Sumatriptan: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 5, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sumatriptan adalah salah satu jenis obat yang bentuknya berupa tablet, nassal sparay (obat yang disemprotkan ke dalam hidung atau suntikan) dan termasuk dalam golongan obat triptan dan berfungsi untuk mengobati atau sekedar meringankan penyakit migrain akut. 

Selain itu obat jenis sumatriptan juga dapat mengurangi gejala sakit kepala, nyeri kepala dan gejala migrain seperti gejala mual mual, muntah dan sesnsitif terhadap suara dan cahaya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Obat jenis sumatriptan bekerja dengan cara menstimulasi reseptor zat alami dalam otak bernama serotonin atau 5HT pada pembuluh darah yang mengalami penyempitan agar kembali normal sehingga rasa sakit, nyeri dan migrain pada kepala dapat terasa lebih mereda.  

Obat jenis sumatriptan bukanlah obat untuk mencegah datangnya migrain, namun obat ini mampu mengatasi dan meredakan gejala migrain pada kepala seseorang.

Dosis penggunaan obat Sumatripan

Dikarenakan obat jenis sumatripan ialah obat yang harus diresepkan oleh dokter dan bukanlah jenis obat obatan umum yang dijual bebas di pasaran maka bila seseorang membutuhkan obat ini, orang tersebut haruslah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau team medis yang sudah biasa menangani kasus migrain. 

Begitupun dengan dosis yang harus dikonsumsi, dokter akan meresepkan obat ini sesuai dengan keadaan masing masing pasien. Namun terdapat beberapa dosis standard yang biasa dokter berikan pada pasien tergantung pada bentuk obat sumatripan yang dikonsumsi atau digunakan. 

Untuk obat sumatripan berbentuk tablet, dokter umumnya akan memberikan dosis 50 hingga 100 miligram per harinya bila mengalami migrain akut dan dapat diulang setelah jedah waktu 2 jam bila migrain kembali menyerang. 

Dosis maksimal per hari yang dapat diberikan oleh team dokter kepada pasiennya ialah 300 miligran per hari. Untuk penggunaan obat sumatripan dalam bentuk nassal spray, dokter biasanya akan meresepkan obat sumatripan ini 20 miligram per 1 lubang hidung setiap kali pakai saat migrain sedang menyerang, namun bila mgrain kembali menyerang maka pasien bisa mengulangi lagi pemberian 20 miligram obat sumatripan dalam bentuk nassal spray ke lubang hidungnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Maksimal pemberian obat sumatripan dalam bentuk nassal spray per harinya hanya 40 miligram saja. 

Sedangkan untuk kasus pasien yang membutuhkan sumatripan dalam bentuk suntikkan maka dokter umumnya akan meresepkan obat ini dalam dosis 6 miligram dalam satu kali suntik dan bisa diulang lagi bila migrain kembali akut setelah jedah waktu 1 jam. 

Pemberian obat sumatripan dalam bentuk suntikan maksimal per harinya ialah 12 miligram.

Peringatan dalam Mengkonsumsi obat Sumatriptan

Obat sumatriptan ialah obat yang diresepkan oleh dokter sehingga pemakaian obat sumatriptan harus selalu mengikuti anjuran dokter dan dibawah pengawasan dokter. 

Perlu diingat untuk tidak mengurangi atau menambahkan dosis sesukanya tanpa sepengetahuan dan ijin dari team dokter karena dikhawatirkan akan memberikan efek negatif pada sistem migrain sang pasien.

Jangan lupa untuk memberitahukan kepada team dokter segala riwayat penyakitmu (khususnya untuk pasien yang pernah mengidap gangguan jantung, hipertensi, gangguan sirkulasi darah, gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, kejang-kejang, stroke, atau transient ischaemic attack) serta alergi yang kamu idap hingga obat obatan yang pernah kamu konsumsi agar dokter bisa mengecek ada atau tidaknya interaksi kimia antar obat yang akan terjadi pada tubuh pasien ketika pasien juga menerima perawatan obat sumatriptan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Obat sumatriptan hanyalah obat yang dapat meredakan gejala rasa sakit pada migrain pasien dan bukan mencegahnya sehingga pengkonsumsian atau penggunaan obat jenis sumatriptan ini hanya boleh ketika si pasien mengalami migrain akut.

Obat jenis sumatriptan dalam bentuk tablet dapat kamu minum langsung dengan air putih atau kamu larutkan pada air putih dan bisa dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah makan.  

Sedangkan obat sumatriptan dengan bentuk nassal spray dan suntikan dapat kamu gunakan bila gejala migrain menyerang.

Untuk pasien dengan usia anak anak atau dibawah 18 tahun serta pasien dengan usia lanjut usia atau 65 tahun keatas maka pemakaian obat ini benar benar harus berada dalam anjuran dan resep dokter.

Sebaiknya untuk tidak mengendarai kendaraan mobil maupun motor serta melakukan pekerjaan berat setelah penggunaan obat sumatriptan karena obat ini bisa menyebabkan rasa mengantuk.

Efek samping menggunakan Sumatriptan

Beberapa efek samping yang dapat dirasakan oleh para pasien sumatriptan ialah rasa pusing, kejang, nafas menjadi lebih pendek, tenggorokan terasa serak, mual dan muntah, iritasi pada membran hidung dan pendarahan hidung serta tekanan darah meningkat.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stewart, M. Patient (2017). Sumatriptan – for Migraine and Cluster Headaches. (https://patient.info/medicine/sumatriptan-for-migraine-and-cluster-headaches-imigran)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app