Sea Buckthorn: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Jun 21, 2019 Waktu baca: 5 menit

Sea Buckthorn (Hippophae rhamnoides) merupakan tanaman di mana daun, bunga, biji, dan buahnya memiliki banyak khasiat yang digunakan untuk membuat obat dan sebagai bahan produk kosmetik. 

Daun dan bunga Sea Buckthorn digunakan untuk mengobati radang sendi, borok usus, asam urat, dan ruam kulit yang disebabkan oleh penyakit menuar seperti campak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Teh yang mengandung daun Sea Buckthorn juga menjadi sumber vitamin, antioksidan, asam amino, asam lemak, dan mineral yang dapat meningkatkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan imunitas tubuh, serta mencegah dan mengendalikan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Sementara itu, buah Sea Buckthorn dapat diolah menjadi jus, saus, maupun jelly dan digunakan untuk mencegah infeksi, meningkatkan penglihatan, serta membantu memperlambat proses penuaan.

Minyak biji atau berry Sea Buckthorn digunakan sebagai ekspektoran untuk melonggarkan dahak, mengobati asma, gangguan jantung termasuk nyeri dada dan kolesterol tinggi, mencegah penyakit pembuluh darah, dan sebagai antioksidan.

Minyak Sea Buckthorn juga digunakan untuk memperlambat penurunan keterampilan berpikir karena faktor usia, mengurangi penyakit akibat kanker, serta membatasi toksisitas pengobatan kanker akibat bahan kimia (kemoterapi), menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, mengobati penyakit lambung dan usus termasuk bisul dan refluks esofagitis (GERD), mengobati kebutaan malam dan mata kering, dan sebagai sumber tambahan vitamin C, A, dan E, beta-karoten, mineral, asam amino, dan asam lemak.

Beberapa orang menggunakan Sea Buckthorn berry, konsentrat berry, dan minyak berry atau minyak biji langsung ke kulit untuk mencegah kulit terbakar, mengobati kerusakan radiasi dari sinar-x, penyembuhan luka bakar, mengobati jerawat, dermatitis, kulit kering, eksim, borok kulit, perubahan warna kulit setelah melahirkan, dan melindungi selaput lendir.

Mengenai Sea Buckthorn

Golongan

Suplemen herbal

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Kemasan

Krim, cairan minyak (oil), ekstrak

Kandungan

Vitamin A, B1, B2, B6, C, flavonoid

Manfaat Sea Buckthorn

Banyak efek farmakologis dari Sea Buckthorn yaitu sebagai antimikroba, antiulcerogenik, antioksidan, antikanker, radioprotektif, dan aktivitas antiplatelet, serta efek protektif hati dan kardiovaskular. Sea Buckthorn juga memiliki efek menguntungkan bagi kulit dan mukosa. Sea Buckthorn yang kaya akan vitamin dan mineral bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Kaya akan nutrisi dan antioksidan

Antioksidan yang terkandung di dalam Sea Buckthorn dapat membantu melindungi tubuh terhadap penuaan dan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Biji dan daun Sea Buckthorn kaya akan quercetin (flavonoid yang dikaitkan dengan tekanan darah rendah dan mengurangi risiko penyakit jantung).

Buah Sea Buckthorn sendiri mengandung kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan fosfor, serta mengandung jumlah folat, biotin dan vitamin B1, B2, B6, C dan E yang baik. Sea Buckthorn juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang merupakan 2 jenis lemak sehat. Bahkan minyak Sea Buckthorn menjadi satu-satunya makanan nabati yang mengadung 4 asam lemak omega (omega 3, 6, 7, dan 9).

Menjaga kesehatan jantung

Minyak Sea Buckthorn bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dengan kandungan antioksidan yang dimiliki dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk pembekuan darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mencegah diabetes

Minyak Sea Buckthorn dapat membantu mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan sekresi insulin dan sensitivitas insulin sehingga dapat melindungi tubuh dari diabetes tipe 2.

Melindungi kulit

Sea Buckthorn yang diterapkan langsung pada kulit dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, membantu pemulihan kulit dari luka dan akibat terbakar sinar matahari, meningkatkan elastisitas dan melindungi kulit dari kekeringan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Minyak Sea Buckthorn dapat melindungi tubuh dari infeksi karena memiliki kandungan flavonoid yang tinggi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh daengan meningkatkan resisten terhadap penyakit.

