Rutin Mengkonsumsi Ikan Meningkatkan Gairah Seksual? Ini Faktanya!

Dipublish tanggal: Feb 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
Rutin Mengkonsumsi Ikan Meningkatkan Gairah Seksual? Ini Faktanya!

Sering ada pendapat mengenai gagasan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan hasrat seksual. Tetapi sebuah penelitian baru memberikan bukti bahwa diet kaya ikan mungkin benar-benar meningkatkan kehidupan seksual Anda.

Para peneliti di Harvard University mewawancarai 501 pasangan yang mencoba untuk hamil dan meminta mereka untuk melacak konsumsi makanan laut mereka, kebiasaan diet, dan aktivitas seksual. Mereka mengikuti pasangan-pasangan tersebut selama setahun, atau sampai mereka hamil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Studi ini menemukan bahwa pasangan yang makan ikan dua kali seminggu atau lebih melakukan hubungan seksual 22% lebih sering daripada mereka yang tidak. Ditemukan juga bahwa makan lebih banyak ikan membantu pasangan (yang semuanya berusaha untuk hamil) menjadi lebih mudah hamil. 

92% dari pasangan yang makan ikan dua kali seminggu atau lebih, lebih mudah mendapatkan kehamilan dibandingkan dengan 79% dari pasangan yang jarang makan ikan.

Tentu saja, ada pertanyaan yang jelas di sini: Bukankah lebih banyak seks mengarah ke peluang kehamilan yang lebih besar? Makanan laut dapat membantu meningkatkan kualitas air mani, ovulasi, dan penanda lainnya.

Ikan mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan zat besi, yang wanita hamil dan wanita yang berusaha hamil perlukan untuk dimasukkan dalam makanan mereka, menurut American Pregnancy Association (APA). 

Berikut adalah kandungan dalam ikan yang dipercaya dapat meningkatkan hasrat seksual seseorang:

Kandungan omega 3

Salah satu manfaat makan ikan yang paling banyak dicari adalah kandungan omega 3-nya yang sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Hormon tubuh yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah ke alat kelamin, sehingga hasrat seksual jadi lebih mudah dibangkitkan. Selain itu, manfaat makan ikan juga baik untuk kesuburan, yang mana hal tersebut juga akan meningkatkan dorongan seksual baik bagi pria dan wanita.

Kandungan Arginine

Arginine adalah kandungan asam amino yang digunakan tubuh untuk menghasilkan oksida nitrat. Pada alat kelamin manusia, oksida nitrat digunakan untuk memperluas pembuluh darah. Kalau jarang makan ikan, hal ini bisa membatasi  kemampuan pria untuk ereksi dan mengganggu kemampuan seorang wanita untuk terangsang. Ikan yang mengandung arginin antara lain adalah  ikan salmon, ikan cod dan ikan halibut.

Kandungan Zinc

Kandungan zinc dalam tubuh banyak dikaitkan dengan kadar testosteron dalam darah. Menurut sebuah artikel tahun 1997, yang dibuat oleh dokter Walter Eddy, kekurangan zinc dalam tubuh dapat mengganggu kelenjar seks dan menyebabkan jumlah sperma pria jadi sedikit. 

Zinc juga bermanfaat untuk perkembangan seksual yang sehat bagi manusia. 

Salah satu cara untuk mendapatkan zat zinc harian Anda yaitu dengan makan ikan. Disarankan bagi pria makan ikan yang mengandung zinc sebanyak 11 mg, dan wanita sebanyak 8 mg. 

Sedangkan, ikan yang banyak mengandung mineral zinc antara lain, ikan cod 0,5 mg, ikan salmon sebanyak 1 mg, ikan tuna dan sarden mengandung 0,8 mg mineral zinc per porsinya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kesimpulannya adalah, hasrat seksual adalah istilah yang banyak digunakan untuk merujuk pada dorongan seksual seseorang atau keinginan untuk melakukan hubungan seks. 

Pada pria, dorongan untuk melakukan hubungan seksual terutama dikendalikan oleh hormon yang disebut testosteron sementara sumber utama yang mengontrol dorongan sekssual pada wanita tidak begitu mudah diidentifikasi, membuat wanita memiliki hasrat seksual lebih rentan terhadap fluktuasi.

Bagi orang-orang yang tinggal di sisi laut atau sisi danau, yang memiliki keseharian memancing dan mengkonsumsi ikan, memiliki hasrat seksual dan tingkat fertilitas yang lebih tinggi.

Hal ini dibenarkan oleh ahli gizi. Ahli gizi mengatakan diet tinggi ikan dan makanan laut bisa memiliki dampak positif pada dorongan seks. Karena nutrisi tertentu dapat meningkatkan hasrat seksual, terutama makanan yang baik untuk kesehatan jantung, contoh yang paling nyata adalah ikan.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Eating more fish could increase your sex drive, according to science. Insider. (https://www.insider.com/eating-more-fish-increases-sex-drive-fertility-study-2018-5)
7 Surprising Foods That Will Improve Your Sex Life. Harper's BAZAAR. (https://www.harpersbazaar.com/beauty/health/a11541/7-surprising-foods-that-will-improve-your-sex-life/)
The Effects of Eating Fish on the Libido. Livestrong.com. (https://www.livestrong.com/article/449368-the-effects-of-eating-fish-on-the-libido/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app