memori dan pengambilan keputusan. Kabar baiknya adalah bahwa pengobatan depresi dapat mencegah atau membalikkan perubahan ini dan memperkuat ingatan Anda.

7. Kehidupan rumah tangga yang baik

Mudah tersinggung dan marah? Terus-menerus membentak anak dan kemudian merasa buruk tentang hal itu? Mendapatkan pengobatan depresi dapat membantu meningkatkan mood Anda, dan mampu mengurangi ketegangan di sekitar rumah serta memperbaiki hubungan Anda dengan keluarga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

8. Gaya hidup sehat

Mengapa depresi menyebabkan beberapa orang untuk mendapatkan berat badan? Sebenarnyaitu perilaku, rendahnya tingkat kimia otak tertentu dapat memicu keinginan untuk menyantap karbohidrat. Mendapatkan pengobatan dapat mengubah itu sekaligus memberi Anda energi untuk berolahraga dan makan dengan baik.

9. Sedikit masalah, lebih terkendali

Ketika depresi mengalahkan energi Anda, tugas yang paling dasar dapat menjadi mustahil untuk dikerjakan, hal-hal menjadi lebih kacau maka semakin kurang kemampuan Anda untuk mengatasinya. Pengobatan depresi dapat mengembalikan energi yang Anda butuhkan untuk mengambil kendali hidup Anda dan mendapatkan terorganisir.

10. Turunkan risiko depresi masa depan

Orang yang telah mengalami depresi memiliki risiko lebih tinggi untuk kembali merasa tertekan.Tetapi terapi berkelanjutan atau obat dapat membantu mencegah depresi datang kembali. Bahkan jika itu tidak kembali, pengobatan sekarang akan mempersiapkan Anda. Anda akan mengetahui tanda-tanda awal. Anda akan tahu beberapa keterampilan coping. Dan Anda akan tahu di mana untuk mendapatkan bantuan.

11. Mempererat hubungan dengan teman & keluarga

Mengobati depresi dapat meningkatkan kehidupan sosial Anda. Depresi membuat orang terisolasidan membuat Anda merasatidak disukai. Sementara terapi dan obat-obatan dapat membantu memulihkan kepercayaan diri, Anda masih perlu memutuskan untuk melakukan penjangkauan. Bertemu teman lama dapat menjadi usulan yang baik.

12. Mendapatkan bantuan

Beberapa orang depresi hanya mencoba untuk menunggu, sambil berharap segalanya akan menjadi lebih baik dengan sendirinya tanpa pengobatan. Ini merupakan kesalahan. Penelitian menemukan jika depresi berlangsung lama, maka akan lebih sulit bagi Anda untuk mengobatinya. Semakin cepat Anda mendapatkan bantuan, semakin baik peluang Anda untuk masa depan yang sehat.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Depression: What it is, symptoms, causes, treatment, types, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/8933.php)
Depression (major depressive disorder) - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.com/health/depression/DS00175)
Signs of Clinical Depression: Symptoms to Watch For. WebMD. (https://www.webmd.com/depression/guide/detecting-depression)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app