Setelah Bercinta Jangan Langsung Tidur, Lakukan 7 Ritual Penting Berikut

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 27, 2019 Waktu baca: 2 menit
Setelah Bercinta Jangan Langsung Tidur, Lakukan 7 Ritual Penting Berikut

Permasalahan pada organ intim seringkali dikeluhkan orang sebagian wanita setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Keluhan terhadap vagina itu dapat berupa mengalami iritasi, gatal, lecet pada vagina. Permasalahan tersebut dapat terjadi pada wanita yang sering kali melakukan kesalahan setelah melakukan hubungan seksual.

Penting bagi Anda untuk melakukan ritual penting yang harus Anda lakukan ketika Anda selesai berhubungan badan. Selain iritasi, Anda pun juga bisa terserang oleh penyakit kelamin yang menular apabila Anda tidak melakukan apa yang seharusnya Anda lakukan. Sedangkan Anda memiliki kewajiban untuk mengikuti 7 ritual berikut setelah selesai melakukan hubungan seks, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Berendam untuk menghindari iritasi dan pembengkakan

Mandi berendam menjadi penutupan yang sempurna setelah Anda merasa lelah bercinta. Untuk menghindarkan dari iritasi atau pembengkakan pada area vagina, Anda bisa mencampurkan air rendaman dengan minyak kelapa. Selain dapat menghidrasi kulit, minyak kelapa juga dapat membantu Anda untuk menghindari pembengkakan dan iritasi pada vagina.

Buang air kecil setelah selesai bercinta

Pada saat Anda sudah selesai bercinta, Anda dapat buang air kecil. Hal ini memiliki tujuan agar bakteri yang menempel pada uretra selama berhubungan badan ikut larut bersama dengan urine. Sedangkan untuk bakteri yang berada di dekat uretra pada saat bercinta memiliki potensi terhadap infeksi vagina.

Konsumsi banyak makanan probiotik

Mengkonsumsi banyak makanan probiotik memiliki kegunaan untuk mengembangbiakkan bakteri baik yang terdapat di dalam tubuh, dengan demikian, maka hal ini bisa mengurangi serangan infeksi setelah melakukan hubungan badan. Untuk itu, Anda selalu disarankan agar mengkonsumsi banyak maka prebiotik seperti kimchi, yogurt da makanan fermentasi yang lainnya.

Cuci vagina menggunakan air hangat

Mencuci vagina menggunakan air hangat dapat membersihkan bagian luar vagina setelah berhubungan badan. setelah Anda membersihkan vagina menggunakan air hangat, Anda bisa menggunakan handuk lembut untuk mengeringkan vagina. Anda tidak perlu menggunakan sabun kewanitaan, karena cukup dengan menggunakan air hangat, Anda bisa membersihkan vagina cukup dengan air hangat saja.

Konsumsi Suplemen atau pil Cranberry

Pil atau suplemen Cranberry memiliki kegunaan untuk membantu melakukan pencegahan dari adanya penyakit kelamin yang menular setelah bercinta. Untuk suplemen Cranberry dapat Anda temukan di apotek maupun melalui resep dokter.

Gunakan pakaian longgar seusai membersihkan vagina

Setelah Anda selesai membersihkan vagina, Anda tidak disarankan untuk menggunakan pakaian dalam yang ketat. Karena hal ini dapat membuat vagina menjadi lembab dan sulit bernafas. Dengan demikian, Anda disarankan untuk menggunakan pakaian dalam setelah selesai membersihkan vagina seusai berhubungan seks.

Konsumsi banyak air putih

Mengkonsumsi banyak air putih seusai berhubungan badan dapat dijadikan untuk menghidrasi tubuh agar tidak kehabisan cairan. Karena mengingat bahwa saat berhubungan badan, banyak tenaga yang harus dikeluarkan. Dengan demikian, setelah bercinta, konsumsi air putih sebanyak mungkin.

Vagina memiliki kandungan bakteri baik dan bakteri jahat, apabila bakteri baik lebih banyak dari bakteri jahat, maka akan dapat membasmi bakteri dan virus yang ada di dalam vagina. Begitu juga dengan sebaliknya. Setelah selesai melakukan hubungan seks, dengan melakukan ke 7 ritual yang ada di atas, maka akan menjauhkan Anda dari yang namanya infeksi akibat kandungan bakteri yang terdapat dalam vagina.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Preventing a Urinary Tract Infection (UTI). Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/urinary-tract-infections-prevention-3520513)
9 Hygiene Mistakes You Might Be Making Before, During, Or After Intimacy. Bustle. (Accessed via: https://www.bustle.com/p/9-hygiene-mistakes-you-might-be-making-before-during-after-intimacy-30053)
12 Things That Men Should Always Do After Sex. Best Life. (Accessed via: https://bestlifeonline.com/things-to-do-after-sex/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app