Sel Kulit Mati di Wajah Terasa Mengganggu? Ikuti Cara Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Penumpukan sel kulit mati pada area wajah tentu akan terasa mengganggu, apalagi jika tumpukan tersebut membuat kulit wajah menjadi terlihat kusam ataupun berjerawat. 

Sel kulit mati dapat menumpuk pada kulit dikarenakan kulit sebenarnya akan beregenerasi setiap 28 sampai 30 hari. Ketika sel kulit melakukan regenerasi, sel kulit baru yang dihasilkan akan keluar serta mendorong kulit mati ke permukaan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk membantu menghilangkan sel kulit mati yang ada pada permukaan, eksfoliasi bisa menjadi salah satu tips yang harus dilakukan. Seiring berjalannya usia, sebenarnya kemampuan kulit untuk beregenerasi akan menurun sehingga sel kulit mati dapat lebih banyak menumpuk. 

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan sel kulit mati menumpuk di wajah.

Penyebab Sel Kulit Mati Menumpuk

1. Tidak melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi sangat baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Hal ini dikarenakan tahapan double cleansing rutin setiap hari saja sebenarnya masih kurang. Untuk melakukan eksfoliasi juga cukup sebanyak satu hingga dua kali seminggu.

Ada beberapa jenis eksfoliasi yang bisa dipilih seperti secara kimia dan fisik. Eksfoliasi kimia dengan menggunakan chemical exfoliator seperti glycolic acid. Sementara secara fisik dilakukan dengan butiran scrub.

2. Tidak menggunakan pelembab

Mempertahankan kelembaban kulit dengan menggunakan pelembab sangat penting untuk membantu mempercepat terjadinya eksfoliasi alami pada kulit. Hal ini disebabkan ketika kulit kering, maka proses pengangkatan kulit mati akan lebih sulit dilakukan. 

ketika kulit menjadi kering, maka kulit akan menciptakan lapisan tersendiri yang membuat sel kulit mati terperangkap sehingga sulit terdorong dan beregenerasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Kurang optimal membersihkan wajah

Ada beberapa faktor yang membuat penumpukan kulit mati di wajah menjadi semakin parah, misalnya karena make-up harian, polusi, minyak dan kotoran. Hal ini dapat membuat sel kulit mati lebih menumpuk pada wajah hingga membuat wajah menjadi kusam dan berjerawat. 

Oleh sebab itu, bersihkan wajah secara rutin setiap hari agar kotoran, minyak dan makeup dapat hilang dengan sempurna. Ketika kotoran yang menumpuk di permukaan kulit menghilang, maka kulit akan lebih cepat beregenerasi.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit. Untuk mengatasi penumpukan kulit mati di area wajah, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah tips alami yang sudah dirangkum di bawah ini:

Tips Alami Mengangkat Sel Kulit Mati di Kulit

1. Eksfoliasi dengan butiran gula pasir

Gula merupakan salah satu bahan alami yang memiliki sifat seperti butiran scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mendapatkan manfaat gula pasir sebagai scrub alami, cukup campurkan gula pasir dengan madu atau minyak zaitun. 

Sebaiknya aplikasikan gula sebagai scrub seminggu sekali karena sifat gula yang kasar tidak disarankan sering digunakan.

2. Madu

Madu tidak hanya manis di lidah dan baik bagi tubuh, namun juga memiliki manfaat yang besar bagi kecantikan kulit. Madu bermanfaat untuk melembabkan kulit, menghilangkan komedo serta mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih sehat. 

Madu mengandung antioksidan yang sangat baik untuk peremajaan kulit.

3. Kopi

Selain butiran gula pasir, ampas kopi juga memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. 

Selain itu, ampas kopi ternyata juga memiliki manfaat lain untuk menenangkan atau relaksasi kulit dan mengurangi bengkak di area sekitar mata. Untuk hasil terbaik, campurkan kopi dengan minyak zaitun.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Removing dead skin from the face: 6 ways and what to avoid. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327394.php)
Remove Dead Skin from Face: The Best and Worst Ways to Do It. Healthline. (https://www.healthline.com/health/remove-dead-skin-from-face)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app