HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Keluarga Berencana

Cara Minum Pil KB Darurat dan Manfaatnya

Biasanya KB digunakan secara rutin setiap hari atau sesuai dengan periodenya. Beda halnya untuk pil KB darurat yang diminum pada kondisi yang darurat. Ini cara minum pil KB tersebut dan fungsinya.
Dipublish tanggal: Jun 16, 2019 Update terakhir: Sep 9, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Minum Pil KB Darurat dan Manfaatnya

KB terdiri dari banyak jenis yang bisa dipilih dan dipakai rutin sesuai dengan tubuh cocok atau tidak. Biasanya KB digunakan secara rutin setiap hari atau sesuai dengan periodenya. Beda halnya untuk pil KB darurat yang diminum pada kondisi yang darurat. Ini cara minum pil KB tersebut dan fungsinya.

Cara minum pil KB darurat

Postinor-2 merupakan jenis pil KB mini yang minumnya dua butir setelah melakukan hubungan seksual. Aturan lainnya pil KB ini harus diminum maksimal 72 jam setelah berhubungan intim. Lebih baik jika diminum lebih cepat agar bisa bekerja dengan maksimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Jika Anda berhubungan intimnya malam, sebaiknya pagi hari sudah diminum. Sesuaikan jadwalnya dengan aturan minum. Jangan sampai terlupakan maka risikonya Anda sia-sia minum pil KB-nya. Ada juga pil KB darurat jenis lainnya yaitu Levonorgestirl pil, microgynon, microgynon-30, dan nordette.

Pil KB ini mengandung estrogen dan progesteron. Cara minumnya 4 pil setelah Anda berhubungan intim dengan jumlah minumnya sebanyak dua kali. Jeda minum pertama dengan kedua adalah 12 jam. Pil yang diminum 4 butir pertama tidak boleh lewat dari 120 jam setelah berhubungan intim. 

Jika sudah lewat maka fungsi dari pil B darurat sudah tidak bekerja.

Cara minumnya sekaligus ditelan ke 4 pilnya. Anda juga bisa minum pil KB darurat pencegah kehamilan yaitu Andalan Postpil. Pil darurat yang akan mencegah pertemuan antara sel telur dan sperma. Pil KB darurat ini mengandung hormon progestin yang bekerja dengan mengentalkan lendir rahim.

Andalan Postpil ini diminum 2 tablet sekali minum dengan waktu paling maksimal 5 hari setelah berhubungan intim. Semua jenis pil KB darurat hanya diminum di saat darurat ketika Anda lupa minum pil KB rutin atau lupa jadwal suntik. Pil KB darurat tidak dibenarkan untuk diminum setiap hari.  

Setiap jenis pil KB darurat akan memiliki kandungan yang berbeda-beda sehingga car minumnya pun berbeda-beda. Hanya saja kemungkinan pil KB yang diminum gagal tetap saja ada. Keakuratan dari pil KB ini bisa mencapai 95%. Anda juga perlu memahami tidak semua orang berhasil menggunakan pil KB darurat ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Fungsi pil KB darurat

Secara umum fungsi dari pil KB darurat adalah mencegah terjadinya kehamilan setelah berhubungan intim. Pil KB ada banyak jenisnya dengan berbagai fungsi. Salah satunya akan menghambat pertemuan sel telur dengan sperma sehingga tidak terjadi pembuahan dan Anda tidak akan hamil.

Beda lagi dengan pil KB darurat Levonorgestrel yang mengandung hormon progestin. Hormon ini akan mencegah kehamilan dengan memperlambat prosesnya. Selama Anda minum pil KB ini sesuai aturan. Jika tidak pil KB tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. 

Bahkan jika diminum sudah lewat dari aturannya, maka pil KB ini justru dapat menguatkan janin.

Anda juga tidak akan mengalami keguguran jika sudah aturan minumnya dilewati. Fungsi pil KB darurat ada juga yang mengentalkan dinding rahim sehingga tidak berlangsung pembuahan dan pembentukan janin. 

Ketebalan dinding rahim ini membutuhkan waktu untuk bisa kembali normal. Saat itu tentu saja sperma yang masuk sudah tidak lagi hidup.  

Sebaiknya jangan sampai lupa untuk menggunakan KB-nya tepat waktu. Jika lupa Anda perlu minum pil KB darurat yang dijual di apotek. Ada banyak jenis dan merek dari pil KB tersebut. 

Pilihlah yang paling sesuai dengan Anda atau jika belum pernah bisa mencobanya dengan mengikuti aturan pemakaian di belakang kemasan.  

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Birth Control Pills: Types, Effectiveness, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/birth-control-pills)
Birth control pill: Side effects, risks, alternatives, and the shot. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/290196.php)
Birth Control Pill: Side Effects, Effectiveness, How the Pill Works, and Types. WebMD. (https://www.webmd.com/sex/birth-control/birth-control-pills)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app