Susah Kurus? Mungkin Metode Ini Dapat Membantu!

Dipublish tanggal: Feb 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Susah Kurus? Mungkin Metode Ini Dapat Membantu!

Bagi Anda yang juga memiliki masalah berat badan, Anda pasti juga penasaran bukan? 

Anda tidak perlu menjalani suatu program diet untuk mengurangi berat badan, melainkan melakukan operasi yang dikenal dengan Operasi bariatrik, yaitu suatu prosedur mengurangi volume lambung dengan cara memotong lambung dan membuat ukurannya lebih kecil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Operasi bariatrik memang terbukti efektif untuk mengurangi berat badan karena mengurangi nafsu makan akibat volume lambung yang kecil membuatnya menjadi lebih cepat terisi, tetapi yang membuat banyak orang ragu untuk menjalani operasi ini adalah karena lambung mereka akan menjadi sangat kecil saat operasi selesai dilakukan.

Oleh karena itu prosedur yang disebut gastric banding therapy , dapat menjadi alternatif dari operasi bariatrik. Gastric banding therapy bekerja dengan mekanisme yang sama, yaitu membuat volume lambung menjadi kecil, sehingga membuat seseorang cepat kenyang. 

Tetapi pada gastric banding therapy , volume lambung tidak mengecil secara permanen, sehingga jika target berat badan telah tercapai, Anda bisa melepasnya dan mengembalikan ukuran lambung Anda. Lebih jelas mengenai prosedur ini, mari disimak hal apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum menjalankan prosedur ini.

Apa itu Gastric Banding Therapy?

Gastric banding therapy adalah salah satu dari serangkaian prosedur bedah yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. 

Pembedahan itu sendiri melibatkan penyisipan sabuk pada lambung dengan prosedur laparoskopi (suatu prosedur operasi dengan sayatan minimal dan dipandu dengan kamera), sabuk yang digunakan merupakan perangkat alat bedah yang terdiri dari cincin karet silikon berongga tipis yang disertai dengan tabung kecil. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Ketika cincin tersebut dipasang, dapat membatasi jumlah makanan dan asupan kalori,sehingga memungkinkan pasien untuk merasa lebih cepat kenyang dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori, sehingga dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Persiapan sebelum menjalani prosedur

Sebelum melakukan operasi, pasien disarankan untuk mendiskusikan semua pilihan dengan dokter. Ketahui risiko dan manfaat dari prosedur ini. Jika pasien sudah mengerti segala risiko dan manfaatnya, operasi baru dapat dimulai dan biasanya gastric banding therapy dilakukan melalui operasi laparoskopi.

Operasi laparoskopi hanya memakan waktu sekitar satu jam dengan biaya sekitar 50 hingga 100juta rupiah dan dilakukan dengan anestesi umum dimana pasien tertidur saat operasi dilakukan. 

Operasi dilakukan dengan membuat antara satu hingga lima sayatan kecil yang dibuat di perut pasien. Ahli bedah melakukannya dengan memasukkan kamera kecil dan instrumen bedah ke dalam rongga perut untuk menempatkan sabuk/pita silikon yang dapat disesuaikan dengan menggunakan kamera. 

Seringkali pasien dikirim pulang pada hari yang sama setelah prosedur dan dapat bekerja beberapa hari kemudian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Kelebihan sekaligus kekurangan Gastric Banding Therapy

Meskipun merupakan implan jangka panjang, band lambung bukanlah alat permanen. Bahkan, pasien mungkin memerlukan prosedur tambahan untuk memposisikan ulang, mengganti atau menghapus pita lambung. 

Jika seorang pasien tidak mengikuti rekomendasi dokter tentang perubahan gaya hidup khususnya diet, tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi serangkaian komplikasi juga bisa dialami. 

Ahli bedah bariatric akan sangat menuntut kepatuhan pasien ketika menggunakan sabuk/pita lambung untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mengurangi risiko komplikasi.

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan dari Gastric Banding Therapy

Menurut Administrasi Makanan dan Obat di AS (FDA), risiko yang terkait dengan operasi termasuk 

  • Mual
  • Muntah kesulitan menelan
  • Penyakit gastroesophageal reflux (GERD), 
  • Gangguan pencernaan sakit perut, bocornya sabuk lambung, 
  • Peregangan kantong perut baru, Sabuk lambung yang bergeser dari posisi semula
  • Sabuk yang tembus dan masuk ke dalam lambung hingga peregangan esofagus (kerongkongan) akibat saluran dari kerongkongan ke lambung yang mengecil.

Prosedur ini adalah yang paling aman, sementara prosedur lain, seperti pemotongan lambung yang dilakukan dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti sepsis, kegagalan organ dan kematian. 

Oleh karena itu, amat disarankan untuk mengonsultasikannya dengan dokter Anda sebelum melakukan operasi ini. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Laparoscopic gastric banding. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/ency/article/007388.htm)
Gastric bands: How it works, surgery, who should have it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/298313)
Laparoscopic Gastric Banding: A Minimally Invasive Surgical Treatment for Morbid Obesity. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1513972/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app