Kebiasaan Sehat

Setelah Terserang Stroke, Kapan Proses Pemulihannya Mulai Bisa Dilakukan?

Dipublish tanggal: Jun 8, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Setelah Terserang Stroke, Kapan Proses Pemulihannya Mulai Bisa Dilakukan?

Stroke terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah. Ketika pembuluh darah tersumbat atau rusak, hal tersebut dapat menyebabkan suplai darah ke otak melambat atau berhenti. Terhentinya pasokan darah dan oksigen ke otak dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan otak. 

Stroke merupakan kondisi yang muncul secara tiba-tiba, dan harus segera ditangani sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai kapan proses pemulihan atau penyembuhan seseorang yang mengalami stroke dimulai. Selama membaca.

Kapan proses pemulihan stroke dimulai?

Stroke mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda-beda. Banyak penderita stroke yang membaik dalam waktu yang lama, beberapa orang juga mengalami perbaikan dalam waktu bertahun-tahun. 

Pemulihan pasca stroke dapat melibatkan perubahan aspek fisik, sosial, dan emosional dalam hidup Anda.

Merupakan suatu hal yang normal jika Anda merasa marah, cemas atau tertekan setelah mengalami stroke. Anda mungkin merasa khawatir dengan pekerjaan, uang, dan hubungan pribadi Anda, dan mengalami kelelahan akibat stroke hanya dapat memperburuk keadaan.

Pemulihan pasca stroke merupakan proses panjang yang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Pada kondisi tersebut dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan tindakan untuk mengontrol kondisi penderita stroke agar lebih stabil dan menghindari terjadinya serangan stroke kembali.

Setelah kondisi penderita stroke stabil, dokter biasanya akan menyarankan untuk memulai melakukan terapi penyembuhan pasca stroke. Semakin cepat proses pemulihan dilakukan semakin baik pula hasil yang akan diperoleh untuk mengembalikan fungsi tubuh yang rusak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Berapa lama waktu pemulihan stroke berlangsung?

Pemulihan stroke terjadi segera setelah proses penyakit terkendali. Otak mulai merespons secara perlahan kerusakan yang terjadi dan akan mengubah fungsinya untuk mengakomodasi kehilangan atau kematian dari bagian-bagian tubuh yang rusak.

Keluarga dan penderita stroke perlu memahami bahwa pemulihan stroke merupakan suatu proses yang lama dan tidak dapat diprediksi. Bagaimana otak memperbaiki kondisinya yang rusak masih merupakan suatu misteri. Inilah yang membuat prognosis setiap penderita stroke berbeda-beda pada setiap individu dan tingkat keparahan stroke yang dialami.

Dokter, perawat, dan terapis hanya bisa menebak bagaimana seorang penderita stroke akan merespons sesuai dengan lokasi dan tingkat keparahan stroke. Hal lain yang dapat membantu proses pemulihan yaitu dukungan dari keluarga, teman, dan orang-orang yang pernah mengalami stroke.

Manfaat rehabilitasi untuk pemulihan stroke

Rehabilitasi sebenarnya dimulai di rumah sakit sesegera mungkin setelah stroke. Pada pasien yang stabil, rehabilitasi dapat dimulai dalam dua hari setelah stroke terjadi, dan harus dilanjutkan seperlunya setelah keluar dari rumah sakit. 

Tujuan jangka panjang dari rehabilitasi adalah untuk meningkatkan fungsi tubuh sehingga penderita stroke dapat kembali beraktivitas semaksimal mungkin.

Tergantung pada tingkat keparahan stroke, opsi rehabilitasi dapat meliputi:

  • Unit rehabilitasi di rumah sakit dengan terapi rawat inap
  • Unit perawatan subakut
  • Rumah sakit rehabilitasi dengan terapi rawat inap individual
  • Terapi di rumah
  • Pulang ke rumah dengan terapi rawat jalan
  • Fasilitas perawatan jangka panjang yang menyediakan terapi dan perawatan yang terampil

 

Untuk membantu mencapai sasaran pemulihan pasca serangan stroke, program rehabilitasi biasanya akan direncanakan oleh tim profesional. Tim tersebut dapat mencakup beberapa hal berikut:

  • Physiatrist: Spesialisasi dalam rehabilitasi setelah cedera, kecelakaan atau sakit
  • Ahli saraf: Spesialisasi dalam mencegah, mendiagnosis dan mengobati stroke dan penyakit otak dan sumsum tulang belakang lainnya
  • Perawat Rehabilitasi: Spesialisasi dalam membantu orang dengan disabilitas dan membantu menangani masalah kesehatan yang mempengaruhi stroke (mis: diabetes, tekanan darah tinggi) dan menyesuaikan diri dengan kehidupan setelah stroke
  • Terapis Fisik: Membantu penderita stroke dengan masalah dalam bergerak dan keseimbangan, menyarankan latihan untuk memperkuat otot untuk berjalan, berdiri dan kegiatan lainnya.
  • Terapis Okupasi: Membantu penderita stroke mempelajari strategi untuk mengelola kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi, berpakaian, menulis atau memasak.
  • Ahli Bicara dan Bahasa: Membantu penderita stroke mempelajari kembali keterampilan bahasa (berbicara, membaca, dan menulis)
  • Ahli diet: Mengajarkan para penderita stroke tentang mengkonsumsi makanan yang sehat dan diet khusus (garam rendah, rendah lemak, rendah kalori)
  • Neuropsychologist: Mendiagnosis dan mengobati penderita stroke yang mungkin menghadapi perubahan dalam pemikiran, ingatan, dan perilaku setelah stroke


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stroke facts. (2017). (http://www.cdc.gov/stroke/facts.htm)
Mayo Clinic Staff. (2017). Stroke rehabilitation: What to expect as you recover. (http://www.mayoclinic.com/health/stroke-rehabilitation/BN00057)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app