Tips Membicarakan Kehidupan Seks Dengan Pasangan Tanpa Malu-malu

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 20, 2019 Waktu baca: 4 menit
Tips Membicarakan Kehidupan Seks Dengan Pasangan Tanpa Malu-malu

Membicarakan soal seks tentu menjadi hal yang wajar bagi pasangan suami istri (pasutri). Namun karena dianggap terlalu sensitif, obrolan soal seks kadang jadi enggan diutarakan, misalnya karena malu atau takut dianggap penggila seks. Padahal, membicarakan soal seks dengan pasangan adalah salah satu kebutuhan. Ini juga penting untuk mengetahui keinginan satu sama lain soal hubungan seks yang diharapkan. Lalu, bagaimana cara membuka pembicaraan mengenai seks bersama pasangan? Coba intip triknya berikut ini.

Cara membicarakan seks dengan pasangan

Kunci terpenting untuk sukses membicarakan seks adalah Anda perlu menghilangkan stigma soal bahasan seks bersama pasangan. Pakar seksologi menyatakan bahwa kehidupan seks dan keharmonisan rumah tangga bisa terwujud dengan adanya komunikasi antara kedua pasangan secara jujur dan terbuka. Hal ini tak hanya soal seks, tapi juga semua hal yang Anda berdua lalui bersama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun karena sensitif, terkadang Anda atau pasangan jadi malu dan ragu untuk membicarakan seks. Pada akhirnya, semua hanya dipendam dan menjadi uneg-uneg tersendiri. Hati-hati, pendapat yang tidak diungkapkan malah bisa jadi bom waktu yang bisa meledak kapan saja, lho!

Guna menghapus rasa malu dan keraguan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyampaikan keinginan Anda kepada pasangan soal kehidupan seks. Begini cara aman membicarakan seks dengan pasangan:

1. Susun dulu apa yang Ingin Anda bicarakan pada pasangan

Agar tidak kaku dan bingung sendiri, sebaiknya persiapkan topik yang hendak Anda sampaikan kepada pasangan. Setelah itu, baru sampaikan masalah dengan tenang dan tidak terburu-buru. Misalnya mengalami kesulitan orgasme atau pasangan selalu terburu-buru dalam bercinta. 

Baca Juga: Setelah Orgasme, 9 Hal 'Aneh' Ini Paling Sering Terjadi

Sampaikan dengan bahasa lembut tanpa menuduh pasangan bahwa ia yang tidak bisa memberikan servis terbaik saat berhubungan intim. Setelah itu, mintalah pasangan Anda untuk balik menanggapi sehingga terjadi komunikasi dua rah. Diskusikan bersama sampai menemukan solusi terbaik bagi kedua belah pihak. 

2. Bahas kemampuan seks pasangan di luar kamar tidur

Membicarakan soal masalah seks dengan pasangan saat sedang bercinta adalah musibah besar. Pasalnya, hal ini bisa menyinggung perasaan pasangan secara langsung. Ini juga bisa merusak aktivitas seks Anda berdua di ranjang, bahkan mengancam keharmonisan setelahnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada baiknya, ajak ia untuk bicara soal kekurangan performa satu sama lain di tempat yang nyaman, misalnya di ruang keluarga. Anda berdua bisa duduk rileks sembari mendiskusikan masalah berdua hingga mendapatkan solusi terbaik. 

Gunakan kesempatan di kamar tidur untuk memberikan banyak pujian romantis terhadap pasangan. Sampaikan secara langsung bahwa Anda bahagia menerima perlakuan selama melakukan hubungan seksual. Hal ini dapat membantu meningkatkan keharmonisan sekaligus gairah Anda dan pasangan.

3. Ciptakan rasa nyaman

Perasaan risih dan canggung menjadi penyebab utama gagalnya membicarakan soal seks dengan pasangan. Oleh karena itu, sebaiknya ciptakan dulu lingkungan yang santai dan nyaman, misalnya sambil duduk bersantai di ruang tamu. Setelah keduanya sama-sama nyaman, barulah Anda berdua bisa saling menyampaikan perasaan tanpa ejekan antara satu sama lain.

Jangan lakukan ini saat membicarakan seks dengan pasangan

Meskipun Anda telah berstatus sebagai pasangan suami istri, bukan berarti Anda sudah paham dalam berbagai hal tentang dia. Hati-hati, salah ucap sedikit saja kadang bisa memicu percekcokan dalam rumah tangga. Hal itu pula yang harus diperhatikan dalam kehidupan seksual.

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat sedang membicarakan seks dengan pasangan, antara lain:

1. Jangan membawa masa lalu

Saat sedang santai membicarakan seks bersama pasangan, jangan pernah menyebut-nyebut soal masa lalu. Ingat, masa lalu tidak ditempatkan untuk kehidupan Anda saat ini bersama pasangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Membicarakan soal masa lalu hanya akan mengacaukan rencana Anda untuk berdiskusi mesra dengan pasangan. Jaga perasaan pasangan supaya berakibat baik pada masa depan yang bahagia.

2. Jangan ragu saat menyampaikan fantasi seks

Anda boleh membicarakan seks dengan pasangan mengenai hal apa pun, salah satunya soal fantasi seks. Anda mungkin ingin mencoba berbagai teknik atau manuver terbaru untuk meningkatkan gairah satu sama lain.

Hal ini sah-sah saja, selama dikomunikasikan dengan baik. Tanyakan hal yang sama mengenai fantasi seksual seperti apa yang diinginkan pasangan.

Baca Selengkapnya: Cara Aman Melakukan Sexting

3. Jangan abaikan kesehatan seksual

Membicarakan seks dengan pasangan tidak hanya soal "praktik" nya di ranjang, tapi juga mengenai kesehatan organ intim. Jangan sampai Anda dan pasangan terfokus dengan aktivitas seksual saja, tapi ternyata organ seksualnya tidak sehat.

Lakukan aktivitas bercinta yang aman dan tidak berisiko pada kesehatan, salah satunya dengan menggunakan kondom. Kondom tidak hanya mampu menunda kehamilan, tapi juga mencegah penularan penyakit kelamin.

4. Jangan menyakiti perasaan

Anda diwajibkan untuk selalu mendengar keluhan dan kebahagiaan pasangan soal kehidupan seks. Jangan tertawakan apa yang telah diperoleh atau kemampuan pasangan yang masih di bawah rata-rata. Anda tentu tidak ingin ditertawakan oleh pasangan, bukan?

Maka itu, jalani kehidupan seks dengan normal dan bahagia sehingga rumah tangga Anda selalu harmonis sepanjang masa. Yang terpenting, selalu bicarakan soal seks dengan pasangan tanpa saling menggurui. Ingat, keterbukaan adalah salah satu kunci keharmonisan rumah tanga Anda berdua.

Baca Juga:5 Gaya Bercinta Favorit yang Bikin Pasangan Betah di Ranjang

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Valentine’s survey finds traveling together strengthens relationships [Press release]. (2013). (https://www.ustravel.org/press/valentines-survey-finds-traveling-together-strengthens-relationships)
Sexual dry spells: A look at how Europeans and Americans handle lapses in sexual activity. (n.d.). (https://onlinedoctor.superdrug.com/sexual-dry-spells/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app