Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Sendi Hangat - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Tinjau pada Sep 4, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 826.523 orang

Dari jari-jari kaki hingga ke leher Anda, ada sejumlah sendi yang bertanggung jawab untuk mengatur mobilitas tubuh. Seperti bagian tubuh lainnya, sendi tidak terlepas dari masalah kesehatan yang dapat menyerangnya. Sendi terasa hangat adalah salah satunya. Sendi terasa hangat adalah salah satu pertanda terjadinya peradangan sendi, dimana saat daerah persendian disentuh maka akan terasa lebih hangat dari kulit di sekitarnya dan terkadang disertai oleh rasa nyeri.

Sendi yang hangat sering menimbulkan ketidaknyaman karena biasanya sendi yang terasa hangat disertai dengan pembengkakan dan kemerahan. Sendi yang terasa hangat disertai dengan gejala lainnya dapat merupakan manifestasi dari suatu kelainan sendi.

Apa saja gejala lain yang dapat muncul bersamaan dengan sendi yang terasa hangat ?

Sendi yang terasa hangat akan terasa lebih panas saat disentuh daripada kulit di sekitarnya. Sendi mungkin tampak bengkak dan merah. Daerah persendian mungkin lebih terasa sakit dan tidak nyaman jika Anda mencoba untuk menggerakkannya.

Apa penyebab sendi terasa hangat?

Berbagai bentuk peradangan sendi (arthritis) adalah penyebab paling umum dari persendian yang terasa hangat. Ada dua tipe utama peradangan sendi atau arthritis, yaitu : rheumatoid arthritis (RA) dan osteoarthritis (OA). Jenis artritis lain yang lebih jarang adalah gout arthritis (GA) dimana terjadi penumpukan asam urat pada sendi biasanya di jari-jari kaki atau tangan. Pada GA yang akut akan muncul bengkak (seperti benjolan pada sendi jari) yang kemerahan dan disertai rasa nyeri.

RA adalah gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel di persendian Anda sehingga RA dapat menyebabkan:

  • pembengkakan sendi
  • sendi terasa hangat
  • rasa sakit
  • kelelahan
  • Biasanya persendian yang mengalami kelainan ini adalah persendian tangan dan pergelangan tangan.

OA juga bisa menyebabkan persendian terasa hangat. Tidak seperti RA, OA bukan merupakan gangguan autoimun. OA adalah kondisi yang terjadi ketika bahan bantalan di antara sendi (terutama sendi yang menahan berat tubuh seperti sendi lutut atau sendi pinggul) mulai rusak. OA dapat menyebabkan berbagai gejala pada persendian sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286
  • peradangan
  • rasa sakit
  • sendi terasa hangat
  • kemerahan
  • nyeri tekan
  • kaku ketika digerakkan

Daerah persendian yang sering terkena termasuk pinggul, lutut, dan punggung bawah.

Kondisi terkait artritis bukan satu-satunya faktor yang dapat menyebabkan sendi Anda terasa hangat. Kondisi lain yang dapat menyebabkan sendi terasa hangat meliputi:

  • bursitis: suatu kondisi yang mempengaruhi kantung bursa berisi cairan di lutut
  • asam urat: suatu bentuk peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh (gout arthritis)
  • Penyakit Lyme: infeksi bakteri yang disebabkan oleh gigitan kutu
  • demam rematik: reaksi inflamasi terhadap bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan
  • penyakit sel sabit: sekelompok gangguan yang mempengaruhi hemoglobin dalam sel darah merah
  • tennis elbow: cedera berlebihan yang mempengaruhi tendon yang menempel pada sendi siku Anda

Bagaimana cara mencegah terjadinya sendi terasa hangat

Sendi terasa hangat yang disebabkan oleh RA ataupun OA sulit untuk dicegah. Namun Anda dapat mencegahnya untuk berkembang menjadi lebih buruk dengan menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan dan mengurangi aktivitas yang memberikan tekanan terlalu besar pada daerah persendian.

Sedangkan untuk peradangan sendi yang disebabkan oleh penyakit lain, Anda perlu mengontrol perkembangan penyakit yang Anda derita untuk mencegah terjadinya peradangan sendi yang dapat menyebabkan sendi Anda terasa hangat. Sebagai contoh: untuk mengurangi peradangan akibat asam urat, Anda dapat mencegahnya dengan mengontrol kadar asam urat dalam darah.

Bagaimana cara mengatasi sendi terasa hangat?

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan diri Anda ke dokter dan menentukan apa kondisi apa yang menyebabkan daerah persendian terasa hangat. Setelah dokter Anda menentukan kondisi yang mendasarinya, dokter dapat merekomendasikan perawatan apa yang tepat untuk Anda. Banyak perawatan untuk mengatasi persendian hangat yang dapat dilakukan di rumah. Contohnya termasuk:

  • Meletakan kompres panas atau dingin, tergantung pada tujuan perawatan Anda. Kompres dingin dapat meredakan peradangan sementara kompres panas dapat meningkatkan fleksibilitas.
  • menerapkan pola makan yang sehat untuk mempertahankan berat badan yang ideal, sehingga dapat mengurangi tekanan pada persendian Anda.
  • melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih rendah, seperti berjalan atau berenang. Anda dapat memulai program olahraga yang tepat untuk Anda setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • menggunakan obat-obatan anti inflamasi non steroid yang dijual bebas, yang dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Contohnya termasuk asetaminofen dan ibuprofen.
  • mengistirahatkan sendi yang sakit akibat cedera.

Dokter Anda juga mungkin akan meresepkan obat-obatan jika rasa sakit Anda derita parah atau jika kondisi Anda disebabkan oleh kondisi medis yang memerlukan pengobatan menggunakan obat-obatan tertentu. Misalnya, dokter akan mengobati asam urat dengan obat-obatan yang mengurangi jumlah asam urat dalam darah Anda. Sehingga dapat menjaga kristal asam urat terbentuk dan menyebabkan sendi Anda menjadi hangat.

Selain obat-obatan, dokter Anda juga mungkin akan merekomendasikan perawatan invasif. Perawatan intensif dapat dilakukan dengan pemberian suntikan steroid untuk mengurangi peradangan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk memperbaiki sendi yang rusak.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit