Perawatan Wajah

10 Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Leher Super Cepat

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
10 Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Leher Super Cepat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Latihan kardio secara rutin dapat membantu membakar lemak di sekujur tubuh, termasuk lemak leher, sekaligus menguatkan jantung.
  • Sering latihan gerakan leher tidak hanya bisa menghilangkan lemak di leher, tapi juga membuat otot leher jadi lebih kencang.
  • Perbanyaklah makan sayur, buah, dan biji-bijian. Kandungan seratnya bisa membuat Anda cepat kenyang dan terhindar dari penumpukan lemak di tubuh.
  • Mengunyah permen karet dapat melatih otot leher dan wajah, lalu lambat laun menghilangkan lemak di leher dan mengatasi double chin.
  • Menghilangkan lemak di leher juga bisa dengan perawatan slimming. Konsultasikan lebih lanjut mengenai metode slimming yang cocok untuk Anda.

Apakah Anda memiliki lemak di leher yang berlebihan? Jika iya, tentu hal ini akan mengganggu penampilan dan membuat Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan lemak di leher ini dengan cepat. Jika sejauh ini Anda sudah berusaha dan belum mendapatkan hasil memuaskan, maka artikel ini mungkin dapat membantu.

Pertama-tama, Anda harus tahu bahwa langkah awal dalam menghilangkan lemak di leher adalah menurunkan berat badan. Saat Anda sudah menurunkan berat badan, barulah Anda dapat melakukan hal-hal lain yang dapat menghilangkan lemak di leher Anda untuk jangka waktu yang lama.

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Leher Dengan Cepat

Mungkin Anda pernah tergoda untuk menjalani perawatan sangat mahal guna menghilangkan lemak leher, sebut saja sedot lemak. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa cara pengobatan rumahan yang efektif untuk menghilangkan lemak membandel pada leher Anda. Cara inipun tergolong 'ramah' bagi kantong Anda.

Pahami prinsipnya! Kita dapat menghilangkan lemak di leher dengan cara 'membakarnya' yaitu dengan menggerakkan otot-otot leher dan menjaga asupan makanan.

Berikut cara mudah dan murah untuk menghilangkan lemak di leher:

1. Latihan Kardio

Latihan kardio merupakan latihan yang dapat memacu detak jantung. Jenis olahraga ini dapat membantu membakar lemak di sekujur tubuh,termasuk lemak di leher. 

Untuk melakukan latihan kardio Anda tak perlu repot pergi ke tempat fitnes maupun membayar instruktur karena latihan ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut caranya:

  • Carilah panduan latihan kardio, bisa dari buku, menonton video, atau mendownload materi secara online.
  • Lakukan latihan di waktu senggang yang Anda bisa.
  • Pastikan bahwa Anda menyesuaikan jenis latihan sesuai dengan bagian tubuh mana yang ingin difokuskan. Dalam hal ini, leher tentunya.

2. Latihan Gerakan Leher

Metode gerakan leher ini bisa sangat efektif untuk menghilangkan lemak di leher. Pasalnya, metode ini akan membantu otot leher Anda menjadi lebih kencang dan bisa membantu menghilangkan lemak di leher Anda.

Berikut cara melakukan latihan leher untuk menghilangkan lemak leher:

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic
  • Gerakkan leher Anda dari sisi kanan ke sisi kiri.
  • Gerakkan leher ke bawah dan ke atas.
  • Anda juga bisa menggerakkan leher ke depan dan ke belakang.

3. Buah dan Sayuran

Dengan menambahkan buah dan sayuran ke dalam makanan bisa sangat efektif, tidak hanya dalam menurunkan berat badan, tapi juga menghilangkan lemak di leher. Dengan menyantap buah dan sayur, asupan kalori Anda akan berkurang secara signifikan. Untuk itulah penting untuk selalu menyediakan buah dan sayur di rumah.

Berikut tips menyajikan buah dan sayur agar lebih maksimal manfaatnya:

  • Pastikan sayuran ada dalam menu makanan anda sehari-hari. Sajikan dengan cara direbus saja ataupun diolah menjadi sayuran matang.
  • Jadikan memakan buah segar sebagai ganti konsumsi permen atau manisan yang dapat merusak gigi. Buah dapat menjadi makanan cemilan namun tidak terlalu banyak mengandung kalori.
  • Jadikan makan buah dan sayur ini kebiasaan Anda agar hasilnya maksimal.

4. Biji-Bijian

Bagi Anda yang suka makan nasi atau makanan kaya karbohidrat lainnya, pastikan Anda memilih karbohidrat yang tepat dan sehat. Pasalnya, tidak semua karbohidrat itu sehat, lho!

Salah satu jenis karbohidrat yang sehat adalah biji-bijian, sebab mengandung serat serta nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan berat badan secara sehat. Berikut beberapa cara mengonsumsi biji-bijian:

  • Saat makan nasi atau pasta, pilih nasi merah atau pasta yang dibuat dari biji gandum utuh. Perubahan kecil seperti ini bisa membuat perbedaan besar pada kesehatan Anda.
  • Hindari karbohidrat olahan atau karbohidrat yang berwarna putih.
  • Ingatlah bahwa ketika Anda mengonsumsi biji-bijian utuh, Anda akan merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama sehingga menghilangkan hasrat Anda untuk ngemil.

Baca Juga: 32 Makanan Pembakar Lemak yang Terbukti Efektif

5. Mengunyah Permen Karet

Uniknya, mengunyah permen karet bisa sangat efektif untuk menghilangkan lemak di leher. Kegiatan yang kerap dilakukan saat waktu luang ini diam-diam dapat merangsang otot leher dan wajah. Cara ini juga sekaligus dapat mengatasi "double chin" yang kerap menyertai.

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

Berikut cara mengunyah permen karet yang benar:

  • Anda bisa mengunyah permen karet sekali sehari, namun dengan waktu kunyah yang lama.
  • Terus lakukan metode ini sampai Anda mulai melihat hasilnya.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa mengunyah permen karet sepanjang waktu memiliki beberapa efek negatif juga. Jadi setelah Anda mulai melihat hasilnya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. 

Baca Selengkapnya: Cara Menghilangkan Double Chin untuk Pria dan Wanita

6. Peregangan Leher

Sempatkanlah melakukan peregangan leher sesekali. Saat meregangkan leher, Anda bisa membentuk otot lleher yang lebih kuat dan tentunya juga membakar lemak di leher Anda.

Berikut beberapa cara meregangkan leher yang benar:

  • Lakukan peregangan leher, terutama setelah bekerja untuk jangka waktu yang lama.
  • Anda mungkin juga ingin melakukan peregangan leher sebelum Anda melanjutkan latihan leher lainnya.
  • Rentangkan leher Anda saat bangun di pagi hari (ngulet).

7. Minum Air Putih

Tahukah Anda bahwa asupan air yang konstan bisa sangat efektif untuk menghilangkan lemak di leher? Saat tubuh memiliki cukup air, maka Anda akan memiliki kecenderungan untuk merasa kenyang sehingga tidak perlu makan terlalu banyak.

Berikut cara minum air putih yang dianjurkan:

  • Anda disarankan untuk minum 8-10 gelas air putih setiap hari meskipun hal ini dapat berubah dari waktu ke waktu.
  • Anda perlu minum 2 gelas air putih saat bangun tidur sehingga Anda akan merasa segar sepanjang hari.
  • Minum air putih juga akan membuat kulit Anda tetap lembab dan lebih elastis.

8. Protein tanpa lemak

Ada berbagai jenis protein yang bisa Anda konsumsi, tapi jenis terbaik adalah protein tanpa lemak. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi daging yang rendah lemak. Cara ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan yang pada akhirnya bisa menghilangkan lemak di leher.

Berikut caranya:

  • Pastikan bahwa ketika mengolah beberapa potong daging, buanglah lemaknya (gajih).
  • Saat mengonsumsi ayam, buanglah kulitnya untuk menghilangkan lemak dan kolesterol yang tidak diinginkan.
  • Masaklah daging rendah lemak dengan cara yang lebih sehat, dan hindari penyajian dengan cara digoreng.

9. Bodybuilding

Selain latihan kardio, Anda juga bisa latihan membangun massa otot. Latihan kekuatan otot dapat membantu membangun massa otot serta menghilangkan kelebihan lemak, termasuk juga lemak di leher Anda.

Cara latihan kekuatan otot yang benar yaitu:

  • Anda bisa melatih kekuatan otot selama 20 menit untuk setiap sesi.
  • Anda tidak harus melakukan ini setiap hari tapi usahakan untuk konsisten.
  • Ingatlah untuk mengerjakan berbagai latihan inti otot dan jangan fokus pada otot leher saja, karena tentu akan terlihat tidak bagus juga jika Anda tidak membangun masa otot yang lainnya.

10. Krim Pengencang Kulit

Sekarang ini ada banyak krim yang diklaim dapat mengencangkan kulit sekaligus melembapkannya dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini beberapa panduan menggunakan krim pengencang kulit:

  • Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli produk pengencangan kulit.
  • Pilihlah krim yang terstandar dan diketahui efektif dalam menyingkirkan kelebihan lemak.
  • Cobalah produk yang telah Anda pilih untuk jangka waktu tertentu.
  • Oleskan produk pada area leher dengan tekun. Biasanya, Anda dianjurkan mengoleskan produk pengencangan kulit 1-2 kali sehari.

Perlu diingat bahwa tidak ada satupun cara menghilangkan lemak di leher dengan cara instan. Semuanya tetap membutuhkan waktu, sehingga Anda perlu rutin melakukan cara pilihan Anda sampai hasilnya mulai terlihat. Yang lebih penting, selalu jaga kondisi tubuh Anda dan jangan sampai usaha Anda mengecilkan lemak leher justru membawa bahaya bagi kesehatan tubuh.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Exercise for weight loss: Calories burned in 1 hour. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/exercise/art-20050999)
Mayo Clinic Staff. (2016). Weight loss: 6 strategies for success. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/weight-loss/art-20047752?pg=1)
Konda D, et al. (2013). Mesotherapy: What is new? DOI: (https://doi.org/10.4103/0378-6323.104689)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app