Simak, Pertolongan Pertama Luka Bakar yang Tepat

Dipublish tanggal: Mei 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Simak, Pertolongan Pertama Luka Bakar yang Tepat

Setiap hari kita terbiasa beraktivitas di berbagai tempat dan keadaan, baik berinteraksi dengan sesama kawan kerja dan kondisi lainnya. Pada beberapa pekerjaan memang mengharuskan anda dengan beberapa zat atau kondisi berbahaya apabila tidak mengikuti aturan safety life.

Salah satunya adalah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan api. Ya, api sangat mudah ditemukan oleh anda yang bekerja sebagai koki untuk sebuah restoran. Maupun Anda yang bekerja di tempat lainnya dan kerap kali harus berinteraksi dengan api.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebenarnya luka bakar bukan hanya berasal dari api saja, karena yang dimaksud dari luka bakar ini adalah luka yang dapat merusak lapisan kulit dan tubuh akibat sesuatu yang memiliki energi panas. 

Sehingga ketika anda dapat tak sengaja terkena cipratan minyak goreng panas, tidak sengaja menyentuh panci di kompor, atau terkena panasnya setrika listrik ketika sedang menyetrika baju bisa juga dikategorikan sebagai luka bakar.

Sumber Penyebab Luka Bakar

Berikut ini adalah beberapa sumber utama yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan sumber utama penyebab terjadinya luka bakar pada tubuh, antara lain:

  • Berbagai bentuk listrik, baik listrik rumah tangga atau produksi dan petir.
  • Sumber kimiawi seperti soda api.
  • Sumber radiasi terutama sinar Ultraviolet atau UV yang berasal dari matahari dan bahan bahan yang bersifat radioaktif.
  • Sumber panas yakni berasal dari segala sesuatu yang bisa mengalirkan tenaga panas.

Kenali Golongan Luka Bakar

Luka Bakar Derajat Satu atau Superfisial
Luka bakar derajat satu biasanya hanya terjadi pada lapisan atas kulit atas atau sering kita sebut dengan epidermis. Reaksi kulit yang sering kita rasakan dalam golongan luka bakar ini adalah kulit menjadi bengkak dan berwarna lebih kemerahan jika dibandingkan permukaan kulit lainnya.

Luka Bakar Derajat Dua
Luka bakar ini biasanya sudah berhasil merusak lapisan epidermis, kemudian sedikit mengganggu lapisan kulit dalam. Sehingga anda akan merasakan sakit dan terkadang memiliki kandungan air  yang membentuk gelembung. 

Kemudian pembengkakan tersebut akan sembuh dengan sendirinya ditandai luka yang mengering dan menjadikan sel kulit mati diganti dengan sel kulit baru. Yakni dengan membentuk lapisan kulit baru tepat di bawah kulit yang terkena luka bakar.

Luka Bakar Derajat Tiga
Luka bakar ini memiliki area luka yang tidak terbatas, bahkan bisa sampai ke dalam organ tubuh dan struktur tulang. Luka bakar derajat tiga merupakan luka bakar paling berat, dimana membutuhkan perawatan dan pemulihan yang memakan waktu cukup lama. 

Setelah luka perlahan mengering maka kulit akan berubah warna menjadi lebih kering dan bahkan berwarna pucat pasi, namun berbeda keadaannya dengan pasien yang terkena luka bakar lebih parah.

Bagaimana Melakukan Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar?

  • Gunakan air mengalir untuk membasuh sekaligus memberikan efek mendinginkan luka. Hal itu perlu dilakukan supaya daerah luka tidak menjadi semakin luas.
  • Pastikan tidak ada satu barang yang menempel di area luka bakar seperti pakaian atau perhiasan. Hal tersebut dapat mempermudah penanganan dalam pertolongan pertama.
  • Setelah luka bakar bersih maka selanjutnya anda harus mengoleskan krim yang mampu meredakan luka bakar seperti body lotion. Hindari pemakaian mentega ataupun odol, karena bahan tersebut justru akan memperparah luka.
  • Terakhir balut luka dengan hati-hati kemudian hindari untuk memecahkan gelembung luka jika ada. Selanjutnya, anda dapat mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk memastikan luka bakar Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Classification of Burns - Health Encyclopedia. University of Rochester Medical Center. (https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=90&ContentID=P09575)
Burns and Wounds. Johns Hopkins Medicine. (https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/burns)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app