Salah Pilih Ukuran Bra Bisa Menimbulkan 6 Bahaya Ini

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Salah Pilih Ukuran Bra Bisa Menimbulkan 6 Bahaya Ini

Bagi seorang wanita, bra merupakan salah satu pakaian dalam yang wajib diperhatikan ketika akan membelinya. Saat ini berbagai model dan bahan bra semakin bermunculan di pasaran mengikuti trend sekaligus memberikan berbagai pilihan bagi para wanita. 

Banyaknya pilihan bra di pasaran terkadang membuat para wanita semakin bingung memilih bra yang benar-benar tepat dan nyaman dipakai. Tidak hanya memperhatikan model dan warna bra saja, ukuran bra juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ketika anda memilih bra maka pastikan ukuran bra tersebut sesuai dengan ukuran payudara anda. Dengan begitu maka bra tersebut bisa menopang payudara dengan baik serta membantu memperbaiki postur tubuh. 

Namun bila anda terlanjur salah memilih ukuran bra, sebaiknya bra tersebut jangan dipakai. Sebab ternyata ada dampak berbahaya yang mengintai anda ketika salah memilih ukuran bra. Apa saja sih dampak tersebut? Berikut ulasannya.

Dampak Berbahaya Jika Salah Memilih Ukuran Bra

Selama ini mungkin banyak wanita yang belum tahu bahwa ketika salah memilih ukuran bra maka tidak hanya membuat anda merasa tidak nyaman. Bra yang salah ukuran dapat menyebabkan masalah kesehatan tidak hanya pada payudara saja. 

Adapun beberapa keluhan kesehatan tersebut antara lain sakit punggung, sakit kepala, nyeri dada, nyeri bahu dan lain sebagainya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait dampak salah pilih ukuran bra.

Sakit Punggung

Bila anda memakai bra dengan ukuran yang kekecilan maka membuat bra tersebut terasa ketat saat dipakai. Hal ini akan menimbulkan tekanan pada tulang bagian belakang yang bisa memicu sakit punggung. Sedangkan jika anda memakai bra yang kebesaran atau terlalu longgar maka bra tersebut tidak bisa menopang dada dengan baik. 

Untuk anda yang berpayudara besar maka hal ini bisa menyebabkan otot-otot punggung harus lebih keras bekerja seharian agar bisa menahan beban payudara. Hal inilah yang menyebabkan muncul rasa nyeri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sakit Bahu dan Leher

Bila anda memakai tali bra yang terlalu ketat maka akan menimbulkan tekanan di bagian pundak. Dimana tekanan tersebut bisa naik ke leher dan menyebabkan rasa sakit yang cukup parah. Untuk itulah sebaiknya saat memakai bra silakan menyesuaikan panjang tali bra anda.

Sakit Kepala

Saat anda memakai bra yang kurang pas maka dapat menimbulkan kurangnya dukungan di belahan dada. Hal ini akan membuat otot leher serta otot punggung bagian atas harus lebih bekerja keras supaya bisa menopang beban payudara. 

Kondisi tersebut menyebabkan leher bekerja terlalu banyak dan menyebabkan sakit kepala yang bisa dikenal dengan sakit kepala belakang.

Nyeri Dada

Memakai bra yang terlalu ketat akan membuat dada terasa nyeri karena ketegangan tali pengikat bra dan bagian belakang bra di otot yang menghubungkan bahu dan leher. 

Bila beban tersebut berlebihan maka di bagian tersebut akan muncul tekanan terus menerus dan menimbulkan nyeri pada bahu dan bisa menyebar sampai ke leher dan dada.

Payudara Kendur

Pemakaian ukuran bra yang kurang tepat terutama jenis bra olahraga dapat meningkatkan risiko gangguan ligamen payudara. Biasanya masalah ini ditandai dengan adanya rasa nyeri di sekitar payudara serta menyebabkan payudara kendur. 

Hal ini bisa muncul saat anda olahraga maka payudara akan naik turun dan lama-kelamaan membuat jaringan sekitar payudara menjadi melemah. Untuk itulah sebaiknya pakai bra olahraga yang ukurannya tepat agar bisa menopang payudara dengan baik serta tidak merusak jaringan.

Masalah Kulit

Memilih ukuran bra yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah iritasi atau lecet di kulit sekitar payudara terlebih jika ukurannya terlalu kecil.

Nah, karena itu harus berhati-hati saat memilih bra. Walau kelihatannya sepele, tapi ukuran bra yang tepat bisa menunjang kesehatan Anda. 

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How To Choose The Right Bra For Your Size & Shape With 11 Expert Tips. Bustle. (Accessed via: https://www.bustle.com/p/how-to-choose-the-right-bra-for-your-size-shape-with-11-expert-tips-22589)
How to Find the Right Bra - How to Fit a Bra. Woman's Day. (Accessed via: https://www.womansday.com/style/fashion/a5285/how-to-pick-the-right-bra-111078/)
Wood, Katherine & Cameron, Melainie & Fitzgerald, Kylie. (2008). Breast size, bra fit and thoracic pain in young women: A correlational study. Chiropractic & osteopathy. 16. 1. 10.1186/1746-1340-16-1.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/5513543_Breast_size_bra_fit_and_thoracic_pain_in_young_women_A_correlational_study)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app