GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Tips Memilih Sabun yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Dipublish tanggal: Agu 12, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Memilih Sabun yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, ada yang memiliki kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, dan ada pula yang memiliki jenis kulit sensitif. Perbedaan jenis kulit ini juga akan menentukan jenis sabun mandi yang baik dalam merawat kondisi kulit.

Berbeda dengan kulit sensitif, pemilik kulit normal bisa dibilang bebas menggunakan berbagai jenis sabun karena tidak akan berpengaruh terhadap kulitnya. Namun bagi pemilik kulit sensitif harus selalu memperhatikan jenis sabun yang digunakan supaya cocok dengan jenis kulitnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 16

Kalaupun sudah memilih jenis sabun favorit yang digunakan setiap saat, cek dulu apakah sabun tersebut benar-benar cocok dengan kebutuhan kulit Anda atau belum. Jika salah, nantinya sabun tersebut malah akan memperparah kondisi kulit. Lalu bagaimana cara memilih sabun yang tepat bagi pemilik kulit sensitif?

Alasan penting menggunakan sabun mandi yang baik

Setiap orang pasti memiliki preferensi tersendiri untuk memilih tipe sabun mandi yang akan digunakan, termasuk aroma wangi setelah mandi. Entah itu sabun batang, sabun cair, sabun wangi, ataupun sabun antibakteri, pilihan bisa saja berbeda.

Namun sebelum menentukan jenis sabun yang tepat bagi kulit, kenali dulu jenis kulit yang dimiliki serta kegunaannya. Yang terpenting, fungsi sabun bukan hanya untuk membersihkan kotoran saja. Melainkan juga untuk memastikan bahwa sabun tersebut mampu menjadikan kulit menjadi lebih sehat, indah, dan lembut.

Apalagi bagi pemilik kulit sensitif, jenis sabun yang digunakan harus tepat. Sebab jenis kulit sensitif ini memiliki lapisan kulit yang tipis sehingga mudah sekali mengalami iritasi, alergi, dan terluka. Selain itu, hindari pula penggunaan scrub, sabun antibakteri, dan deodoran yang mengandung bahan kimia, karena biasanya terdapat kandungan kimia yang keras dan mudah terserap oleh kulit.

Kalaupun Anda belum mengenal jenis kulit yang dimiliki, lakukan saja pemeriksaan kulit kepada dokter spesialis kulit terutama jika penggunaan sabun tertentu menimbulkan rasa gatal atau kemerahan pada kulit.

Jenis sabun untuk kulit sensitif

Tak hanya sabun, bagi pemilik kulit sensitif harus waspada dan selektif terhadap jenis produk perawatan kulit. Apalagi saat ini tengah banyak beredar berbagai produk kecantikan dengan campuran bahan kimia yang tentunya kurang baik bagi kesehatan kulit, bahkan lebih parahnya dapat meningkatkan risiko penyakit kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 16

Biar lebih aman, pengguna sabun mandi disarankan untuk memilih jenis sabun dengan bahan-bahan alami. Sebab bahan alami ini dikenal ampuh untuk memberikan efek menenangkan bagi kulit dan menghindari iritasi.

Di samping itu, supaya terlindungi dari iritasi, pilihlah jenis sabun tanpa adanya pewangi (parfum). Pastikan pula jenis sabun tersebut memiliki tingkat derajat keasaman atau pH yang seimbang. Sebagai rekomendasi, gunakanlah sabun bebas deterjen yang diformulasi khusus bagi pemilik kulit sensitif. 

Namun sekali lagi tidak semua kandungan dalam sabun tersebut cocok bagi setiap kulit sensitif. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan untuk memilih jenis sabun yang tepat bagi pemilik kulit sensitif:

Sabun batang

Sabun batang sering dijadikan pilihan bagi pemilik kulit sensitif. Tahukah Anda bahwa dalam sabun batang ini biasanya mengandung sodium hidroksida yang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Di samping itu, ada juga kandungan bahan aktif yang bersifat mengeringkan kulit sehingga kulit menjadi lebih kering.

Untuk menetralisir bahan aktif ini, pastikan jenis sabun yang digunakan tidak mengandung alkali yang tinggi karena bisa menyebabkan kulit kering dan teriritasi.

Sabun cair

Sabun cair memang lebih sering digunakan daripada sabun batang. Sebab, selain mampu membersihkan kotoran, sabun cair ini juga mengandung pelembab seperti petrolatum yang berfungsi untuk menjaga kulit biar tetap lembut. Ditambah lagi, jenis sabun cair dengan label moisturizing merupakan pilihan terbaik untuk jenis kulit kering dan sensitif.

Shower Gel

Sebenarnya shower gel ini memiliki bentuk seperti hanya sabun cair. Namun, tekstur sabun ini lebih kental dan pada umumnya mengandung zat pewangi lebih banyak sehingga aroma wangi mungkin akan lebih terasa. Bagi pemilik kulit sensitif juga perlu menghindari adanya shower gel dengan kandungan pewangi supaya kulit tidak timbul iritasi.

Nah, itulah cara memilih sabun yang tepat bagi pemilik kulit sensitif. Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ketika masih ditemukan masalah pada kulit sensitif Anda

Baca juga: Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Choose a Soap to Wash Your Face. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/how-to-pick-a-soap-to-wash-your-face-1069219)
Choosing the Best Type of Bar Soap for Your Skin. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/types-of-bar-soaps-1069542)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app