Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Sayuran Organik, Si Hijau yang Sehat

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.553.419 orang

Sayuran Organik, Si Hijau yang Sehat

Sayuran organik. Begitu mendengar kata ini tentu saja terlintas dalam pikiran kamu bahwa sayuran ini ialah sayuran yang sedang trend sekarang ini dan baik untuk dikonsumsi bagi tubuh kamu. Namun tahukah kamu akan arti sesungguhnya dari sayuran atau tanaman organik?

Sayuran organik ialah sayuran yang ditanam secara alami di tanah yang sehat, tanpa adanya rekayasa dan modifikasi genetika, dan tentu saja tidak diperbolehkan menggunakan pestisida buatan, pupuk buatan, hormon pertumbuhan, antibiotik tanaman dan sebagainya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun sayuran dan tanaman yang diproduksi dengan cara alamiah seperti ini tidaklah mudah di jaman sekarang, sehingga tidaklah heran bila hasil produksi dari tanaman dan sayuran organik ini memiliki jumlah yang lebih terbatas dan harga yang lebih mahal di pasaran. 

Nah disini kamu akan diajak untuk mengetahui apakah sepadan untuk membayar harga yang lebih mahal dibanding manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu membeli sayuran maupun tanaman berlabel organik tersebut. Sayuran organik memiliki manfaat dan nilai lebih diantaranya:

1. Sayuran lebih Segar, Lezat dan Bertahan Lama

Menurut berbagai penelitian di beberapa negara, sayuran organik memang secara alamiah mempunyai sifat yang lebih segar dan mampu bertahan lebih lama dibanding sayuran atau tanaman non-organik. 

Ini juga bisa dikarenakan tidak adanya bahan pengawet yang digunakan dalam proses produksi dan penyimpanan sayuran organik. Disinilah sayuran organik akhirnya memiliki kandungan yang tetap terjaga , dan menyebabkan orang yang mengkonsumsi sayuran organik merasa lebih sehat, lezat dan segar.

2. Kandungan Gizi yang Tinggi

Sebuah studi penelitian menunjukkan hasil data bahwa sayuran organik mengandung 27% vitamin C, 21% zat besi, 29.3 % magnesium, 13,6 % fosfor dan 18% polyphenol yang tentunya mempunyai manfaat baik untuh tubuh kamu. 

3. Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Sayuran organik ternyata bermanfaat baik terhadap kesehatan anak. Penelitian yang dilakukan oleh AAP (American Academy of Pediatrics) melaporkan bahwa sayuran organik berpotensi mengurangi resiko infeksi bakteri pada anak-anak, terutama bakteri yang kebal terhadap obat-obatan (drug resistant). 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sehingga anak-anak sedari dini sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran organik demi menjaga kesehatan dan proses tumbuh kembang si kecil.

4. Kaya Antioksidan

Sayuran organik terbukti secara ilmiah mempunyai kadar antikoksidan yang 50% jauh lebih banyak dari sayuran non organik.  

5. Mencegah Radikal Bebas

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, karena kadar antioksidan yang tinggi dalam sayuran organik maka kamu yang mengkonsumsinya mampu tercegah dari berbagai radikal bebas yang bersifat jahat bagi tubuh.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker & Jantung

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam sayuran organikpun diyakini mampu menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung

7. Meningkatkan Sistem Imun dalam Tubuh

Sayuran Organik yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan imun kamu serta membuat tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

8. Kaya akan Serat Pangan

Serat pangan begitu dibutuhkan tubuh untuk membersihkan usus dari berbagai akumulasi sisa makanan yang mengeras maupun menyumbat. Kekuruangan serat bisa memicu gangguan pencernaan macam sembelit

Selain itu, kurang serat juga diyakini bisa menghambat proses pertumbuhan dan mencegah kamu dari penyakit kanker usus. 

9. Mencegah Kerusakan Ginjal

Sayuran organik pun amat baik untuk menghindarkan kamu dari kerusakan ginjal. Ini disebabkan karena sayuran organik bersifat kaya akan air dan mineral yang dibutuhkan ginjal.

10. Membuang Racun dalam Tubuh

Sayuran organik juga bisa membantu kerja hati dalam mengeluarkan racun dari tubuh kamu.

11. Mengurangi Kadar Lemak Jahat

Meluruhkan lemak jahat adalah fungsi yang paling banyak diidam-idamkan dari sayuran organik ini. Kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi sayuran organik dalam jangka waktu 1 bulan, dan kamu akan melihat hasil timbangan berat badanmu yang menurun dari yang sebelumnya.

12. Tinggi Protein

Kandungan protein yang tinggi pada sayuran organik akan bisa merangsang pertumbuhan sel-sel otot kamu secara maksimal.

13. Rendah Lemak

Kadar lemak yang rendah pada sayuran organik bisa membuat tubuh kamu terhindar dari berbagai masalah kegemukan, dan sangat cocok sebagai salah satu makanan wajib untuk diet kamu.  

14. Kaya akan Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks sangat berperan untuk kesehatan tubuh manusia. Rumpun multivitamin ini amat baik dalam pembentukan anti body sehingga imun kamu selalu kuat dan tubuh terbebas dari serangan penyakit.

15. Kaya akan Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut di dalam air. Dengan banyak konsumsi vitamin C yang terdapat dalam sayuran organik, maka kampun akan merasakan tubuh yang lebih segar dan sehat. 

16. Sumber Vitamin A untuk Mata

Untuk mata yang sehat, rajinlah mengkonsumsi sayuran organik dimana Vitamin A golongan beta karoten banyak terdapat dalam sayuran ini terutama dalam jenis sayuran berwarna merah.  

17. Pertanian yang Ramah Lingkungan

Sayuran organik juga mampu menciptakan sebuah lingkungan kerja yang aman, sehat dan ramah lingkungan. Dikarenakan para petani ketika melakukan budidaya sayuran organik ini, akan terhindar dari paparan polusi penggunaan bahan kimia sintetik dan pestisida dalam proses pertanian.

Setelah melihat 17 kebaikan dan manfaat dari sayuran organik diatas, apakah kamu masih ragu untuk memasukan sayuran organik di List belanjaan kamu berikutnya? 

Yuk, untuk tubuh yang lebih sehat, marilah kamu rajin mengkonsumsi sayuran organik agar tubuh menjadi lebih sehat. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit