Tulang Belakang Anak Melengkung Akibat Tas Sekolah Anak Yang Salah

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tulang Belakang Anak Melengkung Akibat Tas Sekolah Anak Yang Salah

Tas sekolah menjadi kebutuhan untuk membawa perlengkapan anak di sekolah. Banyak jenis tas sekolah yang dijual di toko-toko dengan berbagai bentuk dan warna. Pilihan tas sekolah dipilih sesuai dengan selera anak.

Hampir sebagian besar tas sekolah berupa tas backpack atau bentuk ransel yang dibawa dengan punggung anak. Beberapa sekolah juga menentukan jenis tas yang dibawa atau diharuskan membawa tas yang sudah dibeli dari sekolah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jenis tas lainnya seperti tas koper atau trolley dan tas slempang yang juga serng kira lihat anak-anak membawanya ke sekolah.

Namun perlu diketahui ternyata tas sekolah jenis ransel dapat memicu gangguan tulang belakang pada anak. Ini juga dipicu akibat berat barang yang dibawa anak-anak di punggung yang tidak diperhatikan atau di rasakan orang tua. 

Namun anak secara perlahan dapat memicu kelainan tulang belakang misalnya jalan membungkuk.

Jenis gangguan tulang belakang

Lordosis

Lordosis adalah bentuk kurva tulang belakang alami pada daerah punggung bawah (lumbar) tulang belakang. 

Dengan kurva yang ekstrem, tulang belakang bagian bawah akan memiliki kurva yang dalam, menyebabkan perut (area perut) menonjol dan menyebabkan panggul (area pinggul) melengkung ke belakang dan ke atas.

Kurva ekstrem ini dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, genetika keluarga (diturunkan dari ayah atau ibu), cedera, penyakit tulang belakang, atau operasi ke tulang belakang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kifosis

Kyphosis adalah pembentukan kurva tulang belakang abnormal pada punggung atas. KOndisi ini secara relatif  sering berkembang pada masa remaja atau dewasa muda.

Gejala utama kyphosis adalah kurva ke depan yang tidak normal di bagian atas tulang belakang. Ini menyebabkan punggung atas tampak membungkuk. 

Dalam kasus ringan, kurva tulang belakang tidak selalu terlihat. Dalam kasus lain, beberapa orang dengan kifosis mungkin terlihat seperti sedang membungkuk ke depan.

Skoliosis

Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang ke samping yang paling sering terjadi selama percepatan pertumbuhan sesaat sebelum pubertas

Sementara skoliosis dapat disebabkan oleh kondisi seperti cerebral palsy dan distrofi otot, penyebab sebagian besar skoliosis tidak diketahui. Sekitar 3% remaja menderita skoliosis.

Skoliosis menyebabkan tulang belakang melengkung ke satu sisi. Ini dapat mempengaruhi bagian tulang belakang manapun, tetapi daerah yang paling umum adalah di bagian dada dan punggung bagian bawah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kondisi ini sering muncul pada anak-anak. Dalam kebanyakan kasus, perawatan tidak diperlukan, karena kurva mengoreksi dirinya dengan pertumbuhan. 

Namun, berdasarkan tingkat kelengkungan dan usia anak, kombinasi antara bracing dan terapi fisik sering direkomendasikan.

Tas mana yang cocok untuk anak-anak?

Banyak tas yang sebenarnya cocok dan sesuai dengan selera anak. Tetapi jenis tas harus ditentukan karena apabila bebannya terlalu berat, ini dapat memicu kelainan tulang belakang seperti yang disebutkan di atas.

Tas yang cocok untuk anak-anak yaitu tas jenis backpack dan tas trolley.

Tas jenis backpack dilengkapi oleh dua tali yang dapat menopang dengan bahu dan tulang belakang atas dengan beban yang sama. 

Namun beban tas backpack yang dibawa anak tidak boleh terlalu berat karena ini dapat mengganggu pertumbuhan tinggi badan anak dan dapat menyebabkan jalan anak membungkuk dan memicu kifosis.

Tas jenis trolley yang dilengkapi roda lebih nyaman karena tidak perlu digendong. Anak hanya cukup menarik tas untuk dibawa ke sekolah. 

Namun apabila trolley terlalu berat, ini juga dapat memicu kesulitan anak menarik dan memaksa otot-otot lengan dan bahu untuk menarik trolley.

Tas jenis slempang juga dapat digunakan tetapi tidak sebaik tas backpack. Tas slempang hanya memiliki tali yang ditopang oleh salah satu bahu. 

Apabila tas slempang terlalu berat dan dibawa terlalu lama maka ini dapat memicu gangguan tulang belakang yang menjadi bengkok ke satu sisi. Ini juga dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak atau dapat memicu skoliosis ringan.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Morrow ES Jr. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Jan. 21, 2019.
Shands AR. End result of the treatment of idiopathic scoliosis. Journal of Bone and Joint Surgery. 1941;23:963.
Scherl SA. Adolescent idiopathic scoliosis: Management and prognosis. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app