Menjaga kesehatan hati

Minyak Sea Buckthorn mengandung lemak sehat, vitamin E dan karotenoid yang membantu kerja fungsi hati dan melindungi sel hati dari kerusakan.

Membantu melawan sel kanker

Senyawa yang terkandung dalam minyak Sea Buckthorn dapat membantu melawan kanker. Efek perlindungan ini mungkin disebabkan oleh flavonoid dan antioksidan dalam minyak Sea Buckthorn. 

Efek samping Sea Buckthorn

Buah Sea Buckthorn aman untuk dikonsumsi sebagai makanan dan minuman, dapat juga dijadikan selai. Selan itu, buah Sea Buckthorn mungkin juga aman jika diminum sebagai obat atau krim pada kulit tetapi tidak lebih dari 90 hari penggunaan. Sea Buckthorn juga memiliki efek samping yang lebih ringan dibandingkan dengan efek samping dari kemoterapi dalam fungsinya melawan kanker.

Dosis Sea Buckthorn

Dosis Sea Buckthorn yang dianggap aman adalah 20gr per hari secara umum. Tetapi dosis untuk mengatasi beberapa penyakit berbeda-beda, antara lain:

  • Penyakit hati: 15gr 3 x sehari ekstrak Sea Buckthorn selama 6 bulan
  • Antimikroba: 28 gr per hari selama 90 hari
  • Dermatitis atopik: 5 gr per hari benih atau minyak pulp selama 4 bulan
  • Mata kering: 1 gr 2 x sehari selama 3 bulan. Penyakit hati 15 gr 3 kali sehari ekstrak sea buckthorn selama 6 bulan
  • Agregasi trombosit: 5 gr per hari minyak selama 4 minggu
  • Gejala pascamenopause: 1,5 gr 2 x sehari selama 3 bulan
  • Penyakit ginjal: 350 mg ekstrak 2 x sehari selama 12 minggu atau 2 gr per hari ekstrak minyak selama 8 minggu

Dosis Sea Buckthorn yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk Sea Buckthorn.

Tetapi perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosis menjadi penting untuk diperhatikan. Pastikan mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan Sea Buckthorn.

Interaksi Sea Buckthorn

Obat yang memperlambat pembekuan darah (obat Antikoagulan/Antiplatelet) berinteraksi dengan Sea Buckthorn

Sea buckthorn mungkin memperlambat pembekuan darah. Mengonsumsi Sea Buckthorn bersamaan dengan obat-obatan yang juga berfungsi memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.

Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam), ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Anaprox, Naprosyn), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin).

Perhatian

  • Hindari penggunaan Sea Buckthorn pada ibu hamil dan menyusui karena belum ada informasi mengenai keamanan penggunaannya.
  • Penderita gangguan pendarahan tidak boleh menggunakan Sea Buckthorn karena dapat memperlambat pembekuan darah dan dikhawatirkan dapat meningkatkkan risiko memar dan pendarahan.
  • Penderita tekanan darah rendah tidak boleh mengonsumsi Sea Buckthorn karena Sea Buckthorn mungkin dapat menurunkan tekanan darah sehingga menjadi terlalu rendah.
  • Hentikan penggunaan Sea Buckthorn setidaknya 2 minggu sebelum operasi atau pembedahan karena dikhawatirkan dapat memperlambat pembekuan darah dan menyebabkan pendarahan ekstra selama dan setelah operasi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sea Buckthorn: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-sea-buckthorn-89947)
Abundance of active ingredients in sea-buckthorn oil. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5438513/)
Bal, Lalit & Meda, Venkatesh & Naik, Satya & Satya, Santosh. (2011). Sea buckthorn berries: A potential source of valuable nutrients for nutraceuticals and cosmoceuticals. Food Research International. 44. 1718-1727. 10.1016/j.foodres.2011.03.002.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/229404973_Sea_buckthorn_berries_A_potential_source_of_valuable_nutrients_for_nutraceuticals_and_cosmoceuticals)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app