Yuk Coba Trik Ampuh Berhenti Merokok, Hanya 30 Menit Setiap Hari

Ketahuilah, penyakit akibat merokok telah merenggut 235 ribu jiwa tiap tahunnya di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa tidak adal manfaat positif dari penggunaan rokok. Untuk menghentikan kebiasaan in, disarankan bagi Anda untuk rutin berolahraga sehingga, gejala ngidam rokok dapat di stop secara efektif.
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Yuk Coba Trik Ampuh Berhenti Merokok, Hanya 30 Menit Setiap Hari

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan. Bahkan, bahaya rokok pun telah ditunjukkan melalui kemasan baik dalam bentuk tulisan maupun ilustrasi gambar menyeramkan. Sayangnya, minat masyarakat akan rokok ini masih saja terbilang tinggi.

Yang lebih mengkhawatirkan, ketika perokok sudah berniat untuk berhenti merokok, prosesnya begitu sulit. Tak jarang, banyak orang kembali menjalankan rutinitas merokok meski telah memutuskan untuk berhenti merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hal tersebut diakibatkan oleh sulitnya menahan godaan untuk tidak merokok. Ketahuilah, penyakit akibat merokok telah merenggut 235 ribu jiwa tiap tahunnya di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa tidak adal manfaat positif dari penggunaan rokok. 

Untuk menghentikan kebiasaan in, disarankan bagi Anda untuk rutin berolahraga sehingga, gejala ngidam rokok dapat di stop secara efektif.

Tanda-tanda sakau rokok yang perlu Anda tahu

Ketika perokok sudah berhenti merokok. Maka, tubuh akan mengenali perubahannya dan sering mengalami gejala sakau rokok. Hal ini dialami pada awal minggu pertama ketika Anda berhenti merokok. 

Parahnya, ketika Anda tidak mampu menahan gejala sakau rokok ini akan berakibat kembalinya rutinitas merokok, meski hanya sebatang.

Namun, bukan berarti Anda harus tergoda. Sebab, ketika sudah berniat untuk stop merokok selamanya, Anda harus mengetahui berbagai gejala sakau rokok dan trik mengatasinya. Dengan demikian, pola hidup sehat yang diidamkan akan benar-benar terwujud.

Bagi Anda yang baru saja berhenti merokok, akan mengalami gejala sakau rokok baik berupa kondisi fisik hingga psikologi. Nah, berikut ini adalah gejalanya yang perlu diketahui.

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Gejala fisik yang sering ditunjukkan bagi orang yang mengalami sakau rokok diantaranya mengalami gejala flu, sensasi dingin di sekujur tubuh, merasa lemas, pusing, mual dan kram pada perut, nafsu makan meningkat, sakit kepala, mulut asam dan pahit, serta berkeringat tanpa ada penyebabnya.

Sedangkan, pada segi emosional dan psikologis, gejala sakau rokok yang ditunjukkan seperti mood swing yang cepat seperti mudah marah, mudah frustasi, mudah tersinggung, dan tidak sabaran. Selain itu, sulit konsentrasi, insomnia, ngidam rokok yang sulit dikendalikan, cemas, hingga depresi.

Alasan olahraga mampu membantu Anda untuk berhenti merokok

Ternyata, cara ini terbilang efektif untuk membantu Anda benar-benar berhenti dari merokok. Sebab, olahraga dapat memperbaiki mood dan mengalihkan pikiran dari rokok. Dengan melakukan olahraga rutin, dapat membuat tubuh Anda fokus pada rutinitas baru dan melupakan kebiasaan merokok.

Beberapa manfaat dari olahraga sebagai pengganti kebiasaan merokok adalah mampu mengurangi efek nikotin dalam otak, mengatasi lapar berlebih, dan mengatasi stres dan cemas akibat berhenti merokok.

Cara olahraga yang baik untuk atasi gejala sakau rokok

Untuk melakukan olahraga demi menghentikan kebiasaan merokok, perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga rutin baik pagi hari maupun sore hari sesuai waktu luang yang Anda miliki.
  • Sempatkan untuk berolahraga paling tidak 30 menit per satu hari. Seminggu, minimal lakukan 3 sampai 5 hari. Jika perlu, buatlah jadwal khusus untuk olahraga ini.
  • Tentukan jenis aktivitas fisik yang Anda sukai dan dirasa tidak membebani.

Beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan seperti jalan kaki, bersepeda, yoga, berenang, hingga latihan otot. Disamping itu, beres-beres rumah juga termasuk olahraga ringan yang dapat Anda lakukan. 

Memang, efek samping berupa sesak nafas wajar dialami ketika awal berhenti merokok. Namun, tenang saja, tubuh akan beradaptasi dan paru-paru akan berangsur membaik.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Beat the Mind Games When You Quit Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/mind-games-go-both-ways-when-you-quit-smoking-2824894)
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app