Latihan Meningkatkan Konsentrasi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Latihan Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi, daya ingat dan fokus bisa terkikir seiring dengan berjalannya waktu. Banyak hal yang bisa membuat kita sulit fokus, bisa karena terlalu banyak hal yang kita pikirkan di kepala kita, atau mungkin karena faktor usia. Tapi tenang saja, ada latihan yang bisa membantu Anda lebih konsentrasi dan fokus.

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Beberapa latihan meningkatkan konsentrasi yang dapat Anda coba antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

1. Membaca buku dan menghitung banyak kata dalam 1 paragraf

Bacalah buku apa saja dan hitunglah berapa banyak kata dalam satu paragraf. Kemudian, ulangi lagi penghitungan Anda dari awal. Tambahkan jumlah paragraf yang Anda hitung jumlah katanya. Jika Anda sudah mulai terbiasa, mulailah menghitung jumlah kata yang ada di satu halaman. Lakukan tanpa bersuara dan tanpa menggerakkan jari Anda.

2. Memusatkan perhatian pada buah tertentu

Ambillah satu buah, entah itu apel, jeruk atau pisang, pegang di tangan Anda. Kemudian, amati buah tersebut dari berbagai sisi sambil mencurahkan semua perhatian Anda pada buah tersebut. Jangan membiarkan pikiran Anda teralihkan, tetaplah tenang, dan jangan pedulikan hal lain atau pikiran lain yang muncul. Tetaplah melihat buah tersebut dengan penuh perhatian, perhatikan bentuknya, aromanya, rasa dan sensasi sentuhannya.

3. Menggambar

Cobalah menggambar segitiga kecil, segiempat atau lingkaran pada selembar kertas, yang berukuran sekitar tiga inci dan warnai dengan warna apa saja. Kemudian, konsentrasikan tatapan dan perhatian Anda pada kreasi Anda tersebut dan anggaplah bahwa benda yang ada di sekitar Anda hanyalah gambar tersebut, tanpa memikirkan hal lain. 

4. Tutup mata dan menggambar apa yang Anda pikirkan

Serupa dengan nomor tiga, sekarang cobalah untuk menutup mata Anda dan memvisualisasikan bentuk yang tadi sudah Anda gambar dan perhatikan. Jika Anda lupa seperti apa bentuk dari gambar Anda, buka mata dan lihatlah kembali gambar tersebut selama beberapa detik, kemudian kembali tutup mata Anda dan lanjutkan visualisasi.

5. Mengosongkan pikiran

Cobalah untuk mengosongkan pikiran selama lima menit. Lakukan latihan ini jika Anda sudah berhasil mengatasi latihan-latihan yang sudah disebutkan sebelumnya. Keberhasilan Anda melakukan latihan-latihan sebelumnya dapat membantu Anda mendiamkan pikiran Anda meskipun hanya sementara waktu saja.

Ulangi lagi semua latihan ini agar Anda sukses membangun konsentrasi pikiran Anda dan memfokuskan diri Anda untuk kepentingan Anda masing-masing. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan latihan ini, akan semakin cepat perkembangan Anda dalam kemampuan berkonsentrasi. Mulailah dengan melakukan langkah-langkah di atas selama sepuluh menit, dan dengan semakin mudahnya setiap langkah, maka kemampuan Anda berkonsentrasi juga akan semakin bertambah.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Timothy J. Legg, PhD, PsyD, Exercise Improves Concentrate (https://www.healthline.com/health/mental-health/how-to-improve-concentration), 3 September 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
3 Jenis Latihan Barbell yang Dapat Dilakukan Oleh Pemula
3 Jenis Latihan Barbell yang Dapat Dilakukan Oleh Pemula

Namun dengan melakukan 3 jenis latihan seperti di bawah, Anda dapat melakukan latihan yang menargetkan semua otot-otot di tubuh Anda dengan cara yang mudah dan sederhana. Berikut adalah 3 latihan menggunakan barbel yang cocok dilakukan bagi pemula.

Buka di app