Tips Jitu Melancarkan Sistem Pencernaan pada Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 28, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tips Jitu Melancarkan Sistem Pencernaan pada Tubuh

Salah satu penyebab terganggunya sistem pencernaan berasal dari faktor makanan yang Anda konsumsi. Padahal jika terjadi masalah pada system pencernaan, semisal mules saja sudah amat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Sayangnya tidak banyak orang peduli dengan kondisi makanan mereka serta bersih atau tidaknya alat makan yang digunakan. Untuk itu, kali ini ada tips menjaga system pencernaan tetap sehat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Macam-macam organ pencernaan itu terdiri atas mulut, kelenjar saliva, esophagus, lambung, pancreas, liver, kantung empedu, duodenum, ileum, kolon, rectum, dan juga anus

Berbagai organ tersebut menjalankan fungsinya masing-masing, seperti dari mulai pintu masuk sampai dengan keluarnya di pintu belakang. Demi menjaga berbagai system kerja organ-organ itu, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan sehat dan melakukan berbagai aktivitas yang membantu kelancaran system pencernaan.

Mengingat seberapa pentingnya system pencernaan di dalam tubuh, di bawah ini ada beberapa tips supaya system pencernaan berjalan dengan lancar. Adapun berbagai tips tersebut bisa dijabarkan dalam berbagai poin di bawah ini:

Konsumsi Serat yang Cukup

Pastikan Anda mengonsumsi banyak serat untuk membantu kesehatan tubuh. Kebutuhan serat setiap hari tubuh manusia harus mencapai 25 gram banyaknya. Konsumsi banyak serat bisa Anda dapatkan dari berbagai kudapan, seperti sayur, kacang, buah, dan biji-bijian.

Konsumsi Makanan Probiotik

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik juga bisa sangat membantu system pencernaan supaya berjalan lancar. Untuk mendapatkan kudapan probiotik, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti yogurt, oncom, tempe, dan berbagai makanan fermentasi.

Batasi Konsumsi Lemak

Batasi konsumsi lemak seperti yang terdapat pada makanan yang digoreng serta alihkan kudapan Anda untuk menyantap makanan yang direbus, dikukus, ditumis, dan juga dipanggang. Mengonsumsi lemak terlalu banyak akan mempersulit system pencernaan dan membuat perut mudah tidak nyaman.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Minum Air yang cukup

Minum air yang banyak bukan semata semboyan tanpa makna. Sebab kecukupan air di dalam tubuh bisa membantu system pencernaan dengan memecah lemak serta serat yang larut oleh air. Tubuh akan jauh lebih mudah melakukan pencernaan terhadap makanan yang masuk dengan bantuan air yang cukup.

Makan Perlahan

Tidak perlu terburu-buru ketika makan karena makan secara perlahan terbukti membantu system kerja pencernaan jauh lebih baik. Asupan nutrisi dari makanan akan lebih detail dicerna ketika Anda mengunyah dengan perlahan. Dengan demikian pencernaan pun mampu bekerja lebih maksimal.

Jangan tidur setelah makan

Hindari keinginan untuk tidur selepas makan. Tubuh akan jauh lebih baik mencerna makanan dalam kondisi tegak. Tidur setelah makan hanya akan menimbun lemak dan akhirnya berisiko tidak baik untuk kesehatan. Jika mau, tunggu 3 sampai 5 jam untuk bisa tidur setelah menyantap makanan.

Olahraga

Jangan malas bergerak atau melakukan olahraga secara rutin. Namun, hindari langsung melakukan olahraga setelah makan. Tunggu setidaknya satu jam untuk melakukan aktivitas olahraga. Sebab jika tidak, yang terjadi adalah masalah pada pencernaan Anda, bukan meningkatnya kesehatan.

Jangan Stres

Stress sepertinya menjadi salah satu sebab seluruh penyakit terjangkit pada tubuh manusia. Termasuk pada system pencernaan, stress juga harus dihindari sebisa mungkin demi menjaga kesehatan jiwa dan raga. Hindari berbagai aktivitas atau lingkungan yang sekiranya mendatangkan dampak buruk bagi Anda.

Itu dia berbagai informasi penting terkait tips apa saja yang bisa Anda jalankan supaya system pencernaan berjalan dengan baik. Proses pencernaan yang dimulai dari mulut dan dikeluarkan oleh anus tentu mengalami proses panjang di dalam tubuh. 

Untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan gangguan pencernaan yang tidak nyaman, sebaiknya tips di atas Anda aplikasikan betul dalam kehidupan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to improve digestion: Tips and tricks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325822.php)
The 11 Best Ways to Improve Your Digestion Naturally. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-digestion)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app