Tips Diet Sehat Rendah Kalori yang Aman

Kunci diet rendah kalori adalah dengan mengkonsumsi kalori harian dengan jumlah tidak melebihi 1500 kalori/hari. Ketika Anda melakukan diet rendah kalori dengan mengkonsumsi 1500 kalori saja setiap harinya, maka jumlah berat badan yang dapat berkurang selama seminggu sebanyak 0,5 sampai 1 kilogram.
Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Diet Sehat Rendah Kalori yang Aman

Mengatur jumlah kalori yang dikonsumsi harian sangat penting dilakukan. Salah satu penyakit yang muncul karena kegagalan mengatur konsumsi kalori harian adalah obesitas. Obesitas sendiri sudah diderita oleh lebih dari 200 juta pria dan 300 juta wanita di seluruh dunia.

Jika Anda ingin menjalani diet rendah kalori, kuncinya adalah mengatur jumlah kalori yang dikonsumsi agar lebih rendah ketimbang yang dibakar. Meski mengurangi kalori, Anda tetap harus mengkonsumsi asupan nutrisi yang cukup agar tubuh tidak menjadi lemas dan kekurangan gizi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Berapa jumlah diet rendah kalori harian?

Kunci diet rendah kalori adalah dengan mengkonsumsi kalori harian dengan jumlah tidak melebihi 1500 kalori/hari. Ketika Anda melakukan diet rendah kalori dengan mengkonsumsi 1500 kalori saja setiap harinya, maka jumlah berat badan yang dapat berkurang selama seminggu sebanyak 0,5 sampai 1 kilogram.

Untuk membagi jumlah asupan agar tidak melebihi 1500 kalori/hari, Anda harus membagi jumlah asupan di setiap waktu makan. Misalnya Anda memilih mengkonsumsi makanan di pagi hari dengan jumlah kalori tidak melebihi 300 atau 350.

Kemudian ketika makan siang Anda dapat mengkonsumsi lebih banyak kalori mencapai 325 sampai 400 kalori. Selanjutnya untuk makan malam, Anda bisa mengkonsumsi kalori hingga 500 kalori dari salad, seafood, daging merah ataupun sandwich. Namun batasi jam makan malam agar tidak lebih dari pukul 7 malam.

Jika Anda bingung jenis makanan seperti apa yang sebaiknya dipilih untuk diet rendah kalori, berikut ini sudah dirangkum beberapa pilihan resep makanan yang bisa dicoba.

Resep makanan diet rendah kalori yang sehat

Jika Anda ingin memulai diet rendah kalori, berikut ini adalah resep yang bisa Anda coba. Perlu diketahui pula bahwa jumlah kalori harian untuk pria yang sedang diet rendah kalori adalah sebanyak 1500 sampai 1800 kal per-hari. 

Sementara untuk wanita, jumlah kalori yang disarankan adalah sebanyak 1200 kal/hari sampai 1500 kal/hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Resep makanan:

1. Sarapan      

Saat sarapan, Anda bisa memilih sarapan yang mengandung nutrisi lengkap seperti karbohidrat, serat, protein dan sedikit lemak. Contoh makanan yang bisa dipilih yaitu oatmeal instan sebanyak 4 sdm ditambah segelas susu rendah lemak. 

Anda juga bisa memilih mengkonsumsi dua potong roti gandum utuh ditambah 1 sdm selai buah.

2. Snack

Jika ingin makan cemilan, ganti dengan cemilan sehat dan rendah kalori, misalnya 1 porsi buah atau 1 potong jelly.

3. Makan siang

Resep makanan untuk makan siang adalah makanan dengan protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Misal Anda bisa memasukkan enam sampai delapan sendok karbohidrat, ditambah satu porsi protein dari ikan ataupun daging, ditambah seporsi sayur dan satu porsi buah.

4. Snack

Ingin cemilan sehat di sore hari? Anda bisa memilih mengkonsumsi 1 porsi buah ataupun sepotong jelly.

5. Makan malam

Makan malam sebelum pukul tujuh malam dengan makanan dari tiga sampai empat sdm karbohidrat ditambah seporsi protein. Kemudian tambahkan juga serat yang berasal dari seporsi buah dan sayur.

Pilihan makanan rendah kalori

1. Gandum

Gandum bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan jantung. Gandum juga baik untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan gandum kaya akan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Semangka

Semangka bisa menjadi salah satu pilihan buah menemani diet rendah kalori. Semangka mengandung banyak air dan rendah kalori. Dalam dua cangkir semangka hanya terkandung 100 buah kalori dan tinggi kadar vitamin C.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Normal Diet for Adolescents - 12 to 18 Years of Age - What You Need to Know. Drugs.com. (https://www.drugs.com/cg/normal-diet-for-adolescents-12-to-18-years-of-age.html)
1,200 calorie diet: Safety and how to do it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326343)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app