Tidak Ingin Sakit Saat Musim Pancaroba? Yuk, Coba Beberapa Tips Berikut Ini

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tidak Ingin Sakit Saat Musim Pancaroba? Yuk, Coba Beberapa Tips Berikut Ini

Musim peralihan atau musim pancaroba merupakan musim dimana terjadi peralihan antara musim hujan ke musim kemarau. Pada musim tersebut biasanya seseorang rentan sekali terserang berbagai macam penyakit. 

Kebanyakan orang telat menyadari akan munculnya musim tersebut, biasanya mereka akan sadar setelah terserang beberapa penyakit seperti radang tenggorokan, batuk, pilek, dan lain-lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Perubahan musim yang tiba-tiba saat musim pancaroba, seperti peralihan musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, dapat melemahkan resistensi tubuh seseorang. 

Perubahan tekanan barometrik dan kelembaban cuaca merupakan faktor yang dapat mempengaruhi sistem saraf, sistem kardiovaskular, dan sistem endokrin seseorang. Perubahan tersebut juga dapat memicu seseorang terserang suatu penyakit.

Orang mengalami banyak perubahan fisiologis yang terus-menerus saat terjadinya perubahan cuaca atau iklim. Bahkan, mungkin mengalami satu atau lebih dari gejala berbeda yang terkait dengan perubahan cuaca saat musim pancaroba.

Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa seiring perubahan musim, seseorang menjadi rentan terserang terhadap sejumlah virus baru yang berkembang dalam lingkungan internal yang berubah. Berikut pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara mencegah agar tidak terserang penyakit pada saat musim pancaroba. Selamat membaca.

Mencuci Tangan Sebelum Makan

Tangan merupakan anggota tubuh yang rentan terhadap sejumlah besar kuman yang berada disekitar Anda. Jika Anda meletakkan tangan di dekat mulut, mata, dan telinga, kuman dan virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh Anda. 

Ingatah untuk rutin menjaga kebersihan tangan Anda dengan mencuci tangan, terutama sebelum makan yang merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah terserangnya suatu penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Minum Banyak Air Putih

Banyak minum air selalu penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Karena perubahan cuaca saat musim pancaroba, seseorang perlu meningkatkan asupan air lebih banyak lagi. Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah hal nomor satu yang dapat Anda lakukan untuk menjaga sistem tubuh Anda dapat beroperasi secara optimal.

Minum banyak air putih juga dapat membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. 

Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air saat musim pancaroba penting untuk mencegah terjadinya suatu penyakit.

Rutin Berolahraga

Olahraga tidak hanya bagus untuk menjaga tetap bugar, tetapi olahraga juga dapat membantu mencegah Anda jatuh sakit. Sebuah studi menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh orang yang secara teratur melakukan olahraga ringan (45 menit olahraga 3-5 hari per minggu) lebih mampu melawan beberapa penyakit pernapasan.

Berolahraga secara teratur dapat merangsang produksi hormon dopamin. Hormon tersebut bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan Anda menjadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, hormon dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Tidur yang Cukup

Tahukah Anda bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 6 hingga 9 jam? Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang tidak cukup tidur, sangat penting bagi Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu istirahat, terutama saat cuaca musim pancaroba. 

Cobalah untuk tidur lebih awal dari waktu biasa Anda tidur. Mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu Anda memiliki stamina yang kuat untuk keesokan hari dan mencegah terhindari dari penyakit saat musim pancaroba.

Mengkonsumsi Suplemen Kesehatan

Mengkonsumsi suplemen saat terserang penyakit merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu proses penyembuhan. Konsumsi suplemen seperti vitamin C dan suplemen penting lainnya seperti multivitamin, minyak ikan, atau apapun yang mengandung omega-3, dan vitamin B6 juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan merupakan sumber energi dan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya dapat menjaga organ tubuh agar bekerja secara optimal, mengkonsumsi makanan yang bergizi yang mengandung vitamin C, zat besi, dan protein juga secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah banyak buah dan sayur-sayuran saat musim pancaroba tiba.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
When someone at home has the flu. (n.d.). (https://www.health.ny.gov/publications/7114.pdf)
Vaccine effectiveness: How well does the flu vaccine work? (2017). (https://www.cdc.gov/flu/about/qa/vaccineeffect.htm)
People 65 years and older influenza. (2018). (https://www.cdc.gov/flu/about/disease/65over.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app